syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Jangan Ngaku Pecinta Seni Kalau Ga Tau Macam-macam Aliran Seni Pada Seni Lukis!


Dunia seni merupakan dunia yang sangat luas, GanSis. Kalau kita ngomongin seni, ada banyak banget jenis seni yang ada di dunia ini, mulai dari seni rupa, seni musik, seni gerak, seni teater atau pertunjukan, dan juga seni sastra.
Dari sekian banyak jenis seni yang ada, ane mau bahas salah satu jenis seni yang termasuk ke dalam seni rupa, yaitu seni lukis. Seni lukis merupakan salah satu kesenian yang merupakan penngembangan dari menggambar dan dituangkan pada bidang dua dimensi seperti kertas, kanvas, papan dan masih banyak lagi.

Oh iya, seni lukis tak hanya ada satu jenis loh, tapi ada banyak banget aliran seni lukis. Biasanya aliran-aliran seni lukis ini hadir mengikuti perbembangan zaman yang terus berkembang. Nah, untuk kalian yang ngaku pecinta seni, kalian udah tau belum berbagai macam aliran seni lukis ya ada?



Ekspresionisme



Quote:


Ekspresionisme merupakan salah satu aliran seni yang memberikan kebebasan untuk berekspresi, baik dalam bentuk dan warna. Sehingga, aliran ini akan menghadirkan sebuah karya seni dari emosi dalam jiwa. Biasanya karya dengan aliran ekspresionisme ini lebih sering mengungkapkan emosi kemarahan/depresi dibandingkan dengan kebahagiaan.


Abstraksionisme



Quote:


Mendengarnya saja kalian pasti sudah cukup familiar kan? Yap! Abstrak! Aliran ini termasuk dalam aliran non figuratid dan kubistis, sebuah aliran yang menghadirkan bentuk dan warna secara acak. Biasanya aliran abstraksionisme tidak menghadirkan objek secara mentah dan tidak menghadirkan keberadaan objek. Yap! Aliran ini ga menghadirkan bentuk yang ada di alam dan ga memperdulikan bentuk asli dari alam itu sendiri.


Gotik



Quote:


Lukisan yang termasuk dalam aliran gotik biasanya menghadirkan objek objek dengan garis yang tebal dan ramping. Biasanya aliran gotik ini bernuansa objek tokoh suci, raja, ratu dan ksatria dengan latar belakag lukisan berupa rumah ibadah, bangunan klasik, kastil dan kerajaan.


Kubisme



Quote:


Aliran seni yang satu ini biasanya menghadirkan berbagai macam bentuk geometris, mulai dari seperti kubus, segitiga, kerucut, lingkaran, kotak-kotak, segiempat dan bentuk-bentuk geometris lainnya. Selain itu, aliran kubisme juga biasanya hadir dengan warna-warna sangat perspektif.


Pointilisme



Quote:


Pointilisme merupakan sebuah aliran seni yang memanfaatkan titik-titik untuk membuat sebuah gambar. Yap! Untuk menghasilkan sebuah gambar utuh, sang pelukis harus membuatnya dengan menggunakan titik-titik. Biasanya sebuah lukisan aliran pintilisme ini akan terlihat sangat jelas bila dilihat dari jauh, tapi terlihat agak blur jika kamu melihatnya dari dekat.


Realisme



Quote:


Lukisan yang tampak begitu nyata, apa adanya, dan tampak seperti yag ada dalam kehidupan sehari hari tanpa adanya tambaha ntambahan yang terlihat tidak masuk akal. Yap! Lukisan dengan aliran realisme ini memang menggambarkan tentang kehidupan sehari hari.


Romantisme



Quote:


Sebuah karya yang menghadirkan hal romantis melalui lukisan yang fantastik dan indah merupakan seni lukis beraliran romantisme. Biasanya menghadirkan suatu tragedi, pemandangan ataupun sejarah dengan gaya lukis yang dinamis. Selain itu juga tampak emosional, menyentuh perasaan, bersifat kontras dan berkomposisi dinamis.



SUMBER
mapaygawir
yuki26
tien212700
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
10.3K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan