4311216185Avatar border
TS
4311216185
Dua Maskot Andalan Pon Papua


Halo agan dan sista semua! Udah pada tahu kan kalau di tahun ini perhelatan olahraga terbesar se-Indonesia akan digelar? Yeah, Pekan Olahraga Nasional atau disingkat PON yang ke-20 ini akan dilaksanakan pada tanggal 2-15 Oktober 2021 di Papua lho. Hmm, masih lama ya. Tapi sambil nunggu, mendingan kita ngintip maskot yang bakal dipake di event ini kuy!

Berhubung acara PON XX kali ini bertempat di Papua, sudah pasti maskotnya adalah hewan khas dari pulau tersebut. Mereka adalah Kangpho dan Drawa yang diambil dari hewan kangguru pohon dan burung cendrawasih. Yuk, kita kenalan dengan masing-masing maskotnya!

Spoiler for :


Kangpho atau Kangguru Pohon bermantel emas yang memiliki nama latin Dendrolagus pulcherrimus ini ternyata lebih terkenal sebagai hewan endemik Australia. Namun, ternyata di Papua juga ada lho. Sama seperti hewan tipe Australis lainnya, Kangpho memiliki kantung di perut atau termasuk hewan marsupialia. Ia pun termasuk hewan herbivora yang memakan buah-buahan dan biji-bijian saja.

Dilihat dari postingan IG @kementerianbumn, Kangpho memakai topi berbentuk yang berbentuk seperti gunung yang puncaknya tertutup salju yang pastinya sesuai dengan kontur pegunungan di Papua, salah satunya Gunung Jaya Wijaya. Kangpho pun memakai bawahan rumbai-rumbai dengan ukiran khas di ikat pinggangnya. Hal itu melambangkan sambutan yang hangat dari warga Papua, sedangkan ukirannya merupakan tradisi penghormatan terhadap nenek moyang mereka.

Spoiler for :


Adapun Drawa, sang burung cendrawasih yang bernama latin Paradisaea raggiana ini digambarkan sebagai burung jantan dewasa dengan warna yang didominasi oleh warna jingga. Ia memiliki ekor cantik berwarna kuning dengan dua helai bulu warna hitam. Di lehernya tersemat medali bergambar tiga lingkaran dengan tali merah putih. Drawa juga menggunakan rumbai-rumbai dari kulit kayu untuk menutupi bagian bawahnya yang berhias ukiran khas di pinggangnya.
Ternyata warna oranye pada tubuh Drawa tersebut dimaknai sebagai kehangatan, persahabatan, dan cinta kasih. Sedangkan tali merah putih bermakna kebersamaan merebut medali dalam NKRI, dan bentuk medali yang bergambar 3 lingkaran menggambarkan emas, perak dan perunggu.

Oh iya, gansis, kedua maskot ini juga membawa obor di tangan mereka lho untuk mengobarkan semangat bertanding dengan sportif. Adapun makna jargon ‘Torang Bisa!’ yang berarti ‘Kita Bisa!’ juga digunakan sebagai penyemangat semua atlet yang nanti berjuang di PON XX Papua.

Gimana? Ternyata maskot dari PON XX Papuas ini penuh makna kan? Pasti sehabis baca ini agan dan sista jadi penasaran juga sama gelaran olahraga ini. Kita doain aja yuk supaya gelaran olahraga ini bisa lancar, jadi atlet-atlet yang didukung agan sista bisa beraksi di acara tersebut. Aamiin. Masih kepo sama informasi lain soal PON XX Papua? Cari aja updatenya di link bawah ini ya:

https://www.ponxx2020papua.com/

https://www.instagram.com/ponxx2020p...=1vkmytiud9m4l

https://www.youtube.com/channel/UCK1...V-0LHnhODF9Bwg

https://twitter.com/ponxx2020papua?s=11

https://web.facebook.com/ponxx2020papua

Diubah oleh 4311216185 26-07-2021 04:29
Richy211
anybudiati
evywahyuni
evywahyuni dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan