caryancandaAvatar border
TS
caryancanda
Maskot PON XX: Kangpho dan Drawa, Hewan Langka Asal Papua!


Maskot PON XX Papua sudah diperkenalkan ke khalayak ramai sejak tahun 2019 lalu. Ialah Kangpho (kanguru pohon) dan Drawa (cendrawasih) yang terpilih menjadi maskot PON XX Papua tahun ini. Kedua maskot ini merupakan hewan asli Papua yang langka.

Spoiler for :


Kanguru Pohon atau Kangpho merupakan satwa marsupial atau mamalia yang memiliki kantung di perutnya. Hewan ini sangat langka dan hanya bisa ditemui di Papua. Berbeda dengan kanguru pada umumnya, kanguru pohon memiliki bobot tubuh yang lebih ringan.

Kangpho sebagai maskot memiliki rumbai pada bagian kepala dan pinggang, sebagai tambahan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan khas Papua. Pada ikat pinggangnya terdapat ukiran dan bagian depannya terdapat mahkota dengan tampilan ilustrasi gunung bersalju yang merupakan puncak Gunung Jayawijaya.
Burung Cendrawasih atau Drawa merupakan jenis burung pengicau berukuran sedang dan Panjang 34 cm. Burung cendrawasih hanya bisa kita temukan di Indonesia bagian timur, seperti pulau-pulau di Selat Torres dan Papua, Papua Nugini dan bagian timur Australia.

Drawa digambarkan menggunakan mahkota dan rumbai serta medali yang disematkan pada bagian dada serta diikat dengan tali merah putih. Hal ini menggambarkan kebersamaan perebutan medali dalam bingkai NKRI.
Sedangkan pada bagian tubuh Drawa diberi warna orange yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih. Warna kuning di kepala Drawa merupakan warna asli cendrawasih melambangkan semangat, kehangatan dan kegembiraan. Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX.

Tertarik dengan PON XX Papua? Yuk follow akun-akun resminya!

Website

Instagram

Youtube

Twitter

Facebook




mochamad063
thoto
anton2019827
anton2019827 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan