alas904Avatar border
TS
alas904
Presidential Threshold Hambat Munculnya Capres Potensial



Anggota Fraksi Partai Demokrat MPR RI Herman Khaeron usai menjadi nara sumber dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertema Menebar Nilai Kepahlawanan dalam Kontestasi Politik Nasional di Media Center MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/11). (Foto: Andri)



Wowsiap.com - Ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) dinilai hanya menghambat munculnya calon presiden dan hanya untuk mempertahankan hegemoni kelompok tertentu. Sehingga dengan kekuatan politik yang ada, capres potensial lain di luar kelompoknya tidak akan muncul.

“Khususnya pemimin yang jaih dari oligarki, bersih dan ideal sebagai calon pemimpin masa depan,” kata anggota Fraksi Partai Demokrat MPR RI Herman Khaeron di Media Center MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/11).

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertema Menebar Nilai Kepahlawanan dalam Kontestasi Politik Nasional. Menurutnya, ada tidaknya kesempatan bagi sosok muda, sangat tergantung pada bangsa Indonesia.

Khususnya sepanjang rakyat, seluruh pemimpin parpol dan anggota DPR mau memberikan kesempatan. Menurutnya, nilai-nilai kepahlawanan akan terlihat bila seluruh komponen bangsa memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi calon pemimpin bangsa yang ideal.

“Sehingga, PT tidak memiliki nilai kepahlawanan. Sebab hanya akan membatasi ruang yang sesungguhnya dapat dimanfaatkan bagi pahlawan bangsa yang seharusnya bisa muncul. Sebab dengan PT, semua diskenariokan dan bisa saja ada calon yang ‘masuk angin’ atau tertutup kesempatannya untuk maju,” ujarnya.

Dia menambahkan, nilai-nilai idealisme tidak bisa ditutupi dengan pencitraan. Misalnya dengan menggunakan baju, celana, sepatu murah namun faktanya berbeda dan masyarakat mengetahui yang sebenarnya. “Idealisme berbeda dengan pencitraan dan tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi maupun kelompok,” tandasnya.

Karenanya, dia berharap agar dibuka ruang yang cukup dan jalan kepemimpinan yang lebih lebar serta PT jangan terlalu tinggi. “Berikan kebebasan kepada seluruh fraksi-fraksi yang ada untuk mencalonkan capresnya. Ada banyak pilihan bagi masyarakat untuk memilih yang terbaik. Sekarang tidak bisa, karena jangan-jangan ologarki sudah menskenariokan hanya untuk dua pasang calon,” tegasnya.



Sumber: Wowsiap.com


gmc.yukon
Nikita41
viniest
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan