adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
[ASK] Gimana Pendapat Agan & Sista Soal Nikah Muda?

Usia berapa sih emang harusnya orang itu menikah? Emang bener kalau masih di bawah umur 25 emosinya jadi gak stabil? Finansial belum siap, mental juga? Nanti anak gimana pendidikannya? Kita mau makan apa?

Pertanyaan di atas banyak banget dilontarin ketika diajak nikah muda, dari mulai orang tua, temen deket, sampe diri sendiri aja kayaknya bertanya-tanya, iya gak, Sist? Meningkatnya kasus perceraian dan kondisi pandemi yang membuat segalanya gak pasti, emang rasanya serem untuk nikah muda. 

Kalau Agan & Sista liat sosial media sekarang, kayaknya lagi booming banget orang yang cerai dengan berbagai macam alasan bahwa pernikahan mereka udah gak bisa dipertahanin. Di Indonesia sendiri sebenernya, umur minimal untuk menikah ada 19 tahun. Di bawah itu bisa dibilang pernikahan di bawah umur dan gak boleh!


Akhirnya ane penasaran nih, gimana sih tanggapan orang lain soal nikah muda? Apakah mereka punya pengalaman atau pandangan soal nikah muda. Dari kaum cewek dan cowok yang ane tanya, ternyata jawabannya di luar dugaan. Kirain ane mayoritas cewek bakal jawab mendukung nikah muda, ternyata nggak, sist.


Photo by Emma Bauso  from Pexels


Nikah di umur yang masih muda emang punya resiko yang lebih berat dibanding ketika kita sudah cukup umur. Kenapa? Karena mental dan pikiran masih ‘labil’. Mungkin alasan untuk menghindari zinah bisa jadi salah satu yang paling valid banyak dipakai. Sadar gak sih, walaupun itu bener tapi bisa-bisa umur pernikahan kita terancam? Menikah adalah kewajiban, tapi menikah juga harus didasari kesiapan secara mental dan finansial.

Biasanya yang banyak dicari di usia remaja adalah kebebasan. Fakta yang terbalik yaitu ketika menikah, kebebasan itu gak bisa kalian milikin secara full karena punya tanggung jawab di rumah tangga. Istri harus mengurus suami dan segala kebutuhan rumah tangga dan suami juga begitu. Harus mencari nafkah dan bisa menjadi imam. 

Gampang kali ya kalau ngomong? Di prakteknya aja kadang harus ada trial & eror. Nikah di umur yang masih muda berarti kalian harus siap mengalahkan ego secara individu dan mulai memikirkan efek perlakuan kalian untuk orang lain. 


Punya ikatan dan deket sama anak selayaknya temen, pasti yang dipengenin setiap orang tua dong? Kelebihan dari melepaskan masa lajang secara cepat bisa dibilang adalah lengket dengan anak karena generasi yang tidak terlalu beda jauh. Tapi, akan ada jatuh bangun yang lebih ekstra karena harus melakukan pendewasaan sebelum saatnya.

Contoh ketika menikah umur 19, otomatis ada yang mengorbankan pendidikan atau ada yang ngelakuin segalanya dalam satu waktu, yaitu mengurus rumah tangga dan belajar. Seperti yang kita tau itu gak akan mudah. Ya, hidup emang ada yang mudah? Hahaha

Sekarang ane pengen tau deh, gimana sih pendapat Agan & Sista tentang nikah muda? Ditambah dengan fenomena yang lagi banyak terjadi akhir-akhir ini? Ane tunggu ya pendapat GanSis!


minhakim20
hoorray
davianjustice
davianjustice dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.4K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan