Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Tidak Mampu Membayar Hutang? Coba Lakukan Ini!


Cangkeman.net - Halo! Siapa nih disini yang suka pinjam uang teman? Ngakunya mau bayar bulan depan, eh ternyata bulan depan di tahun depan. Siapa juga nih yang suka menyepelekan masalah hutang? Walaupun kalian hutang 500 perak atau berapa pun namanya hutang ya tetap hutang. Eh tapi gimana dong kalau kita hutang tetapi belum sanggup membayar? Kita juga sungkan dong ditagih terus-terusan. Nah kalau kalian lagi berpikir seperti itu, yuk baca artikel ini sampai selesai. Aku akan kasih hal-hal yang perlu kalian lakukan jika belum sanggup membayar hutang. Let’s go! 

Perpanjang akad

Akad di sini bukan berarti akad nikah loh ya. Akad dalam hutang bisa disebut dengan perkataan atau serah terima uang dan kapan kalian mau mengembalikan uang tersebut. Contohnya nih, Mira hutang uang ke Silvi 100.000, kemudian Mira ngobrol dengan Silvi akan mengembalikan uangnya bulan Januari tanggal 5. Nah saat Mira tidak memiliki uang di tanggal 5 atau uang yang ingin Mira kembalikan ke Silvi terpakai untuk keperluan darurat, maka Mira harus ngobrol lagi ke Silvi dia belum bisa mengembalikan uang di tanggal 5 dengan alasan bla bla bla, kemudian berjanji  akan mengembalikan di waktu yang lain. 

 

Tujuan memperpanjang akad untuk apa? Supaya orang yang memberikan hutang pada kita tidak merasa kita gantung. Agar memudahkan mereka menghitung tanggal segini mereka akan mendapatkan uangnya. Pastinya mereka juga akan menggunakan uangnya untuk keperluan yang lain. Nah supaya sama-sama tidak sungkan dan jelas kapan akan dibayar, ngobrol aja gapapa kapan sanggupnya membayar hutang. Daripada kalian di whatsapp terus kapan bayar, pastinya kalian risih dong. 

 

Oh iya, kalau kalian ngobrol dengan si pemilik uang hutang, usahakan dengan bahasa yang sopan dan nada bicara yang pelan. Jangan membentak atau marah-marah, ntar dikira kalian tidak menghargai si pemilik uang. Dari situ, si pemilik uang jadi malas deh memberikan pinjaman uang ke kalian jika suatu saat kalian membutuhkan lagi. Lah masak penagih hutang dengan si pengutang lebih galak si pengutang? kan aneh

 

Menabung

Ini nih yang penting bagi kalian yang memiliki hutang banyak tetapi pendapatan pas-pasan. Kalian perlu menabung. Walaupun hanya 5.000 per hari kan lumayan, lama-lama juga akan banyak. Ingat kata pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Lagian nih ya kalau kalian nggak mau menabung mulai sekarang, kapan lagi dong akan membayar dan menutup semua hutang-hutang kalian. Ingat ya bestie, hutang itu akan dipertanggungjawabkan nanti di akhirat. Ingat juga nih setelah hutang kalian lunas, nggak usah lagi ngutang. Lebih baik menabung untuk keinginan yang kalian beli. Hidup tidak butuh gengsi. Percuma dong gaya hidup elit, ekonomi sulit. Wkwkw

 

Mencicil 

Cicil utang kalian semampu kalian. Misalkan kalian punya hutang 300.000, kalian bisa dong cicil per bulan 100.000. Tentunya tidak memberatkan kalian dan dengan begitu hutang kalian akan lunas dengan sendirinya. Asalkan kalian rajin mencicil.

Jangan gali lubang tutup lubang

Ingat bestie, kalian jangan sampai membayar hutang dengan hasil uang hutang. Maksudnya kalian membayar hutang A dengan meminjam uang ke B, kan sama aja dong kalian masih punya hutang ke orang lain dan itu akan membuat kalian terbiasa menyepelekan hutang. Nanti kalian akan bingung sendiri saat uang kalian menipis, dikejar-kejar pemilik uang dan tidak akan ada yang mau menghutangi kalian lagi. Yang repot siapa? Ya kalian sendiri. Jadi, bayarlah hutang dengan jerih payahmu sendiri dengan begitu kamu akan sadar betapa susahnya mencari uang demi membayar hutang.

Semoga dari 4 poin ini bisa membantu kalian dalam melunasi hutang. Hutang budi dibawa mati, hutang uang harus segera dilunasi.

Tulisan ini ditulis oleh Hilda Ayu Putri Nadifa di Cangkeman pada tanggal 27 Februari 2022.

eyefirst2
tujuhmei2016
fathroni
fathroni dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.8K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan