MazedailyAvatar border
TS
Mazedaily
Benarkah Upin-Upin Berasal Dari Indonesia? Atau Ia Adalah Rencana Zionis Israel?
  
[url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][color=#1998ed][img]https://dl.kaskus.id/1.bp.blogspot.com/-y-i1fzky2OM/YIHvFd7AHDI/AAAAAAAAA2s/7yzyWT3iAEs-TF1PJtLz-jFLOYgNvu-9gCLcBGAsYHQ/w320-h320/20210423_054705.jpg[/img][/color][/url]

Image by Lastquestions.com



Upin dan Ipin adalah film animasi yang hingga saat ini tetap populer untuk anak-anak, hal itu bisa dibuktikan dengan masih adanya penayangan dan poduksi film yang dilakukan oleh Les Copaque, sebuah organisasi pembuatan animasi 3 dimensi yang bertempat di Malaysia.

Namun tentu ada hal yang mengganjal di benak admin LastQuestions karena sebuah pertanyaan pernah terlontar, apa Upin dan Ipin sebenarnya buatan Indonesia? Atau sebenarnya dia adalah buatan Yahudi?

Kita tentu sering melihat bocah gundul ini di televisi tanpa pernah menanyakan dan mengetahui dengan pasti darimana Upin dan Ipin sebenarnya berasal. Dan Berysukurlah,  karena hal tersebutlah yang membuat admin LastQuestions membuatkan artikel ini khusus untuk anda.

Apa Upin dan Ipin Buatan Yahudi?

Jika anda adalah orang yang terlahir sebelum tahun 2020, mungkin anda pernah mendengar sebuah teori konspirasi bahwa Upin dan Ipin sebenarnya adalah buatan orang Israel. Benar, konspirasi ini viral pada zamannya, dan diperkirakan awal mula teori ini menjadi sangat terkenal berawal pada 22 Mei tahun 2012 silam, namun teori ini bisa jadi dibuat pada Oktober tahun 2010[url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][font="Times New Roman",serif][size=3][1][/size][/font][/url].

[table][tr][td][url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][img]https://dl.kaskus.id/1.bp.blogspot.com/-HeduX5lOXjA/YIFG31abVBI/AAAAAAAAA2c/eRgJv4bfEIgLDoUOtYIE0kDBInBC3nxsgCLcBGAsYHQ/s16000/Upin-Ipin%2Bdari%2BYahudi.jpg[/img][/url][/td]
[/tr]
[tr][td]Twitter tentang konspirasi Upin dan Ipin Buatan Yahudi(Gambar dari IbnuHisyam.com)[/td]
[/tr]
[/table]
Konspirasi ini terbilang cukup unik karena mengangkat sebuah teori dimana nama Upin dan Ipin diangkat dari bahasa Aram yang berarti “Aku Benci Rasul”, sementara nama Ipin berasal dari bahasa Syria yang berarti “Aku Cinta Israel”, hal tersebut membuat kita tidak boleh menyebut nama Upin dan Ipin, melainkan Uffin dan Ariffin.

Hal tersebut semakin diperparah dengan adanya penggunaan huruf ‘U’ dan ‘I’ secara terang-terangan pada kaos Upin dan Ipin yang memiliki arti bahwa huruf ‘U’ tersebut adalah ‘USA’ dan huruf ‘I’ adalah ‘Israel.

Hal inilah yang diangkat oleh konspirator untuk membuat teror dan mengatakan bahwa Upin dan Ipin adalah sarana zionis untuk menjatuhkan Islam. Selebihnya konspirator ini juga menuduh Doraemon, Pokemon, Digimon, dan Mamula Moon sebagai jalan lain untuk meruntuhkan Islam. Dan kini, Upin dan Ipin adalah jalan halusnya.


Jadi Apa Upin dan Ipin Buatan Yahudi?

Narasi diatas membuat kita bertanya, apa konspirasi ini benar? Well, kami berani menjamin bahwa konspirasi ini sangat-sangat salah. Itu sebenarnya adalah dalil yang tidak berdasar karena Upin dan Ipin nyatanya dibuat oleh Burhanudin yang beragama Islam. Konten-konten Upin dan Ipin juga mengangkat tema desa dengan kedamaian dan keragamannya, dan dari hal ini, teori Upin dan Ipin buatan Yahudi adalah salah total.

Bahkan makna dari Upin dan Ipin itu juga salah, karena tidak ditemukannya makna tersebut yang berasal dari bahasa Aram dan Syria[url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][font="Times New Roman",serif][size=3][2][/size][/font][/url]. Bahkan Kominfo sendiri sudah mengatakan bahwa konspirasi ini adalah hoax dan seharusnya kita tidak memperbincangkannya lagi.

[table][tr][td][url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][img]https://dl.kaskus.id/1.bp.blogspot.com/-XHZ-L2zIXb8/YIFHSaS1yqI/AAAAAAAAA2k/5rqmH-n0HwUXdybra-kG_8ziE8-n7WzwgCLcBGAsYHQ/w320-h240/Bukti%2BUpin%2Bdan%2BIpin%2Bdari%2BYahudi-Google.png[/img][/url][/td]
[/tr]
[tr][td]Bukti Dari Konspirator Tentang Upin dan Ipin Buatan Yahudia (Gambar dari Ibnu Hisyam.com)[/td]
[/tr]
[/table]

Apa Upin dan Ipin Berasal Dari Indonesia?

Burhanudin dilansir dari Wikipedia adalah orang Malasyia, kami tidak menemukan data apakah dia orang Indonesia yang berpindah negara atau tidak, namun yang jelas, mereka pernah tinggal di Indonesia untuk waktu yang cukup lama.

Burhanudin, selaku pemimpin dari Les Copaque adalah lulusan UTM (Universitas Tekhnologi Malaysia) dan melanjutkan studinya di ITB (Institut Tekhnologi ndung) dengan jurusan Teknik Perminyakan, namun sayang studinya tidak berhasil dengan baik dan ia akhirnya keluar dengan alasan pribadi.

Istrinya yang bernama Ainon Bte Ariff sekaligus pengisi suara Opah di Upin dan Ipin juga mengatakan bahwa berada di Indonesia memiliki kesan yang mendalam. Hal tersebut jugalah yang ingin membuat istrinya tersebut ingin mengikutsertakan si Unyil dalam serial Upin dan Ipin. Namun tentu saja, dia mengatakan kepada media bahwa dia harus berhati-hati sebab dia tidak mau disangka membajak karya orang Indonesia tersebut[url=https://draft.SENSOR 2252481825076401523/7739037262310348345#][font="Times New Roman",serif][size=3][3][/size][/font][/url].

Jadi Apakah Upin dan Ipin Adalah Buatan Orang Indonesia?

Jawabannya adalah tidak. Akan tetapi, kesuksesan serial Upin dan Ipin tidak akan terlepas dari peran animator Indonesia yang juga turut serta merancang animasi Upin dan Ipin.

Hal yang membuat admin Last Question berani mengambil statement ini adalah karena Upin dan Ipin pertama kali tayang di Malaysia, dan bukan di Indonesia. Apalagi Les Copaque sebagai Central dari Upin dan Ipin berada di Selangor, Malasyia.

Dan jika kita meruntut dari data-data yang ada, hal yang membuat kita beranggapan mengapa Upin dan Ipin berasal dari Indonesia tentu saja karena Burhanuddin dan Ainon pernah tinggal di Indonesia dan menganggap Indonesia adalah tempat yang spesial. Dan bisa jadi, karena rasa spesialitas itulah yang menyebabkan lahirnya Susanti di serial Upin dan Ipin.

Hal yang juga menjadi alasan mengapa kita beranggapan seperti itu bisa jadi karena missinformasi yang terjadi, sebab Upin dan Ipin sebelum terkenal pernah mengikuti festival Cannes di Perancis sehingga sejumlah televisi Malasyia tertarik dan membuat Upin dan Ipin terkenal. Dan, dari kata ‘hak siarnya’ ini, kita seringkali menganggap bahwa dulu Upin dan Ipin adalah buatan Indonesia namun karena pemerintah tidak mau mendemokrasikannya di Indonesia, Upin dan Ipin akhrinya dibeli pihak luar dan akhirnya mereka berpindah negara ke Malasyia.

But, its only rumor, karena sejatinya Malaysia yang memang melirik lebih awal Upin dan Ipin sehingga kartun tersebut sekarang bertempat di Malasyia, tepatnya dibawah naungan Les Copaque.

Kesimpulan:

Upin dan Ipin bukanlah buatan Yahudi dan bukan pula buatan Indonesia, sebab pembuatnya adalah Burhanuddin sebagi pengisi suara Tok Dalang dan Ainon sebagai pengisi suara Opah yang keduanya berasal dari Malaysia, memang keduanya sempat tinggal di Indonesia dan mengatakan bahwa Indonesia adalah tempat yang spesial, akan tetapi tidak ada data yang pasti dimana animasi tersebut pertama kali dibuat, apakah idenya berasal di Indonesia atau ketika mereka telah berada di Malaysia. Namun lebih baik mengatakannya di Malasyia karena disanalah sentral dari Upin dan Ipin, dan kita sebut sebagai Les Copaque.

Kesuksesan Upin dan Ipin lahir karena kenekatan Burhanudin selaku kreator dan Ainon selaku pembuat cerita, apalagi mereka berani mengirimkan karya di festival Cannes yang berada di Perancis. Dan dari hal ini, kita semestinya dapat mengambil pelajaran bahwa tindakan harus kita lakukan jika ingin sukses, karena tanpa tindakan, semua yang kita inginkan hanyalah angan.

 

Artikel ini pernah ditayangkan sebelumnya di Lastquestion lengkap dengan referensinya, dengan judul Benarkah Upin-Upin Berasal Dari Indonesia?  Atau Ia Adalah Rencana Zionis Israel? 


Jika anda ingin membaca tentang Nobita Yang Mengalami Schizophrenia, klik disini 
0
979
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan