unta.Avatar border
TS
unta.
Festival Makan Papeda dan PON XX Papua 2021


Halo gan, apa kabar? Kali ini ane mau ngebahas tentang PON XX Papua 2021 dan Festival Makan Papeda nih.
Meski sedang pandemi, Festival Makan Papeda di Kampung Abar, Papua tahun ini tetap digelar. Festival ini memang sudah jadi tradisi tahunan masyarakat setempat. Kampung Abar berada di tepi Danau Sentani, tidak jauh dari Bandara Sentani. Sekitar 15 menit dari Bandara Sentani dengan jalan darat, kemudian dilanjutkan dengan 10 menit perjalanan menggunakan perahu.

Papeda merupakan makanan khas Papua, sepintas bentuknya mirip bubur, terbuat dari pati sagu yang disiram air panas. Papeda ini disajikan dalam wadah gerabah bersama ikan kuah kuning khas Sentani.

Naftali Felle, ketua sanggar pengrajin gerabah Titian Hidup Kampung Abar mengatakan Festival Makan Papeda dalam Gerabah di Kampung Abar, Distrik Ebungfau, Kabupaten Jayapura akan dilaksanakan tiga hari yaitu 28 – 30 September 2021. Dengan rincian, untuk 28 – 29 September pameran hasil kerajinan mama-mama pengrajin gerabah. Pameran dilakukan di stand masing-masing depan rumah pengrajin. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan pengunjung dalam satu tempat.

Masing-masing stand terbuat dari bahan pohon sagu, baik itu atapnya dari daun sagu, dinding dari pelepah sagu. Masing-masing pemilik stand boleh berkreasi dan akan dilombakan oleh panitia. Pada 30 September, acara makan papeda dalam gerabah di para-para tradisional. Pada acara ini, seusai makan papeda, pengunjung dapat membawa pulang gerabah tempat makan papedanya.

Pada pameran ini, selain gerabah, masing-masing stand juga akan memamerkan produk dari tanaman sagu, baik itu ulat sagu atau jamur sagu, kuliner sate ulat sagu serta papeda bungkus. Selain itu juga akan disediakan sayuran organik yang ditanam oleh masyarakat Abar serta ikan hasil tangkapan di Danau Sentani. Panitia akan menyediakan stand khusus bagi pengunjung yang ingin berlatih membuat gerabah tradisional, lebih diutamakan untuk generasi milenial.

Pada festival ini juga akan ditampilkan produk unggulan, briket arang dari ampas pohon sagu. Panitia juga akan menyiapkan petugas khusus untuk menegakkan prokes. Mereka akan mengecek dan mengingatkan pengunjung untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yaitu jaga jarak, selalu cuci tangan dan selalu memakai masker. Selain itu di beberapa titik juga akan disiapkan spanduk himbauan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, PON XX Papua akan digelar pada 2 – 13 Oktober 2021. Kebijakan ini selaraas dengan ketentuan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 ke masyarakat dalan menyelenggarakan PON XX Papua di Jayapura.

Nah gan segitu aja pembahasan dari ane, buat agan yang mau tau info lebih lengkap soal PON XX Papua bisa langsung dilihat di:


website

instagram

youtube

twitter

facebook

0
735
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan