DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Nggak Cuma Kue Donat, 2 Jajanan Tradisional Ini Juga Bolong Tengahe, Cek Cara Buatnya
Kaskus DeYudi69 -Gan-Sis seorang penikmat kue donat? Kalo ane menyukai kue apa aja yang penting enak dan nggak bikin sakit wkwkwk.

Mulai dari kue basah, kue kering, baik yang modern apa lagi yang tradisional ane demen banget apalagi kalau disantap bersama secangkir teh hangat mantap betul dah pokoknya.

Nah balik ke pembahasan awal lagi ya, biar nggak terlalu merembet kemana mana nih jempol ane ngetik kalimatnya, kue donat, ya kue donat terbilang kue yang sudah mendunia dengan ciri khas bolong pada bagian tengahnya, walau pun ternyata ada juga kue donat yang bentuknya rapet tanpa lubang wkwkwk.

Ternyata nih Gan-Sis, selain kue donat, ada juga kue tradisional yang juga memiliki lubang pada bagian tengahnya, rasanya pun nggak kalah enaknya dengan kue donat.

Nah, aneka jajanan tradisional ini juga sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang murah tanpa harus menguras isi dompet kalian.

Tapi buat Gan-Sis yang hobi untuk membuat kue, bisa banget nih kalau mau nyoba buat sendiri di rumah.

Berikut ini 2 jajanan atau kue tradisional yang bolong tengahe beserta cara membuatnya.

1. Kue Kaliadrem


sumber gambar

Kue tradisional khas Bali yang berbahan dasar tepung beras dan kelapa parut yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Pada umumnya kue ini dibuat dalam bentuk segitiga dengan satu lubang atau lebih di bagian tengahnya. Ada beberapa resep atau cara dalam membuatnya, nah, resep yang ane bagikan ini termasuk yang paling mudah dan sering dibuat oleh Ibu ane di rumah.

Bahan yang diperlukan :

-Kelapa parut 1/4 kg
- Gula pasir satu gelas ukuran 250 ml
- Tepung beras 1/2 kg
- Minyak goreng
- Biji wijen (sebagai toping boleh juga tanpa wijen)

Semua bahan di atas nggak harus baku seperti itu ya Gan-Sis, kalian bisa memodifikasinya sendiri sesuai dengan selera juga jumlah kue kaliadrem yang mau dibuat, kalau buat kuenya banyak ya bahannya jadi nambah, begitu pun dengan gulanya, kalau yang suka manis atau nggak terlalu suka manis boleh ditambah atau dikurangi gulanya.

Cara membuatnya :

Campur kelapa parut dengan gula pasir, kemudian aduk dengan tangan yang memakai sarung tangan sambil diremas-remas sampai keluar santannya, setelah itu masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis, kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 6 sampai 12 jam. Misal buat adonannya pagi, sorenya udah bisa Gan-Sis goreng.

Setelah didiamkan selama 12 jam, bentuk adonan menyerupai segitiga, taburi dengan biji wijen, kemudian goreng pada minyak panas sampai adonan berubah warna menjadi coklat atau sampai matang. Kue kaliadrem pun siap untuk disantap bersama secangkir kopi atau teh hangat.

2. Kue Cincin Betawi


sumber gambar

Hampir sama dengan kue kaliadrem yang juga berbahan dasar tepung beras dan parutan kelapa, bedanya kue cincin ini berbentuk bulat dan mempergunakan gula merah dalam pembuatannya.

Bahan yang diperlukan :

- Kelapa parut setengah tua yang sudah disangrai sebanyak 200 gran
- Tepung beras 500 gam
- Gula merah atau gula jawa 150 gram
- Gula pasir sebanyak 150 gram
- Garam dapur 1/4 sendok
- Minyak goreng

Cara membuatnya :

Rebus gula merah sampai cair, setelah cair masukkan kedalam wadah yang berisi tepung beras dan diaduk sampai rata, langkah selanjutnya masukkan kelapa sangrai, gula pasir, dan garam dapur, aduk sampai rata kemudian uleni dengan tangan hingga adonan kue menjadi kalis. Diamkan adonan dalam wadah selama 24 jam, kemudian bentuk menyerupai cincin sampai semua adonan habis terbentuk, dan goreng pada minyak panas sampai berubah warta atau matang. Kue cincin betawi pun siap dihidangkan.

Baca juga : Resep Mudah Membuat Sayur Kelentang

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi dan di sini
Diubah oleh DeYudi69 13-07-2021 22:29
mulyono116258
cheria021
kiyazm
kiyazm dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan