Carbone13Avatar border
TS
Carbone13
Penipuan Online di Marketplace Menggunakan Jasa Kurir COD
Halo gan slamat sore , sedikit curhat . sebenernya males ane ungkit-ungkit tapi ini mungkin bisa jadi pembelajaran untuk agan-agan semua . khususnya para seller online terutama yg berjualan di marketplace . 

Kronologi : saya menjual jasa vps di toko hijau . dan buyer membeli jasa ane menggunakan sistem kurir COD , pada tanggal 4 januari 2021 saya kirimkan paket invoice untuk penagihan vps nya yang seharusnya di bayar COD (Cash On Delivery) , kemudian di hari +1 yaitu tanggal 5 januari 2021 (setelah pembelian) buyer marah-marah di chat wa , padahal bisa aja di bicarain apa kendalanya dan ane bisa aja kasih full support untuk jasa nya tapi buyer malah maki-maki dan minta refund dengan cara transfer ke no rekening bank Mandiri . setelah saya transfer dan menurut saya sudah clear masalah ini , Buyer yang seharusnya bayar paket invoice ditempat (COD) , tetapi buyer malah menolak untuk membayar , sehingga orderan otomatis tercancel per tanggal 6 januari dan paket dikembalikan ke ane dan uang pasti kembali ke buyer . 

chat wa dengan si buyer . 

Spoiler for Chat WA:


Spoiler for Bukti pesanan dikembalikan:


Spoiler for Bukti Transfer:




bagi para seller marketplace : hati-hati saja menggunakan kurir yang cod karena bisa di retur balik barangnya ketika sampai (tidak melalui proses retur)  , dan jangan juga langsung transfer refund uang ke buyer .

Trimakasih agan-agan semoga bermanfaat .
Diubah oleh Carbone13 06-01-2021 09:18
cPOP
tien212700
tien212700 dan cPOP memberi reputasi
2
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan