Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
6 Inspirasi Model Rak Buku Untuk Dekorasi Kamarmu

Pernah terpikirkan untuk mengubah rak bukumu menjadi dekorasi kamar? Dengan berbagai macam modifikasi modern, rak buku yang identik dengan ‘penuh’ dan ‘berantakan’ bisa kamu sulap menjadi pajangan kamar yang indah, lho!

Pertama, tentukan penempatan rak buku yang kamu inginkan—floating  (menempel di dinding) atau standing (seperti lemari pada umumnya). Penempatan ini disesuaikan dengan ukuran kamarmu, tentunya.

Lalu, temukan jenis model rak buku yang cocok dengan gaya dekorasi kamarmu. Untuk kamu yang suka mengoleksi buku, yuk simak inspirasi model rak buku di bawah ini!
1. Rak Buku ‘Mojok’

Ilustrasi rak sudut. (Sumber: IKEA)


Rak buku model ‘mojok’ ini cocok untuk kamu yang memiliki kamar dengan ruang terbatas. Dengan modelnya yang minimalis dan penempatannya yang cenderung ‘mojok’, benda ini tidak akan memakan terlalu banyak ruang di kamarmu.
Sebenarnya, model rak buku ‘mojok’ ini adalah rak buku biasa yang diubah susunannya seolah berbentuk mengikuti lengkung dinding. Kamu juga bisa mengubah sebuah rak dinding berbentuk papan lurus menjadi rak buku ‘mojok’. Yang perlu kamu lakukan hanya susun semua raknya menghadap ke sudut tembok dan membentuk huruf L.


2. Rak Buku Bertingkat

Ilustrasi rak bertingkat. (Sumber: Aliexpress)


Model yang satu ini cocok jika kamu punya cukup ruang untuk menaruh raknya. Tidak hanya buku, kamu juga dapat menyimpan berbagai macam barang lain yang bisa digunakan sebagai hiasan kamarmu.
Gunakan rak buku yang bisa dibongkar pasang agar mempermudah kamu untuk mengubah posisi undakannya jika suatu saat kamu bosan dengan model tersebut. Jangan lupa untuk konsisten dalam mengatur buku-bukumu agar terlihat rapi!



Baca Juga :   Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!


3. Rak Buku Menggantung

Ilustrasi rak gantung. (Sumber: Shutterstock)



Rak buku ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki ruang terbatas di kamar. Posisinya menempel di dinding sehingga lantaimu terbebas dari satu benda yang bisa menambah nuansa sempit.

Namun, jenis model ini bisa menjadi agak tricky untukmu. Beberapa rak buku dinding memiliki ukuran papan yang terlalu kecil, membuat buku-bukumu akan sedikit ‘menonjol’ keluar dari rak. Untuk itu, sebelum membeli rak buku dinding model ini, kamu perlu perhatikan lebar papannya dan sesuaikan dengan panjang bukumu, ya.

4. Set Meja Belajar

Ilustrasi rak buku set. (Sumber: Alibaba)


Untuk kamu yang menginginkan kepraktisan, set rak buku dan meja ini sangat cocok untukmu. Tentunya, tetap harus memperhatikan luas ruanganmu ya karena set ini biasanya memakan cukup banyak spasi.
Rak model ini biasanya ditempatkan di pinggir tengah ruangan. Selain modelnya yang minimalis, kamu juga tidak perlu repot-repot memikirkan posisi meja belajar lagi karena semuanya sudah menyatu dengan rak buku!

Baca Juga :   Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

5. Rak Buku Pohon

Ilustrasi rak pohon. (Sumber: Mejaminimalis)



Dengan modelnya yang unik dan sedikit nyentrik, kamu bisa pilih jenis rak buku ini untuk menambah dekorasi kamar! Biasanya, rak buku pohon ini tersedia dalam bentuk terpisah dan harus kamu rakit sendiri nantinya. Jadi, kamu bebas menyesuaikan bentuk pohon sesuai yang kamu mau.

Untuk melihat inspirasi bentuk rakitan rak buku pohon ini, kamu bisa coba cari dengan kata kunci ‘tree bookshelf’ di mesin pencarian. Tidak hanya di lantai, rak buku jenis ini juga cocok untuk ditempel di dinding.

Baca Juga :   Tips Menghias Meja Kerja agar Lebih Estetik

6. Bookworm Shelf

Ilustrasi rak bookworm. (Sumber: rumahminimalis)


Rak buku ini disebut dengan bookworm karena bentuknya yang menyerupai worm atau cacing. Meskipun modelnya terlihat lucu, rak ini juga bisa jadi agak tricky. Bentuk rak yang melengkung akan membuat penempatan bukumu menjadi acak sesuai dengan lengkungannya.
Untuk model rak yang satu ini, sepertinya kamu harus katakan selamat tinggal pada susunan buku yang lurus dan rapi!
Nah, itu lah 6 inspirasi model rak buku yang bisa kamu gunakan sebagai hiasan kamarmu. Model manakah yang paling kamu sukai, GenK?



macaulay
macaulay memberi reputasi
1
3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan