annlaskaAvatar border
TS
annlaska
Tradisi Megengan Di Lampung Timur


Tradisi merupakan suatu kebiasaan atau kegiatan rutin yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan suatu masyarakat, terutama masyarakat etnis yang ada di Indonesia. Dalam kata lain tradisi adalah segala sesuatu yang diwariskan atau disalurkan dari masa lalu ke masa kini atau sekarang. Ada beraneka ragam tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia, karena Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan kebudayaan.

Kali ini ane akan mengulas salah satu tradisi yang berhubungan dengan peristiwa penyambutan bulan suci Ramadhan yaitu Megengan, yang berada di pulau Sumatra tepatnya di provinsi Lampung.

Sebelumnya mari kita mengenal Megengan terlebih dahulu. Megengan berasal dari kata Megeng, dalam bahasa Jawa yaitu
menahan. Bila dikaitkan dengan bulan Ramadhan, berpuasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu. Dengan kata lain bahwa kata "menahan" dapat diartikan sebagai ibadah puasa, yang artinya pelaksanaan tradisi ini merupakan penanda datangnya bulan suci Ramadhan dan dimulainya ibadah puasa.

Selanjutnya kita akan mengulas tentang tradisi yang dilaksanakan di daerah Lampung Timur. Warga Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan mempunyai tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan berupa pelaksanaan tradisi Megengan. Bagi warga Sukorahayu Megengan merupakan acara rutin yang akan diadakan setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Tradisi ini sebagai salah satu bentuk ucapan rasa syukur warga kepada Tuhan. Biasanya warga melaksanakan acara ini di masjid, dengan bertukar makanan kemudian dimakan secara bersama-sama. Melalui tradisi ini, warga berharap dengan saling bermaafan dapat menyambut bulan suci Ramadhan dalam keadaan hati yang suci nan bersih.

"Tradisi ini tidak ada sangkutannya dengan nilai-nilai ibadah. Ini hanya tradisi bersyukur kami dalam bentuk tukar makanan yang kami makan bersamaan," kata Kepala Desa Sukorahayu, Kasbullah, pada acara Megengan tahun lalu.

Adapun kegiatan lain yang warga Sukorahayu lakukan setelah melaksanakan tradisi Megengan yaitu membersihkan tempat ibadah dan tempat pemakaman umum (TPU).

Jadi tradisi Megengan yang ada di provinsi Lampung tepatnya di Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur merupakan perwujudan dari rasa syukur warga atas diberikannya kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci Ramadhan, dan juga wujud pengharapan warga agar ibadah puasa yang mereka jalani mendapatkan kelancaran tanpa hambatan.



Tradisi Megengan



Makan bersama di Masjid



Makanan pada saat Megengan



Membersihkan tempat ibadah


Membersihkan tempat pemakaman umum (TPU)


Cukup sekian thread dari ane tentang ulasan mengenai Megenganyang ada di provinsi Lampung. Terima kasih atas kunjungan manteman di thread ane.
Tutup kata tetap jaga kesehatan, kebersihan, dan harus selalu tersenyum ya manteman 😀

Salam persahabatan dari Ann Laska ✌️



Sumber Referensi : Klik
Sumber Gambar :
1
2
3
4
Diubah oleh annlaska 15-05-2020 00:51
zafinsyurga
nona212
kutuloncat668
kutuloncat668 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
364
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan