adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Ini Dia Jawaban Mengapa Setelah Vaksinasi Corona Kita Masih Dilarang Kumpul-Kumpul!

Insiden kecaman untuk Raffi Ahmad yang melakukan kumpul - kumpul di hari yang sama setelah dia diberikan vaksin Sinovac untuk pencegahan Corona masih menimbulkan tanda tanya bagi beberapa orang yang tidak begitu paham tentang vaksinasi. Kenapa setelah vaksinasi pencegahan COVID-19 dilarang kumpul - kumpul?

Secara ilmiah, ada penjelasan tersendiri mengenai hal itu. Yang pertama, sistem kekebalan tubuh manusia tidak langsung terbentuk sesaat setelah imunisasi. Butuh waktu yang panjang bagi tubuh untuk memproduksi sel - sel antibodi yang kompleks ketika vaksin disuntikkan. Itulah mengapa yang sudah mendapatkan vaksin masih harus memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, face shield, cuci tangan dan social distancingsebab kemungkinan terjangkit virus masih terbuka lebar ketika antibodi di tubuh belum sepenuhnya terbentuk.

Kedua, tujuan vaksinasi Sinovac adalah untuk mencapai herd immunity yaitu kondisi dimana seseorang bisa kebal terhadap suatu penyakit menular sehingga aman dari penularan. Nah, untuk mencapai kondisi herd immunity inilah yang masih menjadi PR bagi praktisi medis. Sehingga diperlukan adanya pemberian vaksinasi lanjutan di kemudian hari.

Ketiga, masih ada kemungkinan bahwa vaksin yang diberikan tidak berhasil bereaksi di dalam tubuh seseorang jika dosis yang diberikan tidak mencapai herd immunity. Itu juga alasan kenapa vaksin harus diberikan beberapa kali dalam setahun untuk memperbaharui perlindungan pada tubuh akibat virus COVID-19. Kita tidak bisa meremehkan makhluk super kecil berukuran nano ini yang mampu bermutasi menjadi lebih kuat.

Jika virus COVID-19 sudah bermutasi menjadi spesies virus yang baru, diperlukan lagi perubahan formula vaksin yang beredar di pasaran. Jadi memang harus seketat itu kita menjaga diri, patuhi aturan kesehatan yang diberlakukan dimanapun demi kesehatan dan keamanan diri sendiri.

Baik sebelum imunisasi Sinovac maupun setelah mendapatkan suntikan vaksin, kumpul - kumpul tanpa masker tetap dilarang ya gansist! Apalagi tingkat keberhasilan vaksin Sinovac masih belum diketahui efektivitasnya secara pasti karena masih dalam tahap pengembangan. Kita berdoa saja semoga dunia lekas sembuh dan wabah penyakit ini lekas berakhir ya!

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi:
1. Penjelasan Ahli
2. Herd immunity
Diubah oleh adnanami 15-01-2021 07:54
n.h3
rinandya
galigulagalu
galigulagalu dan 20 lainnya memberi reputasi
15
4.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan