andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Sebelum Rupiah Ada, Ternyata Indonesia Punya Banyak Nama Mata Uang

source

Tanpa uang, hidup akan terasa sulit. Ingin ini dan itu pun akan sulit di dapatkan. Tapi, tahukah Agan dan Sista? Jika sebelumnya Indonesia yang kita cintai dan kasihi ini sebelum ada rupiah menggunakan uang yang di sebut ORI dan ORIDA?

Apakah itu ORI dan ORIDA? ORI dan ORIDA adalah singkatan dari Oeang Republik Indonesia dan Oeang Republik Indonesia Daerah yang menandakan kedaulatan Indonesia di awal kemerdekaan dulu.

Ternyata, sebelum rupiah diperkenalkan, ada perjalanan panjang yang harus ditempuh ya Gansist, sampai pada akhirnya kita mengenal Rupiah dan menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia.


source

Sebelumnya, pada tanggal 7 November 1945, pemerintah Indonesia membentuk “Panitia Penyelenggara Pencetakan Uang Kertas Republik Indonesia” untuk penerbitan uang ORI yang diketuai oleh T.R.B Sabaroedin dari kantor besar Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Yang mana nantinya akan menggantikan empat mata uang kertas yang beredar sebelumnya di Indonesia yang dikenal dengan: De Javasche Bank, De Japansche Regering, Dai Nippon emisi 1943, dan Dai Nippon Teikoku Seibu emisi 1943.


source

Yang pada akhirnya berhasil digantikan dan di sahkan pada 30 Oktober 1946 melalui keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia kala itu, sehari sebelum wakil presiden mengumumkannya melalui siaran radio.

Namun, peredaran mata uang ORI mendapatkan rintangan, disebabkan oleh situasi keamanan yang rentan serta keadaan yang tidak menentu. Salah satunya adalah agresi militer yang dilakukan oleh Belanda yang memutuskan komunikasi pusat ke daerah.

Untuk menyiasati kekurangan uang, pemerintah pusat memerintahkan para pemimpin daerah untuk menerbitkan mata uang lokal yang kemudian disebut dengan ORIDA itu Gansist.


source

Pada tahun 1947, ORIDA resmi terbit di Provinsi Sumatera, Banten, Tapanuli, dan Banda Aceh. Yang akhirnya bisa diedarkan secara gerilya sampai pada tanggal 1 Januari 1950 yang kemudian digantikan dengan penerbitan uang RIS (Republik Indonesia Serikat).

Melalui KMB (Konferensi Meja Bundar) yang diselenggarakan dari 23 Agustus sampai 2 November 1949 Indonesia diakui kedaulatannya oleh Belanda dan dibentuklah negara federal yang dinamakan RIS pada tanggal 27 Desember 1949. Yang terdiri dari Republik Indonesia dan Bijeenkomst voor Federaal Overlaag (BFO) atau Badan Permusyawaratan Federal yang lebih dikenal dengan negara boneka bentukan Belanda dan agar semuanya bisa seragam. Menteri Keuangan, Sjafruddin Prawiranegara mengumumkan bahwa mata uang yang sah adalah mata uang Federal pada tanggal 1 Januari 1950.


source

Perjuangan demi perjuangan akhirnya sampai pada berakhirnya perlawanan Belanda dan Indonesia membentuk NKRI, berakhir pula mata uang RIS.

Sebelumnya nih yaa Gansist, ane kira Rupiah yang menjadi awal dan pertama mata uang di Indonesia kita tercinta ini, ternyata ada banyak nama mata uang yang dulunya beredar.


source

Patut kita syukuri semua ini Gansist, tanpa perjuangan pemerintahan masa lalu, mungkin kita tidak mengenal Uang Rupiah dan menjadi alat pembayaran yang sah di negara ini. Meski pun Uang Rupiah masih terhitung lemah di mata dunia.

Sampai jumpa kembali dilain waktu dan thread ane lainnya. Semoga thread ane bisa menambah wawasan Agan serta Sista seranah Kaskus Raya.

Salam sejahtera, jangan lupa bahagia dan selalu menjaga kesehatan diri serta keluarga.

Thanks For Visiting
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis Oleh:
Referensi: open here
zeze6986
EriksaRizkiM
pphitam
pphitam dan 31 lainnya memberi reputasi
28
7.2K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan