sekkarAvatar border
TS
sekkar
Fenomena Bullying yang Dialami Content Creator








Fenomena yang terjadi saat ini banyak sekali content creator yang menjadi objek hinaan di media sosial. Dimulai dari perdebatan yang ditimbulkannya seperti postingannya yang menimbulkan pro dan kontra, pemahamannya yang tidak sejalan dengan banyak pembaca. Cercaan dan bullying menjadi hal biasa.



Banyak content creator yang memilih mundur karena terlalu banyak hujatan, banyak juga yang tetep chill. Toh, banyak juga content creator yang namanya melejit naik karena dimulai dengan banyaknya hujatan? Apakah hujatan merupakan salah satu jalan supaya nama creator itu terkenal? Semua itu kembali ke tiap creator itu sendiri.


Quote:





Neng akan membahasnya dari sudut pandang neng sendiri.



Neng mulai kupas dimulai dari pemicu masalah, yaitu content creator. Kini, masyarakat sudah banyak yang melek internet. Banyak masyarakat yang ingin menambah ilmu dari internet. Sayangnya, tidak semua content creator memiliki latar belakang jurnalisme. Banyak diantaranya dan termasuk neng sendiri belajar menulis secara otodidak, yaitu dengan memperbaiki tulisan secara bertahap dan juga belajar dari kesalahan juga.

Bullying yang ada di internet itu berbeda dengan bullying yang diterima langsung dari temen-temen sekolah. Bullying yang diterima dari postingan di internet berdasarkan dari pemikiran, berbeda dengan bullying dari temen-temen sekolah yang biasanya tanpa alasan jelas. Neng saat membuat thread dengan pemikiran yang tidak umum, neng pasti mendapatkan cercaan. Lalu apa yang akan neng lakukan saat kondisi itu. Di saat itu neng mengelola bullying menjadi suatu apresiasi dari pembaca. Bisa apresiasi yang baik, dan bisa juga apresiasi yang buruk



Sekarang neng memposisikan sebagai pembaca. Pembaca akan melihat tulisan neng sebagai objek. Bebas mengetik apapun di kolom komentar. Bagi pembaca beberapa cercaan tujuannya banyak juga yang membangun, banyak juga yang menjadi yang ingin menambahkan tulisan dari creator, banyak juga yang hanya sekedar menghina. Itu semua lumrah.



Sekarang bukanlah jaman untuk menggalakkan kampanye anti bullying kepada content creator. Biarlah keduanya berdampingan, perbedaan itu indah. Dari perbedaan bisa melahirkan diskusi dan membuka wawasan. Sayangnya, internet itu bisa digunakan secara anonim dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.



#989 emoticon-Paw








infinitesoul
andretarina
nona212
nona212 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan