suzy.zyAvatar border
TS
suzy.zy
Kangpho Dan Drawa, Maskot PON XX Papua Yang Langka


Salam Olahraga GanSis! emoticon-I Love Indonesia

Seperti yang kita ketahuin nih, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan digelar pada Oktober 2021. Setelah sempat tertunda setahun karena pandemi covid-19 yang melanda, akhirnya tahun ini, tepatnya pada 2-15 Oktober PON XX Papua akan digelar.

Stadion Lukas Enembe dipilih sebagai venue utama dari ajang olahraga terbesar di Indonesia ini.Stadion Lukas Enembe ini diklaim menjadi stadion termegah kedua setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta.

PON XX memiliki 2 maskot yang berasal dari hewan langka khas Papua, yaitu Kangpho dan Drawa. Untuk mengenal lebih jauh kedua maskot tersebut, mari simak ulasannya!

1. Kangpho



Kangpho atau Kanguru pohon merupakan satwa marsupial atau mamalia yang memiliki kantung di perutnya. Satu diantaranya yang sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau Dendrolagus Pulcherrimus. Kangpho mantel emas Hewan ini memakan buah dan biji-bijian untuk bertahan hidup. Bagian pipi, leher, dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini dijuluki mantel emas.

Spoiler for :


Kanguru di Indonesia sebenarnya mirip dengan kanguru yang ada di Australia. Hanya saja yang ini jenisnya kanguru pohon.Serupa tapi tak sama, antara kanguru pohon di Papua dan kanguru australia sama-sama memiliki kantung di perutnya. Namun, ukuran tubuh keduanya sangat berbeda. Kanguru pohon memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding kanguru Australia.

2. Drawa



Drawa atau Burung Cendrawasih adalah burung khas Papua yang sangat dijaga kelestariannya. Drawa yang dalam bahasa ilmiah disebut Paradisaea Raggiana adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.

Spoiler for :


Sebagai maskot PON XX Papua, Drawa digambarkan sebagai burung jantan dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya. Sementara bulu bagian dadanya berwarna coklat tua. Uniknya, pada ekornya terdapat dua buah tali panjang berwarna hitam.

Ingin tahu lebih banyak informasi tentang PON XX? Cek saja langsung kesini:
Instagramatau kesini Twitter Facebook

c4punk1950...
eyefirst2
eyefirst2 dan c4punk1950... memberi reputasi
2
2.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan