ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Ledakan Benton, Umpan Ikan Yang Menjadi Bom Waktu

Sekitar pukul 09:15 pada tanggal 27 Mei 1983, di sebuah peternakan dekat Benton, Tennessee, sebuah ledakan dahsyat terjadi. Ledakan itu terdengar hingga 32 kilometer jauhnya dan menciptakan awan jamur setinggi gedung enam lantai. Lokasi itu hampir sepenuhnya rata oleh ledakan dan banyak pekerja pertanian tewas seketika.  Tetapi apa yang menyebabkan ledakan sebesar itu di peternakan ikan sederhana di pedesaan Tennessee?


Peternakan yang dimaksud adalah Budidaya Umpan Ikan Webb, dinamai berdasarkan pemiliknya yang bernama Dan Lee Webb. Tempat itu sudah beroperasi sejak tahun 1978, membudidayakan cacing dan umpan hidup lainnya, serta menjual peralatan memancing. Usaha itu tergolong industri yang relatif sederhana. Webb mempekerjakan teman dan keluarganya untuk bekerja di pertanian dan juga menjalankan bisnis batu pecahan untuk menghasilkan sedikit uang tambahan.

Tidak ada sesuatu yang mencurigakan dengan tempat usaha milik Webb tersebut. Namun polisi yang tiba di tempat kejadian pada tanggal 27 Mei 1983, menemukan bangunan yang hancur, puing-puing yang berserakan dan lusinan bagian tubuh manusia yang tergeletak di reruntuhan bangunan. 11 orang tewas dalam ledakan itu, dengan hanya satu korban yang menderita luka-luka. Sepupu dari Dan Lee Webb bernama Tommy saat itu sedang memotong rumput pada saat ledakan terjadi dan dia terlempar sejauh panjang lapangan sepak bola akibat ledakan, serta menerima luka bakar di 30 bagian tubuhnya. Dia dilarikan ke rumah sakit dan berhasil selamat.


Mengidentifikasi para korban meninggal menjadi tugas yang sulit. Ledakan itu tidak hanya membunuh para pekerja pertanian, tetapi juga telah menghancurkan barang-barang pribadi mereka dan juga mencabik-cabik anggota tubuh mereka. Potongan mayat ditemukan sejauh 150 meter dari lokasi ledakan. Banyak bagian tubuh mayat yang terbakar parah dan mengalami trauma yang semakin memperumit proses identifikasi.

Akhirnya, dengan proses rumit yang dibantu seorang antropolog forensik, nama-nama korban meninggal dapat diidentifikasi. Para korban meninggal adalah saudara laki-laki, ibu dan paman Dan Lee Webb yang semuanya bekerja di pertanian. Dan Lee Webb sendiri tidak berada di tempat kejadian pada saat ledakan terjadi. Istrinya Linda Sue yang berada di pertanian ketika ledakan terjadi sempat menyelamatkan diri. Semua menjadi lebih jelas ketika mendengar alasan Linda Sue. Sebelumnya Linda Sue sempat mencium bau kabel terbakar di salah satu bangunan pertanian.


Selain puing-puing manusia yang tersebar di seluruh lokasi, polisi juga menemukan bukti bahan kimia yang mudah meledak dan peralatan pencampur bahan kimia. Sesuatu yang tidak dapat mereka sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang seharusnya dilakukan di peternakan umpan ikan. Penduduk setempat yang dimintai keterangan terkait kejadian itu, mengatakan bahwa pertanian milik Webb juga mempekerjakan sejumlah besar orang yang mencurigakan.Tidak hanya itu, selama beberapa bulan sebelumnya, sejumlah ledakan kecil juga sempat terdengar dari area pertanian.

Webb juga telah menggunakan pagar listrik, kamera CCTV, anjing penjaga dan alarm untuk melindungi peternakannya, serangkaian tindakan ekstrim untuk tempat usaha sederhana yang tidak lebih dari membudidayakan cacing untuk umpan ikan. Penyelidikan menjadi sedikit lebih jelas ketika polisi menemukan beberapa kotak kembang api ilegal dan enam barel bahan kimia yang sangat mudah meledak yang disimpan di sebuah trailer. Banyaknya bahan kimia yang mudah terbakar membuat mereka percaya bahwa Webb mungkin terlibat dalam pembuatan bom untuk dijual kepada penjahat dan teroris.


Selang beberapa hari setelah ledakan, Dan Lee Webb menyerahkan diri kepada pihak berwenang. Webb mengaku kepada polisi bahwa pada Desember 1982 dia telah memulai bisnis baru di pertaniannya yaitu dengan membuat kembang api tak berizin. Proses pembuatan kembang api itu berada di gudang susu dan terbukti langsung menguntungkan. Berdasarkan jenis dan ukuran kembang api yang diproduksi oleh Webb, semua produknya sebenarnya telah dilarang oleh hukum federal yang kemudian dijual seharga $160, dengan pabrik memproduksi hingga 130 kotak setiap minggunya.

Produksi kembang api memungkinkan Webb mempekerjakan sekitar 14 orang di pabrik ilegal tersebut. Dia menggaji para pekerja dengan tunai di tangan mereka pada akhir setiap hari kerja dengan tarif lima dolar per jam. Para pekerja mencampur dan merakit kembang api yang mematikan dengan tangan kosong, tanpa peralatan keselamatan dan tentu saja tanpa pelatihan keselamatan yang tepat. 


Dan Lee Webb didakwa memiliki dan membuat bahan peledak ilegal dan dengan 11 tuduhan pembunuhan tidak disengaja.  Setelah persidangan singkat, di mana dia mengaku bersalah, Webb dijatuhi hukuman penjara 10 tahun dan denda $10.000. Hukumannya mendapatkan keringanan kurang dari satu tahun untuk setiap orang yang meninggal, pertimbangan itu karena Webb mempekerjakan banyak teman dan keluarganya di pertanian. Dia mempunyai hubungan keluarga dengan para korban tewas.

Rasa bersalah dan kesedihan yang dia rasakan mungkin telah diperhitungkan oleh hakim saat memberikan hukuman. Selain itu, Webb bukanlah dalang dari produksi kembang api ilegal tersebut. Seorang petani tidak akan memiliki sumber daya untuk mengubah pertaniannya menjadi pabrik kembang api.  Seorang kenalannya yaitu pria bernama Howard Emmett Bramblett, bertanggung jawab atas Webb yang memulai menjalankan pabrik kembang api miliknya.


Webb mengatakan kepada polisi bahwa Bramblett-lah yang menyarankan untuk memproduksi kembang api dan yang menghubungkannya dengan pemasok bahan mentah dan distributor untuk kembang api yang sudah jadi. Penyelidikan yang panjang menghasilkan penangkapan Bramblett bersama dengan 19 pria lainnya dari sembilan negara bagian yang berbeda, semuanya telah terlibat dalam transportasi dan distribusi kembang api yang dibuat di Webb's Bait Farm. Empat orang akhirnya dihukum karena peran mereka dalam operasi tersebut.

Bramblett, yang dianggap sebagai dalang, diganjar hukuman 10 tahun, yang dia jalani bersamaan dengan hukuman 10 tahun lainnya yang diberikan kepadanya karena perannya dalam ledakan pabrik kembang api ilegal lainnya yang terjadi di Carolina Selatan pada 1983, menewaskan dua orang.


Bramblett datang ke Webb pada saat Webb putus asa dan menjanjikan uang kepadanya, usaha menguntungkan yang akan membalikkan nasib peternakan umpannya yang sedang sekarat. Webb telah mempertaruhkan segalanya untuk membeli ide Bramblett dan sebagai hasilnya dia akhirnya kehilangan semuanya, orang-orang yang dicintainya, bisnisnya, propertinya dan kebebasannya. Meskipun dia sekarang sudah keluar dari penjara, kematian teman-teman, keluarga dan stafnya tetap membekas di hati nuraninya, harga mahal untuk membayar keuntungan sedikit, seharga 100 dolar per kotak kembang api.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 30-12-2021 03:47
makola
6666661234
prabas
prabas dan 21 lainnya memberi reputasi
20
6.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan