alvianpoolerAvatar border
TS
alvianpooler
Mengenal Kain Tradisional Beserta Manfaatnya



Kain merupakan salah satu benda hasil karya buatan manusia yang telah diciptakan dan digunakan sejak ratusan tahun lalu. Bahkan menjadi salah satu barang yang cukup bernilai untuk sebagian golongan. Pada mulanya, kain sebatas sebagai pelindung diri dari rasa dingin maupun panas. Namun, seiring berkembangnya zaman, fungsi kain semakin beragam, seperti dijadikan untuk menutup aurat, sebagai hadiah, koleksi, dimodifikasi sebagai pakaian dan lainnya. Dengan berbagai macam kebutuhan tersebut terlebih dengan menggunakan satu jenis kain yang sama, tentunya melahirkan beragam gagasan dalam bentuk, warna, tekstur dan motif.

Dan salah satu jenis kain yang hingga detik ini dinilai sebagai salah satu warisan yang perlu dilestarikan, yaitu kain tradisional. Kain tradisional merupakan jenis kain yang berasal dari suatu daerah yang dihasilkan melalui proses tradisional dan kerap digunakan untuk kepentingan adat dan istiadat.
Kain tradisional dinilai sebagai salah satu simbol kepercayaan, harapan, nilai keindahan dan lainnya. Sehingga sebuah kain tradisional akan bernilai sangat fantastik dan tidak dapat sembarang dipergunakan, khususnya dalam kegiatan yang tidak memiliki nilai kehidupan atau tidak berharga. Karena beberapa orang memiliki kepercayaan terhadap bagaimana sebuah kain tradisional dari daerahnya, memiliki arti kehidupan sendiri. Untuk di Indonesia, dengan memiliki banyak pulau dengan tersebar ratusan ribu suku dan kebudayaan yang tidak terhingga jumlahnya, pastinya hal tersebut kerap menjadi sorotan tersendiri, khususnya untuk perihal kain.Indonesia yang jumlah tiga puluh tiga pulau, tentu setiap pulaunya, bahkan suku memiliki corak berbeda, pun dengan  kegunaan kainnya.

Manfaat Penggunaan Kain Tradisional
Dewasa ini, kita kerap menilai bahwa kain tradisional hanya dimanfaatkan dalam acara-acara tertentu saja. Tentu hal tersebut bukanlah penilaian yang salah. Namun dibalik hal tersebut, masih banyak manfaat yang perlu diketahui, agar kedepannya, eksistensi dari kain tradisional terus hadir di tengah-tengah perubahan zaman yang sangat kompleks.


1. Sebagai simbol kepercayaan 


2. Sebagai simbol status sosial 


3. Sebagai alat barter atau transaksi


4. Sebagai mahar kimpoi


5. Sebagai alat untuk membayar hukuman akibat sebuah ketidakseimbangan


6. Sebagai bentuk suatu penghargaan 

Dan itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kain tradisional. Tentunya di tengah kemajemukan perubahan aktivitas, perilaku, budaya dan lainnya, kehadiran kain tradisional tidak akan pernah terelakan kembali karena manfaat yang sangat besar dapat dijumpai dari berbagai jenis kain tradisional yang telah hadir ditengah masyarakat. Tentu melalui tulisan ini, teman-teman dapat mengambil sisi positif untuk terus berupaya menjaga eksistensi dari kain-kain tradisional, khususnya yang berasal dari Indonesia. Semoga membantu!





0
774
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan