redtardipAvatar border
TS
redtardip
redtardip's Trading Journal


Selamat datang untuk teman-teman yang telah berkunjung. Dan terima kasih bagi semua yang telah memberikan atensi lebih terhadap thread ini.

Seperti judul diatas, thread ini berisi jurnal trading saya yang terdiri dari watchlist saham yang akan saya beli, update TP/SL jika tercapai serta evaluasi tiap minggunya. Tidak menutup kemungkinan akan ada update-update lain diluar itu. Teman-teman bisa subscribe thread ini bila tidak ingin ketinggalan updatenya. emoticon-Bookmark (S)

Jika ada yang tanya, apa sih tujuan saya buat thread isi jurnal trading ini. Well, sebagai sharing dan catatan bagi saya saja sih karena selama saya trading saya belum mempunyai sebuah catatan atau jurnal tersendiri. Serta sebagai wadah untuk tukar pikiran dengan teman-teman semua karena saya sadar masih banyak kekurangan dari sistem yang saya terapkan. Untuk itu feel free bagi teman-teman yang ingin memberikan komentar yang membangun, dengan senang hati saya akan memberikan atensi.

Bila ada yang ingin mengikuti trading yang saya terapkan, silahkan ikuti saja. Yang perlu dipahami disini adalah bahwa resiko kerugian dan reward profit yang teman-teman alami saat mengikuti trading yang saya pakai silahkan ditanggung masing-masing pribadi. Karena saya tidak pernah memaksa teman-teman untuk mengikuti saya.Kembali lagi ke tujuan saya membuat jurnal ini adalah sebagai catatan trading saya, bukan rekomendasi saham yang perlu teman-teman ikuti.

Quote:


Spoiler for Indikator yang Saya Pakai:


Garis EMA 60 saya gunakan untuk mendeteksi apakah sebuah saham sedang uptrend, downtrend, atau sideways dalam kurun waktu 3 bulan terakhir (1 bulan = 20 hari kerja bursa). Jika candle berada diatas garis EMA 60 maka saham tersebut bisa dikatakan sedang uptrend, begitu pula sebaliknya. Menurut saya moving average tipe eksponensial ini merupakan tipe yang lebih baik diantara simple moving average dan weighted moving average. MACD indikator saya gunakan untuk sinyal beli ketika line level MACD berpotongan dengan line sinyal MACD. Sedangkan indikator Stochastic sebagai konfirmasi dari sinyal MACD. Bila stochasticnya belum menyentuh level jenuh jual maka bisa dikatakan sinyal beli dari MACD cukup akurat.

Poinnya adalah saya akan membeli saham bila.
> Candle ditutup diatas garis EMA 60
> Garis level MACD cross up dengan garis garis sinyal MACD
> Indikator Stochastic belum menyentuh level jenuh jual (angka 80 keatas)
> Candle sebelumnya membentuk bullish engulfing atau hanging man.

Spoiler for Software yang Dipakai:


Mengapa saya memilih sekuritas dari Mirae?? Yah, karena sekuritas ini menawarkan aplikasi trading yang sangat lengkap dan powerfull. Mirae juga membebankan fee yang cukup ringan untuk trading saham. Sedangkan Tradingview saya gunakan untuk screening saham dan melihat chart secara lengkap.

Quote:


Spoiler for Rules dan Kondisi Lainnya:


Money management adalah hal yang mutlak bagi seorang trader. Dua poin dari kondisi diatas adalah rule dari money management yang saya pelajari. Resiko maksimal 10% dari modal trading saya ambil referensi money management dari beberapa trader ternama seperti Bu Ellen May, Belvin Tannadi, Rizki Aditama, dan Mr. Andrew Aziz.

Kalau teman-teman menganggap nanti cuannya receh banget, ya....emang. Kan sesuai dengan modal saya yang sedikit. Kalau mau cuan tebal ya siapkan modal trading yang tebal pula. Ini adalah bentuk sistem money management yang saya terapkan. Saya membatasi dana yang saya tradingkan agar kuota loss trading lebih banyak. Yang penting adalah keamanan modal trading saya. Lebih baik loss beberapa kali dengan jumlah sedikit tapi saya masih bisa bertahan di pasar saham.

Yah, mungkin itu dulu intro yang bisa saya sampaikan. Doakan agar saya mendapat cuan sesuai target yang diharapkan, Aamiin.

emoticon-Recommended Seller



Diubah oleh redtardip 16-02-2023 12:39
0
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan