ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Marcopolo, Body Bus Futuristik Nan Gagah Sebelum Era Jetbus
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Marcopolo, body bus yang futuristis nan gagah sebelum era Jetbus.


Mungkin Gansis yang sering melewati tol Transjawa, dan sering masuk ke terminal, pernah menemui atau bahkan menaiki sebuah bus dengan body Marcopolo, buatan karoseri Adiputro Malang.

Marcopolo merupakan sebuah body bus yang cukup legendaris dan futuristis denga bentuk headlamp yang sangat khas, serta sangat terkenal pada masa kejayaannya, sebelum digantikan oleh Jetbus 1 series.


Body dengan lampu jumbo bernama Marcopolo pertama kali diluncurkan tahun 2009 untuk menggantikan body Travego Smile yang sebelumnya sudah eksis dengan lampu khasnya.

Marcopolo ditawarkan dengan varian body HD dan SD (Standard Deck dan High Deck), yang dimana menentukan tinggi lantai, apakah termasuk lantai tinggi atau lantai biasa.


Body ini laris manis di masanya, seperti biasa body-body bus Adiputro lain. Hal ini bisa dibuktikan, dengan melihat-lihat bahwa bahkan hingga sekarang, masih sangat banyak Marcopolo yang menghiasi jalanan Indonesia,

Marcopolo memiliki headlamp dengan projector dan susunan yang bisa dibilang rumit (namun sangat futuristis), dengan stoplamp berbentuk seperti bumerang di bagian belakang bus, tentunya dengan selendang yang serupa dengan Travego dan Jetbus 1 serta 2 (sebelum Jetbus 2+). Headlamp ini yang jadi ciri khas Marcopolo hingga sekarang.

Interiornya bisa dibilang lumayan bagus, untuk masanya. Bentuknya seperti ini, dengan atap yang memiliki sentuhan aksen-aksen kayu, tapi tentu bisa dicustom oleh customer. Sayang, ane tidak menemukan gambar dasbor dari Marcopolo, tetapi kurang lebih sama seperti Jetbus 1.


Sementara untuk bagian samping, bisa dibilang standar-standar saja, dengan selendang yang bentuknya sama hingga era Jetbus 2 non plus dan bentuk kaca yang standar, yang menjadi ciri khas Marcopolo jika dilihat dari samping hanyalah aksen hitam yang menyambung ke pintu, sedikit mirip dengan Mazda Biante.

Body ini sudah dipasang ke banyak sekali sasis, mulai dari Hino RK8, OH 1521, OH 1525, OH 1526, bahkan hingga Volvo B7R pun juga sudah pernah memakai body Marcopolo buatan Malang ini.


Marcopolo sempat mengalami facelift, yang merubah bemper dan beberapa hal lain. Bus dengan body Marcopolo Facelift sering disebut "New Marcopolo". Perbedaannya tak terlalu mencolok, namun kalau diteliti lebih jauh kelihatan.

Adiputro Marcopolo adalah awal dari Jetbus. Sebelumnya, Jetbus hanyalah sebuah Marcopolo yang diganti lampunya, namun karena diminati, dilanjutkan hingga sekarang sampai detik ini, bahkan kemungkinan besar akan dilanjutkan dengan Jetbus 4, 5 dan seterusnya.


Masih banyak PO yang mempertahankan body legendaris nan futuristis satu ini, hingga sekarang. Marcopolo mungkin akan tetap kita temui di jalan, bahkan hingga 5-8 tahun lagi walau memang akan terus menurun populasinya.

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas seputar Adiputro Marcopolo. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
a.w.a.w.a.w
EriksaRizkiM
nohopemiracle
nohopemiracle dan 20 lainnya memberi reputasi
21
7.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan