cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Negara dengan Wibu Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?


Wibu atau weaaboo adalah sebutan bagi orang yang bukan orang Jepang tapi sangat menggilai budaya Jepang dan mencintai apapun yang berbau Jepang. Sampai-sampai mereka mengira kalau mereka ini adalah orang Jepang. Sebutan Wibu sebenarnya merujuk pada orang yang suka Jejepangan dan lupa budaya negara aslinya. Akan tetapi, istilah wibu di Indonesia rupanya sudah bergeser menjadi orang yang tergila-gila dengan anime. Terlebih, wibu memiliki konotasi negatif dan dicap sebagai orang terbuang, apalagi banyak wibu yang bertingkah aneh seperti menjadi bantal sebagai pacar dan berciuman dengan bantal tersebut seperti yang terjadi di Tiktok.

Sebenarnya, Indonesia bukanlah negara dengan jumlah wibu terbanyak. Indonesia justru menjadi negara dengan Koreaboo (orang yang bertingkah seperti orang Korea) terbanyak di dunia dan menyembah apapun yang berhubungan dengan Korea dan Kpop. Lalu, Indonesia nomor berapa dalam kasus perwibuan? Berikut ini adalah 7 negara paling wibu di dunia berdasarkan sumber dari berbagai situs di internet.

7. Bolivia

Amerika Latin menjadi salah satu wibu terbanyak di dunia dan di sana wibu uang menggilai anime sangat banyak. Bolivia adalah salah satunya. Bolivia adalah salah satu negara Amerika Latin yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa. Para pemuda dan remajanya banyak yang suka anime yang ditayangkan di tv nasionalnya atau pada layanan streaming.

6. Malaysia

Ya, negara tetangga kita juga banyak wibunya dan anime Jepang sangat popuper di sana. Di pertokoan di kota besar seperti Kuala Lumpur, juga terdapat toko yang menjual pernak pernik anime termasuk DVD dan Blu Ray original anime yang harganya bersaing. Tak heran jika wibu asal Indonesia jika main ke Malaysia banyak yang membeli DVD anime original di sana. Ya, wibu sejati ciri-cirinya adalah membeli barang original anime yang disukainya.

5. Peru

Salah satu negara Amerika Latin lagi yaitu Peru yang sebagian masyarakatnya merupakan keturunan suku Inca. Negara Peru masuk dalam top 10 negara terbanyak dalam mengakses situs Crunchyroll. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Amerika Latin memang banyak wibu animenya.

4. Nikaragua

Sebuah negara kecil di Amerika Tengah yang namanya jarang terdengar dalam percaturan dunia. Ternyata Nikaragua termasuk yang sangat menggemari anime bila dilihat dari analisa pencarian Google di mana para penduduk di negara ini suka searching informasi yang berkaitan anime di Google.

3. Indonesia

Virus wibu menyebar di Indonesia berkat penayangan anime di Indonesia yang dimulai sejak 1990an. Berlanjut ke era streaming di mana para wibu yang mayoritas kaum adam lebih leluasa menonton anime kesukaannya mulai dari anime normal sampai anime abnormal yang membuat para wibu semakin menjadi-jadi.

Dari jumlah pencarian sampai dengan streaming, orang Indonesia termasuk banyak mencari info seputar anime. Meski demikian, populasi wibu di Indonesia masih kalah jumlahnya dibanding dengan Kpopers Korean wannabe.

2. El Salvador

Sebuah negara kecil yang unsur kewibuannya melebihi Indonesia, bisa dibilang Anime telah menjadi budaya kedua di negara ini. Itu bisa dilihat dari streaming video anime yang sangat tinggi dan sering diakses oleh penduduk di El Salvador.

1. Filipina

Benar, Filipina adalah negara paling wibu dan bahkan mungkin merasa lebih Jepang daripada Jepang. Bukan hanya menyukai anime, kebanyakan orang Filipina juga sangat menyukai segala hal budaya Jepang mulai dari musiknya sampai dengan budaya lainnya. Dari suatu survey, para penduduk Filipina juga menjadi negara yang paling pro terhadap Jepang dibandingkan negara lainnya. Boleh dibilang Filipina adalah negara Japanophile nomor satu di dunia.

Gimana gan, apakah Indonesia patut bangga sebagai salah satu negara wibu terbanyak di dunia? emoticon-Ngakak

Referensi 1

Referensi 2
Richy211
azhuramasda
myasanmia
myasanmia dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan