Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

firakusAvatar border
TS
firakus
Dear Kreator Kaskuser , Mari Belajar dari General Maya
General Maya – Khusus yang belum tau, ini adalah sebuah band yang didalamnya dinaungi oleh tiga mantan personil slank. Diantaranya Bonky pada Bass, Indar Q di keyboard, dan Pay Burman pada gitar. Sebelumnya, ketiga ex pentolan band yang bermarkas di Gg Potlot ini sempat membuat gempar dengan kabar akan Project 31F, naman karena suatu hal dan project itu pun pada akhirnya kandas. Sejak itu, ane sendiri pun begitu sering mendengar istilah “General Maya”, dan seakan melekat banget di kepala, bahwa general maya tak lain adalah tiga sosok musisi tersebut.

General Maya merupakan project musik terkini musisi senior Indonesia, dengan diantaranyaBongky Marcell, Indra Qadarsih, dan Pay Burman. Berbeda dengan project musik sebelumnya, project kali ini kental dengan suara patriotisme dan kebangsaan dengan menggandeng tiga (3) penyanyi.
David Bayu Bareng Pay, Dok. Youtube General Maya


Bagi pecinta musik pada umumnya, dan fans berat dari slank (mungkin yah..), atau bisa jadi juga penggemar (Indra, Pay, dan Bongky), pasti sudah mendengar akan perilisan dari album General Maya, yang dalam beberapa bulan terakhir seakan jadi obrolan di ranah youtube dan instagram.

Tapi bukan masalah album semata yang ane soroti, namun dalam segi marketing pun juga ane amati dari kejauhan. Secara, ane ini kan sebatas fans... dan juga memang pekerjaan tak jauh dari dunia digital. Sekadar berbagi pemikiran, maka kali ini ane mau mengajak seluruh Kaskuser dan para kreator di KASKUS, untuk sempatkan sejenak menilik dari kesuksesan General Maya.

General Maya Sukses.., Gimana Ceritanya Gan?


Ada banyak indikator sebuah group band dibilang sukses. Mulai dari penjualan album / download lagu, dikenal oleh khalayak, hingga dengan jadwal manggung padat merayap. Belum lagi kalau sebuah band terima penghargaan dalam sebuah ajang, tentu itu akan menjadi nilu plus bagi band tersebut ke depannya. Ngomongin soal General Maya, memang band ini baru.. Mangung secara live saja belum., namun secara personil sih sudah tak diragukan lagi akan ketenaran dan kepiawaian dalam berkarya.



"Nunjuk Roy, itu bukan cuma feeling. Udah.., Roy ini tersangka dari awal, udah ada yang terukur sebenarnya," Ungkap Pay bocorin akan pemilihan penyanyi General Maya.
Bahkan Roy, udah gue gambar sebelum bikin. Menurutnya Roy Jeconiah adalah salah satu target vokalis untuk bernanyanyi di General Maya.

Album General Maya sendiri menggandeng tiga (3) vokalis papan atas Indonesia, diantaranya adalah Roy Jaconiah (Ex Boomerang), David Bayu (Naif), dan Rudhjack (Modern Gank). Buat GanSis pecinta musik tanah air, mungkin nama Roy Jeconiah & David Bayu sudah tak asing, tak lain atas eksistensi mereka dalam belantika musik tanah air. Khusus untuk Roy Jeconiah sendiri memang sudah tak bergabung lagi dengan Boomerang, namun di ranah musik ia tetap berkarya dalam Jecovox. Kemudian untuk David, Ia tetap bermusik bareng Naif, dan kini memang dirinya juga terlihat aktif dalam dunia persilatan youtuber. Sementara untuk Rudhjack, ia dikenal sebagai vokalis dari Modern Gank, ia pun juga sempat berkolaborasi dengan gitaris papan atas tanah air, yakni John Paul Ivan.

Proses Rekaman General Maya, Dokumentasi Youtube General Maya


Perpaduan General Maya dengan tiga vokalis ini pun tertutang dalam album yang baru saja mereka rilis dan dijual secara online melalui e-commerce. Menilik dari yotube General Maya, dikabarkan album mereka dijual dengan sistem Pre Order, dan tahap pertama telah terjual habis. Lalu dilanjutkan dengan tahap berikutnya, yang juga bisa dibilang sukses dengan direspon sangat baik oleh para pecinta musik dan fans setia mereka.

Bagi Kreator Kaskus, mari sejenak nongkrong dimari untuk belajar bersama-sama dari kesuksesan atas Jendral Maya, dalam memasarkan produk (karya) mereka melalui digital platform. Ane sendiri angkat dua jempol untuk tim yang terlibat dalam memasarkan album General Maya. Meskipun mereka adalah para musisi lawas, namun secara taktik dan strategi dalam memasarkan album mampu beradaptasi dengan perkembangan digital. Lalu apa pelajaran yang bisa kita petik? Berikut hasil analisa sependek pengamatan TS hasil mantengin kanal youtube mereka.

Content is The King


Rasanya kita sudah bosan mendengar istilah ini, kerap digunakan atau dikatakan oleh pakar maupun pelaku (kreator). Kembali ke soal General Maya, secara content atau materi tentu saja group yang bsia ane bilang super band ini materinya begitu kuat, sisi konten yang menonjol. Berdasarkan cuplikan lagu-lagu mereka, sepertinya mereka memang menonjolkan sisi nasionalisme dalam album mereka ini. Lirik yang dalam, musik dan aransemen sangat bagus, kemudian dari proses audio dan mixing sudah tentu ada Om Indra Q, hasil album pun dijamin 110% maknyus di telinga!. Belum lagi soal jam terbang, secara keseluruhan musisi terlibat dalam General Maya sudah memiliki jam terbang mumpuni, dan dijamin musikalitasnya.

Content Marketing

Jelas!. salah satu strategi dilakukan oleh General Maya yang begitu jitu adalah content marketing, dimana mereka gunakan sosial media seperti youtube dan instagram untuk build hype. Mulai dari proses rekaman, interview pihak terlibat dalam penggarapan album, hingga press conference yang mereka gelar secara virtual. Malahan, paling menarik versi ane adalah proses mixing dan balancing pun mereka bagikan melalui kanal youtube. 


Dok. ialtomarketing.com


Dengan asupan video dokumentasi berkala yang mereka bagikan ke fans, secara tak langsung sudah membangun awareness & engagement dengan baik. Menilik dari beberapa video General Maya yang ada di youtube, beberapa fans pun melontarkan komentar akan ketidak sabaran mereka akan rilis album tersebut. Ini jadi bukti, bahwa beberapa fans pun sudah terpana hingga rasa conisder  pun terbentuk dengan sendirinya. 
Artinya, secara marketing funnel sedikit lebih gampang untuk masuk ke tahap berikutnya, adalah acquisition

Digital Marketing


Satu hal membuat ane salut juga nih gan, General Maya manfaatkan menjamurnya e-commerce di tanah air guna menjajakan karyanya agar bisa dinikmati oleh khalayak. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti ini memang lebih banyak orang aktivitas di virtual dari rumah ketimbang kelayaban di luar. Faktanya, General Maya pun sukses menjual albumnya secara online dengan taktik jitu. 



Dok. Tokopedia

Untuk list lagu dalam album tersebut, GanSis bisa simak melalui gambar di atas.  Kalau boleh jujur, ane sendiri sudah tak sabar ingin menantikan perform live mereka untuk membawakan lagu 'Jujur Pangkal Bahagia' dan 'Gemah Ripah Loh Jinawi'. Semoga pandemi bisa cepat menghilang, konser sudah diperbolehkan dan General Maya segera konser live.

Salah satu pelajaran bisa kita petik dari kesuksesan mereka, adalah membuat konten yang baik, strategi dan taktik terbaik, dan juga eksekusi yang baik membuat segala sesuatu pun berjalan dengan baik alias sukses. 

Hayukk.. obrolin dimari, mari kita sama-sama belajar dari kesuksesan mereka dalam memasarkan karya mereka. Nah, gimana pendapat kalian gan? Kuy, mari kita obrolin dimari yuk.. emoticon-Cool


Diubah oleh firakus 02-04-2021 03:42
s3r4hf3
franssinaga
gabener.edan
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan