si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Tradisi Bersih-Bersih Mesjid Dan Lingkungan Setiap Memasuki Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang selalu disambut suka cita oleh seluruh umat islam. Bulan dimana umat islam diseluruh dunia melakukan puasa menahan diri dari napsu, lapar dan segala godaan dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Dan gw adalah salah satu orang yang melakukan puasa itu. 


sumber: sindonews.net

Di perumahan tempat tinggal gw, meski tidak seluruh penduduknya beragama islam, tapi ada sebuah mesjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk solat Jum'at dan solat teraweh. Ada sebuah tradisi khusus yang dilakukan oleh pemuda di tempat gw tinggal setiap menjelang bulan Ramadhan, yaitu kegiatan bersih-bersih mesjid dan lingkungan. 



Bersih-bersih mesjid biasanya dilakukan pada H-1 menjelang solat terawih. Karena pada malam ramadhan, mesjid akan sangat penuh digunakan orang-orang untuk solat terawih. Tak hanya warga sekitar yang beribadah di mesjid ini, tapi banyak orang dari perumahan lain yang ikut ibadah di mesjid ini. Selain itu selama bulan Ramadhan, mesjid kami selalau menyediakan hidangan berbuka puasa dan hidangan saur. Itu kenapa kita para pemuda sekitar dan para pengurus mesjid sangat memperhatikan kebersihan mesjid agar tetap nyaman untuk digunakan beribadah dan berbuka puasa. Dan juga bisa menjadi berkah #RamadhanBerkahbagi mereka yang ikut membersihkan dan menyiapkan santap sahur dan buka.



Seperti yang ane bilang sebelumnya bahwa orang yang tinggal di perumahan ini tidak semuanya beragama islam. Ada banyak agama lain yang juga tinggal di perumahan ini. Itu kenapa menjelang Ramadhan juga kita lakukan bersih-bersih lingkungan agar perumahan kita jadi lebih bersih dan kegiatan ini dilakukan oleh seluruh warga. Kalau ada yang berhalangan hadir, biasanya mereka akan memberikan bantuan berupa konsumsi. 


sumber: sumut24.co

Untuk kegiatan bersih-bersih lingkungan ini sebenarnya tak hanya dilakukan saat menjelang puasa, namun pada hari-hari besar lainnya seperti menjelang paskah dan natal, menjelang nyepi(ada beberapa tetangga yang beragama hindu) dan juga menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Karena kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dengan para tetangga agar lebih dekat antara satu sama lain. 

Mungkin ini juga yang menjadi alasan kenapa warga ditempat gw tinggal belum ada masalah hingga sekarang. Karena kita disini memang saling menghormati dan menghargai antara satu sama lain. Sayangnya pada ramadhan tahun ini dan tahun lalu kita tidak menyediakan hidangan berbuka dan saur karena COVID-19. Selain itu yang bisa solat terawehpun dibatasi karena dikhawatirkan menjadi momen penularan virus. Karena kita tidak bisa melarang orang-orang luar untuk ibadah di mesjid kami, jadi salah satu langkah yang kami ambil dengan mengurangi kapasitas penggunanya. Tapi alhamdulillah, solat teraweh tahun ini sudah bisa dilakukan di mesjid. #Ramadhan Berkah.

0
513
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan