GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Gak Kepikiran, Ini Alasannya Kenapa Ban MotoGP Botak

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas hal yang tidak kepikiran sama kita dulu. Dulu waktu gue nonton motoGP  saya selalu bertanya kenapa ban motoGP dibuat gundul/botak. Nah daripada penasaran langsung saja kita bahas.

Pada dasarnya motor MotoGP membutuhkan grip ban yang biasa disebut traksi untuk mengimbangi kecepatan motor MotoGP yang begitu kencang melebihi 300 km/jam. Dengan bentuk ban sepeda botak memungkinkan para pembalap meningkatkan handling dan pengereman tanpa resiko tergelincir seperti ban biasa. Pasalnya, ban yang tidak memiliki lekukan alias gundul pada bentuk permukaan ban otomatis yang menempel lebih banyak dan memiliki pegangan yang lebih besar.


Tapi mengapa tidak tergelincir saat menggunakan ban gundul? itu disebabkan karena ban yang tidak menggunakan alur pada permukaannya otomatis bagian ban yang menempel pada jalan lebih banyak dari pada ban yang mempunyai alur, dan dengan begitu traksi atau cengkraman ban akan lebih besar dan itu benyebabkan motor tidak mudah tergelincir. Pihak MotoGP juga sudah memperhitungkan dengan menghilangkan alur pada ban dapat meningkatkan handling dan pengereman, sehingga sangat cocok untuk balapan.

Namun ban ini biasanya digunakan dalam kondisi kering, karena pada ban motor balap MotoGP gundul tidak ada aliran yang digunakan untuk mengalirkan air saat melewati genangan air. Anda pasti pernah melihat di saat cuaca hujan para pengendara akan menggunakan alur agar motor tidak tergelincir saat melewati genangan air.

Akan tetap saat lintasan mulai terang maka pembalap akan mengganti motor dengan menggunakan ban kering, karena ban khusus rain racing atau yang memiliki lekukan yang dibuat lebih lembut maka ban matic akan mudah terkikis dibandingkan ban gundul.


Ban botak sebenarnya dapat digunakan untuk harian tapi ban seperti itu hanya digunakan untuk lintasan kering dan sangat tidak disarankan untuk melewati jalanan yang basah, kondisi ban juga cepat tipis karena teksurnya yang lebih lunak dari ban biasanya, maka dari itu ban model seperti ini hanya cocok digunakan untuk balapan yang biasanya hanya menggunakan ban sekali pakai.

Gimana menurut agan semua? Ada yang berpikiran sama seperti gue kenapa ban nya gundul. Nah, sekarang sudah terjawab. Sekian dulu thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat.


Sumber referensi : Pribadi dan Disini
Sumber gambar : Google Image
emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca



MoonWaker
nyonyo2
uddin1
uddin1 dan 47 lainnya memberi reputasi
46
10.3K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan