brandalbrutalAvatar border
TS
brandalbrutal
5 Cara Mencari Inspirasi untuk Berkarya
Halo, gan!
emoticon-Hai

Berkarya itu udah menjadi salah satu kegiatan manusia, apapun bentuk karyanya. Bisa berupa karya seni rupa, musik, seni tulisan, atau bahkan berupa mesin yang lo ciptain sendiri, dan masih banyak lagi contohnya. Selain untuk menghasilkan uang, berkarya juga bisa menghasilkan kepuasan dan kesenangan tersendiri sekaligus menghilangkan stres.

Nah, kadang saat ingin membuat suatu karya, kita bingung mau mulai dari mana. Atau saat sudah memulai, di tengah-tengah proses, tiba-tiba kehabisan ide. Inilah waktunya lo perlu mencari inspirasi. Ada banyak hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan inspirasi, ini beberapa di antaranya:

1. Membaca Buku


https://www.freepik.com/free-photo/h...ok_2559838.htm

Sejak jaman sekolah, kita udah sering mendengar bahwa buku adalah jendela dunia. Emang bener banget, buku-buku itu sumber ilmu pengetahuan dan bisa jadi bahan inspirasi juga. Lo bisa baca buku-buku yang berhubungan dengan karya yang ingin lo buat. Entah buku biografi tokoh terkenal yang berkarya di bidang yang lo sukai, buku-buku teknik pembuatan karyanya, atau seputar teori-teorinya. Kalo buat yang suka bikin karya tulis kayak gue, buku apa aja bisa jadi sumber inspirasi, sih. Dari setiap kata, pola kalimat, sudut pandang, struktur tulisan di buku yang gue baca bisa memicu gue buat menulis.

2. Menonton


https://www.freepik.com/premium-phot...op_3143855.htm

Kalo lo kurang suka membaca, menonton bisa jadi kegiatan yang memunculkan inspirasi di benak lo. Lo bisa menonton film yang relate dengan karya lo atau simply video-video tutorial dan obrolan seputar karya-karya yang sealiran dengan lo. Bahkan nontonin iklan dan music video juga buat bisa mendatangkan inspirasi loh.

3. Mendengarkan Musik


https://www.freepik.com/free-photo/y...ds_5014711.htm

Gue yakin banyak yang udah tahu bahwa musik bukan hanya enak didengar aja, melainkan juga memiliki kekuatan untuk mengubah mood dan pikiran lo. Rangkaian lirik dan alunan nada yang mengalir dari musik mampu memberikan vibes tertentu yang bisa lo rasakan. Gak heran, dari musik, ide-ide keren bisa tercetus dan bisa memicu lo menghasilkan karya luar biasa. Bukan cuma buat lo yang suka membuat karya musik aja loh.

4. Scrolling Medsos


https://www.freepik.com/premium-phot...ce_5031793.htm

Media sosial di jaman sekarang bukan sekadar digunakan untuk bersosialisasi. Medsos juga udah menjadi media berekspresi dan media untuk marketing. Setiap harinya, jutaan orang meng-upload postingan ke media sosial masing-masing. Inilah mengapa medsos menjadi tempat yang tepat untuk mencari inspirasi. Ada banyak sekali sumber ide yang bisa lo ulik dari sana.


5. Berdiskusi Online



Berdiskusi alias ngobrol-ngobrol juga bisa banget memunculkan inspirasi yang fresh di pikiran lo. Banyak loh, orang yang memulai kesuksesannya dari ngobrol-ngobrol, kemudian kepikiran, “Oh iya ya, kalo gue bikin karya begini or begitu, kayaknya keren nih!” Tapi karena sekarang sedang PPKM, of course diskusinya online aja ya, gan! Bisa via aplikasi chat, video call, meeting online, dll. Pastikan lo berdiskusi dengan orang yang asik, jangan dengan orang yang bikin pikiran lo makin mumet biar ide-ide segar gak terhambat muncul. Pilih juga tempat yang nyaman, ditemani dengan minuman dan rokok favorit. Beuh, mantap deh, bray! Kayak rokok Esse Punch Pop yang segar, bikin lo santai, ngobrol jadi makin asik, dan inspirasi mengalir ke pikiran lo.

Itulah 5 hal yang biasa dilakukan orang-orang untuk mencari inspirasi untuk berkarya. Nah, lo sendiri kalo lagi butuh inspirasi, biasanya ngapain aja, gan? Bolehlah share di komen, yuk!
Diubah oleh brandalbrutal 17-07-2021 06:55
otongcayangdewi
otongcayangdewi memberi reputasi
1
598
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan