mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Nahas! 3 Prank Merugikan yang Berujung Kematian

ayosemarang.com


Prank artinya lelucon, pura-pura, kejahilan yang bertujuan membuat oranglain terkejut, takut, geram, kesal, jengkel, atau berbagai perasaan lain, tetapi orang yang di-prank dilarang marah dan yang nge-prank tidak dianggap bersalah. Itu sudah menjadi kesepakatan umum.

Pernahkah GanSis kena prank? atau justru melakukan prank?

Sejak zaman dulu, prank sudah ada, hanya saja kini kian marak, terlebih berkat hadirnya banyak konten creator yang mengangkat prank sebagai tema konten mereka.

Prank menjadi hal yang lumrah, kadang juga tontonan yang menyenangkan, sehingga banyak orang mungkin menyukainya. Hanya saja, perlu waspada, terutama pihak yang melakukan prank. Jangan sampai prank justru membawa pada situasi bahaya, bahkan berujung maut, sebagaimana 3 peristiwa berikut;


1. Prank merampok


youtube

Sepertinya, demi kontenakhir-akhir ini banyak youtuber yang rela melakukan atau mengorbankan apapun.

Namun yang dilakukan seorang youtuber AS bernama Timothy Wilks ini bisa kita jadikan sebuah pelajaran.

Meski sebenarnya ia hanya berniat jahil, membuat sebuah lelucon, alias nge-prank belaka, nyawanya justru melayang sia-sia.

Bersama temannya, Wilks membuat konten prank dengan pura-pura menjadi perampok di sebuah taman Old Hickory, Nashville, Tennessee.

Agar lebih meyakinkan, ia membawa pisau daging untuk menakut-nakuti korbannya, tetapi nahas, tanpa sepengetahuan Wilks salah satu korbannya bernama David Starnes ternyata membawa senjata api dan menembak Wilks hingga tewas.

Kepada polisi David mengaku menembak Wilks untuk melindungi diri, sebab ia juga tidak tahu menahu jika hal tersebut hanya prank belaka.

Kalau sudah begini, harus bagaimana, coba?


2. Prank bunuh diri


indozone.id

Nasib nahas juga dialami oleh Danny, pria malang yang ingin nge-prank kekasihnya dengan cara pura-pura bunuh diri, tapi mati betulan.

Peristiwa tersebut sebenarnya sudah terjadi pada 1 agustus 2018 lalu, tetapi tetap bisa kita jadikan pelajaran agar berpikir masak-masak sebelum melakukan prank.

Sebenarnya Danny hanya ingin menakut-nakuti kekasihnya, Amy Leaman. Ia berpura-pura mengikatkan leher dengan celana olahraga, lalu menggantungkan diri.

Pada mulanya, Amy menganggap jika Danny benar-benar sedang nge-prank, tetapi lama-kelamaan Amy melihat wajah kekasihnya yang memucat.

Amy panik, langsung menggergaji ikatan di leher kekasihnya, lantas lekas menghubungi ambulan.

Danny sempat dirawat selama 3 hari di rumah sakit sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut Amy, kekasihnya memang orang yang selalu ceria dan suka bercanda. Namun sayangnya, nyawa tentu saja tidak sebercanda itu.

Untuk itu, jangan sekali-kali nge-prank dengan melakukan hal yang membahayakan diri dan nyawa. Itu bukan hanya bodoh, tapi juga gila.


3. Prank tsunami


koranntb.com

Prank sudah ada sejak lama. Terlebih saat 1 april tiba, yang diperingati sebagai April Mop atau April Fools' Day oleh banyak orang.

Di mana tepat pada hari itu, orang dianggap boleh menjahili, memberi lelucon, atau nge-prank oranglain.

Tepat pada tanggal 1 april 1946, gempa bumi bermagnitudo 8,6 skala richter dengan intensitas kerusakan VI (sangat kuat), terjadi di dekat Kepulauan Aleut, Alaska.

Gempa tersebut memicu tsunami di lintas Pasifik dengan ketinggian 40-130 kaki.

Selain menghantam Alaska, tsunami juga menerjang Kauai, Hawaii 4,5 jam setelah gempa dan Hilo, Hawaii 4,9 jam setelah gempa.

Hampir 1000 bangunan rusak dihantam gelombang. Tsunami juga menimbulkan kerusakan di Maui, sebanyak 77 rumah rusak. Sementara masyarakat tidak mendapat peringatan dari Scotch Cap yang hancur duluan. 

Masyarakat juga mengira tsunami tersebut hanya lelucon April Mop, sehingga mengira tsunami hanya kabar bohong semata. Mereka tidak mengungsi.
Sebagian masyarakat tidak mempercayai ramalan cuaca yang juga telah dikeluarkan sebelum tsunami, karena mengira kabar tersebut bohong berkaitan dengan April Mop. 

Akibatnya, korban tewas sebanyak 173 orang di Hilo, dan 163 orang mengalami luka-luka.

Inilah peristiwa kelam April Mop, ketika tsunami dikira lelucon yang justru membuat banyak korban jiwa berjatuhan.

Laman Wikipedia sampai mencatat, tsunami ini dikenal sebagai Tsunami Hari April Mop (April Fools’ Day Tsunami).

Itulah mengapa sebaiknya kita tidak perlu terlalu sering membuat lelucon atau prank. Jika keterlaluan, sesuatu yang serius seringkali malah dianggap sekadar guyonan. Nahas!
rifaye
rifaye memberi reputasi
1
1.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan