Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Tips Hilangkan Bau Apek Super Irit Pada Helm Kesayanganmu!


Bagi pengendara kendaraan bermotor, khususnya motor, helm menjadi salah satu benda yang wajib digunakan. Bukan untuk menghindari razia polisi ya, tapi helm digunakan demi keamanan sang pengendara. Semakin sering helm digunakan, tentunya akan membuat helm semakin cepat bau, entah karena basah kehujanan atau basah karena keringat dari kepala si pengguna. Nah, oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kalian untuk mencuci helm secara berkala.

Sebenarnya ada kok tempat-tempat yang menyediakan jasa mencuci helm, tapi tentunya hal ini akan menguras kantong. Nah, untuk kalian yang ingin mencuci helm secara hemat, kalian bisa kok melakukannya di rumah.



Bongkar Helm



Tahap pertama yang harus kalian ketika akan mencuci helm adalah membongkar helm. Kamu harus melepaskan beberapa bagian helm yang memang bisa dilepas, mulai dari kaca hingga busa yang ada di tiap sisi helm. Oh iya, ga semua helm bisa dibongkar ya, karena ada beberapa helm yang memang bagian-bagian tersebut tidak bisa dilepas. Jadi jangan dipaksa, nanti kamu malah harus ngeluarin budget lebih untuk beli helm baru karena rusak, ehehe.


Bersihkan Bagian Dalam Helm



Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa peralatan mencucinya ya. Tenang aja, peralatan yang kamu butuhkan cukup sederhana kok, kamu hanya perlu menyiapkan baskom yang berisi air hangat dan sampo bayi. Jika peralatannya sudah siap, kamu bisa mulai tuangkan sabun bayi ke dalam baskom air hangat, jika sudah kamu bisa merendam busa busa helm kedalam air sabun tersebut selama 20 hingga 30 menit. Nah, selagi menunggu busa yang direndam, kamu bisa mengelap bagian kaca helm dengan lap yang sudah dibasahi air hangat dan diakhiri dengan dilap menggunakan kain microfiber. Oh iya, jika busa helm sudah selesai direndam, kalian bisa memeras dan membilasnya dengan air bersih, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari.


Bersihkan Bagian Luar Helm



Tak hanya bagian dalamnya saja yang dibersihkan, kalian juga harus membersihkan bagian luar helm kamu. Untuk bagian luarnya, kalian bisa menggunakan wax pemoles atau minyak kayu putih agar batok helm kamu jadi mengkilap. Oh iya, untuk memolesnya, kalian harus menggunakan kain yang halus ya, supaya helm kamu ga tergores. Jangan lupa untuk memoles sela – sela kecilnya juga ya, kamu bisa bantuan sikat gigi atau korek kuping.


Rangkai Kembali Helm Kamu



Jika kalian sudah selesai mencuci keseluruhan helm dan sudah kering, kalian bisa merangkai kembali helm kamu. Oh iya, saat memasang busa-busanya, kalian harus menempelkannya dengan benar ya. Begitu juga dengan pemasangan kacanya, harus benar-benar terpasang sempurna. Tapi harus hati-hati ya saat memasang kaca helmnya, jika terlalu memaksa takutnya kacanya malah jadi retak.


Gunakan Pewangi



Nah, biar semakin wangi dan bebas kuman, kamu bisa menyemprotkan helm mu dengan pewangi khusus helm. Selain membuat helm wangi, biasanya semprotan khusus helm ini juga sudah mengandung desinfektan.



SUMBER

gabriel.h
yugeel
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan