cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Portal Berita Online Indonesia Paling Banyak dikunjungi, No 2 Raja Clickbait
Di era digital serti sekarang ini masyarakat sudah sangat mudah untuk mengakses informasi dengan cepat dengan gadget mereka. Tak perlu lagi pergi ke lapak koran untuk mengetahui update berita terbaru. Hal seperti ini memang sudah biasa bahkan lebih dari sedekade yang lalu. Namun saat ini pengguna dan pengakses internet di Indonesia terus bertambah dan melimpah sehingga informasi semakin cepat di dapat. Akibatnya, tak jarang beredar berita hoax yang menunjukan kurangnya literasi masyarakat kita.

Masyarakat Indonesia sendiri selain suka mengakses media sosial juga suka membuka portal berita walaupun ujung-ujungnya ribut masalah politik di kolom komentar. Sejak era 1990an di mana internet baru muncul di negeri ini hingga sekarang sudah banyak situs atau portal berita online. Nah, lalu portal berita online mana saja yang menjadi top dan terpopuler berdasarkan rank Alexa? Berikut ulasannya gan.

1. Okezone.com

Portal berita yang dimiliki oleh MNC Media ini didirikan pada 2007 dengan menjangkau semua kategori berita. Menurut data di situs Alexa pada April 2020, Okezone.com menjadi portal berita paling banyak dikunjungi di Indonesia mengalahkan DetikCom. Salah satu alasan kenapa peringkat Okezone.com meningkat menurut ane adalah karena portal ini iklannya tidak terlalu berlebihan dan tidak membuat loading dan scrolling menjadi berat. Selain itu judul beritanya pun tidak terlalu berlebihan.

2. Tribunnews.com

Ini dia media online yang seakan menjadi tokoh antagonis di internet. Bukan hanya menjadi musuh bagi para blogger namun juga pembaca itu sendiri. Ya, media yang terkenal dengan clikcbait dan judul bombastis ini menempati urutan kedua sebagai portal berita paling banyak dikunjungi di Indonesia berdasarkan data Alexa. Banyak yang tidak menyukai Tribunnews karena kualitas jurnalisme yang alakadarnya, laman yang tidak nyaman, hingga artikel pendek yang dibagi menjadi banyak halaman sehingga tidak efisien boros tenaga dan kuota.

3. Kompas.com

Di tempat ketiga, ada Kompas.com yang merupakan portal berita daring yang sudah ada sejak 1995 dan merupakan bagian dari surat kabar Kompas. Namun jangan berharap kualitas berita dan liputan Kompas.com bisa selengkap dan sedalam dengan versi premium yang berbayar di Kompas.id. Karena bahkan sekarang ini Kompas.com menurut ane loadingnya jadi berat karena iklan. Selain itu, artikelnya juga dibagi menjadi beberapa halaman dan kurang efisien.

4. DetikCom

Berbeda dengan portal berita lainnya yang berawal dari surat kabar cetak, DetikCom sedari awal sudah menjadi portal berita digital dan berdiri sejak 1998. Sempat menjadi nomor 1 kini harus tergeser dan berada di peringkat keempat. Kenapa bisa turun? Menurut ane karena DetikCom sekarang situsnya menjadi berat dan adanya banner iklan yang besar setiap kali membuka artikel. Kemudian lagi-lagi satu artikel dibagi beberapa halaman yang menjadikan pengalaman membaca menjadi kurang nyaman.

5. Liputan6.com

Nah, yang kelima ada Liputan6.com yang sebenarnya merupakan salah satu situs berita tertua di indonesia karena sudah diluncurkan pada 2000. Sejak beberapa tahun yang lalu, kunjungan pembaca ke situs Liputan6.com terus meningkat. Meskipun iklannya membuat loading agak berat, namun situs ini artikelnya tidak dibagi-bagi menjadi banyak halaman. Namun di setiap paragraf akan muncul loading animasi untuk membuka paragraf baru.

Nah, gan. Mana yang paling sering agan kunjungi. Kalau ane sih justru lebih senang ke tirto.id emoticon-Ngakak

Quote:
infinitesoul
sebelahblog
deal71
deal71 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan