Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Pengalaman Ngabuburit Pernah Jadi Kata Kotor di Tahun 1990-an

Ngabuburit merupakan istilah yang umum digunakan pada bulan Ramadan. Berasal dari bahasa Sunda, burit artinya sore. Ngabuburit bermakna menghabiskan waktu sore. Namun dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah di Sumatera, burit punya arti yang berbeda. Agan dan Sista mungkin juga pernah mengetahuinya.
 
Pindah ke Bandung
 
Sekitar tahun 1994, ane sekeluarga pindah dari Palembang ke Bandung. Ayah bertugas di Bandung. Bahasa Sunda mau tidak mau menjadi bahasa percakapan dengan teman dan tetangga, bahkan pelajaran di sekolah. Dari tiga bersaudara, adik di bawah ane paling cepat mahir berbahasa Sunda.
 
Suatu sore, adik bermain dengan temannya. Dia minta izin kepada ibu, mau ngabuburit dulu. Mendengar kata ngabuburit, ibu sempat menegur adik. “Jangan ngomong kotor begitu.” Adik malah tertawa, temannya yang mengajaknya ngabuburit.
 
Akhirnya ibu paham, ngabuburit itu bahasa Sunda yang artinya menghabiskan waktu sore sampai tiba magrib. Bukan kata yang kotor atau tidak sopan. Kini ngabuburit sudah umum digunakan bahkan menjadi judul acara televisi dan banyak program khususnya pada bulan Ramadan.
 

Sudah ada di KBBI
 
Agan dan Sista bisa periksa KBBI secara daring. Burit memiliki 2 arti. Arti yang pertama memang bikin jengah untuk diucapkan. Arti yang kedua sesuai dengan bahasa Sunda. Burit yang bermakna sore memang sudah masuk KBBI.
 

Beberapa suku di Sumatera juga menggunakan kata burit yang artinya bokong. Bahkan beberapa teman dari suku tertentu di Sumatera Selatan menggunakan kata burit untuk memaki. Maka dari itu tidak heran apabila ibu sempat menegur adik yang menggunakan kata ngabuburit.
 
Komik di bawah ini pun menunjukkan salah pengucapan juga bisa beda lagi maknanya, GanSis. Salahnya juga nggak tanggung-tanggung dan bikin senyum.  
 

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku daerah. Satu kata bisa menjadi kosakata di beberapa bahasa daerah, namun artinya berbeda. Kata burit merupakan satu dari sekian banyak kata tersebut.
 
Maka dari itu, maklum saja apabila Agan dan Sista berada di daerah tertentu, bisa jadi kata-kata yang GanSis gunakan menjadi bahan tertawaan orang lain. Beda pemaknaan dan persepsi merukapan satu penyebabnya. GanSis punya pengalan nggak soal beginian?  


Sumber 1234

0
795
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan