Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kerupukloverssAvatar border
TS
kerupukloverss
5 Fakta Kanguru Pohon, Hewan Langka Yang Ada Di Papua!
Haloo Agan dan Sista! emoticon-Hai

 
Kali ini ane akan membahas salah satu hewan yang jadi maskot Pekan Olahraga Nasional (PON)XX Papua 2021, yaitu kanguru pohon.
 
Kanguru yang kita tahu adalah hewan terkenal dari Australia. Tapi, tahu ngga sih kalian kalau di Indonesia juga ada loh kanguru, tepatnya di Papua.
 
1. Pertama kali ditemukan
 
Spoiler for spoiler:


Kanguru Papua pertama kali terlihat di pantai utara Papua Barat oleh para awak kapal layar Belanda “The Trinton”pada tahun 1826. Saat itu mereka mengambil empat specimen untuk dibawa ke Eropa dan diteliti.
 
2. Kemiripan dengan kanguru Australia
 
Spoiler for spoiler:


Kanguru di Indonesia dan Australia sebenarnya mirip, hanya saja kanguru di Papua bentuknya lebih kecil dibanding kanguru Australia yang besar dan kuat. Rata-rata berat kanguru Papua tidak lebih dari 6-20 kg. Bahkan ada yang hanya 3 kg, dengan masa otot sepertiga kanguru Australia. Sedangkan kanguru Australia memiliki berat mencapai 50-80 kg. Lompatan kanguru Papua Papua hanya mencapai 22 cm, jauh lebih pendek dibandung kanguru Australia yang bisa mencapai 2-3 kali lipat.
 
3. Tampilan fisik yang lucu

Spoiler for spoiler:


Tidak kalah lucu dengan kanguru Australia, kanguru pohon atau Dendrolagus memiliki tubuh dengan dua warna gradasi yang indah. Biasanya mereka berwarna cokelat kemerahan, cokelat tua atau abu-abu. Bulunya lembut dan pendek, sangat menggemaskan.
Memiliki empat kaki, dimana kaki belakangnya lebih pendek dari kaki depan mereka yang berukuran panjang. Telinga dan mulutnya kecil, serta ekor berbulu yang panjang sebagai pembantu keseimbangan tubuhnya.

4. Hewan marsupial

Spoiler for spoiler:


Seperti kanguru Australia, kanguru pohon juga memiliki kantong diperutnya yang berfungsi sebagai tempat berlindung anaknya saat masih bayi. Walaupun bertubuh kecil, namun kanguru pohon mampu membawa sang anak selama delapan bulan dan bepergian menjelajahi pohon ke pohon selagi mencari daun sebagai sumber makanannya.

5. Masuk daftar merah IUCN

Spoiler for spoiler:


Kanguru pohon masuk kedalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature), karena populasinya yang rentan punah jika habitatnya tidak dijaga dengan baik. Semua ini disebabkan sistem reproduksi kanguru pohon yang terbatas.
 

Diubah oleh kerupukloverss 20-03-2021 13:34
Tian99999
iskrim
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan