widokoAvatar border
TS
widoko
Geleng Kepala! Mudik Dilarang, Aksi-Aksi Nekad Ini Pun Dilakukan untuk Mengelabuinya
Covid - 19 yang menyerang tanah air memaksa pemerintah untuk menerapkan kebijakan-kebijakan yang mungkin tidak populis bagi warganya. Salah satunya adalah larangan untuk mudik atau pulang ke tanah kelahiran pada momen hari raya.

Bagi sebagian, dan mungkin banyak orang, mudik adalah momen spesial yang tidak bisa tergantikan dengan momen-momen yang lain. Apalagi yang tidak lagi beraktifitas kerja karena dampak Corona. Menetap di Ibu Kota tanpa mengerjakan apa-apa di momen hari raya sungguh bukanlah sesuatu opsi pilihan yang indah untuk dikerjakan. 

Maka tak heran jika banyak diantara para pemudik melakukan segala cara agar bisa mudik. Hal-hal aneh dan mungkin nyeleneh pun dilakukan agar lolos dari hadangan petugas. Berikut diantaranya:

1. Sembunyi di Bagasi Bus


Pemudik di Bagasi Bus di Sekitar Wilayah Cikarang (Sumber: pikiran-rakyat.com)


Demi bisa mudik para penumpang rela untuk bersembunyi di bagasi bus. Hal itu terjadi di sekitar daerah Cikarang Jum'at 24 April 2020. Ada informasi bahwa ada pencegatan bus mudik untuk kembali ke Jakarta. Crew bus ingin mengembalikan ongkos tetapi penumpang tidak mau. Akhirnya terjadi negosiasi dan penumpang memilih untuk bersembunyi di bagasi.

2. Menggunakan Towing


Pemudik Menggunakan Truck Towing di Semarang (Sumber: merdeka.com)


Pemudik ada yang menggunakan truck towing untuk mengelabui petugas. Misalnya yang terjadi di Kota Semarang. Sebuah truck towing mengangkut sebuah mobil yang dibungkus di Taman Unyil pada hari Minggu (3/5). Lokasi sekitar perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.

3. Dalam Pick Up Kerupuk


Pemudik di Pick Up Krupuk di Cilegon (Sumber: suara.com)


Pemudik yang tertangkap petugas di Pospom Gerem Bawah, Cilegon, Banten termasuk kreatif dan bikin geleng kepala. Pasalnya mereka mudik dengan menyamar di bawah krupuk yang diangkut pick up. Petugas curiga karena pick up tersebut terlihat membawa krupuk berlebih.

4. Mobil dalam Truck


Mobil dalam Truck di Cilegon (Sumber: merdeka.com)


Ada juga pemudik yang mengangkut mobilnya dalam truck. Seperti yang terjadi di Cilegon Minggu (3/5). Demi bisa mudik ke Sumatera seorang pemudik mengangkut mobilnya di dalam truck barang.

5. Dengan Mobil Box


Pemudik dalam Mobil Box Tertangkap di Bakauheni (Sumber: merdeka.com)


Ada juga pemudik yang mudik menggunakan angkutan mobil box. Hal itu dilakukan oleh 12 orang pemudik dari Lampung yang akan ke Pelabuhan Merak, Cilegon. Mereka tertangkap petugas di Pelabuhan Bakau Jaya, Bakauheni Lampung.

Itulah beberapa aksi nekad yang dilakukan pemudik untuk sampai di kampung halaman di momen hari raya. Orang tua, keluarga,  sanak famili dan kampung halaman dengan segala momennya saat hari raya adalah hal yang tidak bisa digantikan. Hal itu mungkin tidak dapat dirasakan bagi yang kebetulan tidak pernah mengalami mudik seperti mereka.

Tetapi saat ini ada wabah Corona yang perlu diperangi bersama. Semoga semua pihak dan para saudara kita bijak menyikapinya...I]



Referensi:

1. https://mantrasukabumi.pikiran-rakya...tugas?page=2 

2. https://www.suara.com/otomotif/2020/...gar-bisa-mudik

3. https://www.merdeka.com/trending/100...-kepala.html 





 
Diubah oleh widoko 04-05-2020 22:46
4iinch
infinitesoul
nona212
nona212 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
1.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan