lipa05Avatar border
TS
lipa05
Fenomena Berkurangnya Jamaah Shalat Tarawih

Gimana nih puasanya Apa masih lancar? Atau udah bolong?
Kalau shalat tarawihnya bagaimana? apakah masih full?
Udah mulai masuk 10 hari terakhir bulan ramadan nih, tetap semangat yah....

Pernah ga sih kalian berpikir kaya gini, aneh ya setiap di malam pertama bulan ramadan itu yang berjamaah shalat tarawih selalu penuh, tetapi setelah beberapa hari mulai berkurang. Menurut kalian itu kenapa ya???

Ternyata berkurangnya jumlah jemaah tarawih itu bukan tanpa sebab loh, ada beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab berkurangnya jemaah tarawih. Yaitu :


1. Mulai masuk kerja

Pada malam pertama salat Tarawih dan malam terakhir itu pasti semua orang berhenti bekerja atau libur. baik itu yang berjualan ataupun yang bekerja di kantoran,pabrik dan lainnya. Mayoritas mereka itu memilih untuk libur berjualan dan jika yang bekerja di perusahaan, pabrik atau yang lainnya itu sudah pasti libur,

Itulah sebabnya Mengapa pada setiap malam pertama berpuasa yaitu malam pertama salat Tarawih dan malam terakhir salat tarawih itu semua masjid pasti akan penuh, bahkan ada beberapa masjid yang bahkan tidak dapat menampung jumlah jamaah tarawih. Karena banyaknya jumlah jemaah yang ikut shalat berjamaah sangatlah membeludak. Dimulai dari anak-anak hingga orang yang sudah sangat tua itu mayoritas akan mengikuti shalat tarawih di masjid.

Sedangkan pada malam ke tiga, para pekerja akan mulai bekerja kembali dan yang berjualan akan kembali berjualan, maka jumlah jamaah akan berkurang. Sama hal nya dengan malam terakhir shalat tarawih itu sudah masuk hari libur kembali.

2. Mulai bukber

Pada saat memasuki pertengahan bulan Ramadan itu banyak sekali anak-anak muda yang mulai merencanakan untuk buka bersama dengan teman-temannya.

Baik dengan teman kantornya atau sesama rekan kerjanya, dengan teman sekolahnya, dan buka bersama sekaligus untuk merencanakan reuni bersama teman-teman sekolah atau kuliahnya dahulu.

Maka saat menjelang pertengahan bulan Romadhon itu anak muda sangat jarang terlihat untuk mengikuti salat tarawih berjamaah di Masjid.

3. Sudah mulai malas shalat berjamaah di masjid

Setelah satu minggu bulan puasa biasanya orang-orang sudah mulai malas untuk shalat berjamaah di Masjid entah itu karena kekenyangan saat berbuka puasa ataupun hal lainnya.

Maka pada saat setelah satu minggu bulan puasa itu biasanya sudah mulai berkurang jumlah jamaah salat tarawih. Karena Ada sebagian yang memilih untuk salat Tarawih di rumah atau yang tidak melaksanakan salat tarawih.

4. Banyak yang mudik

Bagi orang-orang yang merantau atau yang memiliki keluarga di kampung itu biasanya akan mudik ke kampung halaman atau ke rumah orang tua saat mau lebaran.

Tradisi mudik tidak hanya dilakukan saat menjelang akhir bulan Ramadhan. Nyatanya banyak juga orang-orang yang mulai mudik pada saat pertengahan bulan puasa bahkan ada yang sebelum bulan puasa dimulai.

Biasanya untuk orang-orang yang berjualan itu Mereka memilih untuk mudik jauh-jauh hari Karena untuk menghindari kemacetan saat mudik. Sehingga sangatlah wajar jika di daerah perkotaan itu jumlah jamaah yang salat berjamaah tarawih itu mulai berkurang hari demi hari.

Beda halnya dengan di kampung, pada malam terakhir bulan Ramadan itu pasti akan penuh sedangkan pada awal bulan Ramadan itu biasanya sedikit.

Itulah beberapa alasan berkurangnya jamaah shalat tarawih, kalau ada yang punya alasan lain komen yah.... ^_^
emineminna
provocator3301
integral24
integral24 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan