uni214Avatar border
TS
uni214
Inilah Tradisi Sahur yang Dirindukan

Welcome To My Thread


Halo agan dan sista semua? Masih semangat berpuasa di hari pertama ini? Gimana nih pengalaman sahur hari pertama? Biasanya memasuki bulan suci ramadhan akan ada tradisi melaksanakan sahur berbeda-beda tiap kampung bahkan tiap wilayah.

Sebelum pandemi corona, tiap orang di kampung akan berlomba-lomba sekreatif mungkin untuk membangunkan warganya ketika sahur hingga melaksanakan sahur. Dari anak-anak kecil hingga bapak-bapak pun punya cara masing-masing untuk melakukan tradisi sahur ini, bahkan melakukan bakti sosial ketika sahur. Mari kita simak tradisi ketika sahur yang dulu kita lakukan dan pada puasa kali ini tidak dapat kita lakukan ya gan dan sis!

1. Membangunkan Warga dengan Beduk dan Berkeliling Kampung

Spoiler for Ilustrasi keliling kampung:
sumber gambar

Ketika bulan suci ramadhan tiba, biasanya anak-anak akan membawa beduk mesjid bersama-sama dan menabuhnya keliling kampung untuk membangunkan para warga ketika sahur. Sayangnya kegiatan itu saat ini tidak dapat dilakukan karena adanya larangan Pemerintah untuk berkerumun dengab orang banyak. Bikin kangen ya gan dan sist?

2. Membangunkan Warga dengan Menggunakan Petasan

Selain dengan beduk mesjid, galon, dan ember beberapa orang ada yang ekstrem lho gan dan sist! Mereka membeli petasan untuk membangunkan orang ketika sahur. Beberapa orang yang melakukan ini menamakan tindakannya sebagai prank.

Spoiler for Bangunin tetangga sahur pake petasan:
sumber video

Tolong video diatas jangan ditiru ya gan dan sist, bangunin sahur cukup gunakan beduk mesjid saja.

3. Membangunkan Warga dengan Pawai di Jalan dan Menabuh Berbagai Alat

Spoiler for Keliling Kampung:

sumber gambar

Tidak hanya petasan dan beduk saja, biasanya anak-anak muda akan membawa alat-alat rumah tangga seperti ember cat, galon, kaleng kue bahkan wajan dan panci lalu menabuhkannya keliling kampung untuk membangunkan para warga ketika sahur.

4. Sahur di Jalan atau Sahur On The Road

Sahur di jalan atau yang lebih di kenal Sahur On The Road (SOTR) dilakukan oleh komunitas-komunitas di masyarakat biasanya yang melakukan SOTR adalah komunitas otomotif baik roda 2 ataupun roda 4. Mereka akan berkumpul dari satu titik ke titik lainnya sembari untuk melakukan bakti sosial dengan membagi-bagikan makanan sahur kepada orang-orang jalanan yang mereka temui.

Spoiler for Sahur di jalan:


Itulah beberapa tradisi melaksanakan sahur di tahun lalu yang tahun ini mungkin tidak dapat kita lakukan. Kira-kira apakah tradisi ketika yang ada di kampung agan dan sista? yuk berbagi cerita di kolom komentar..

Terimakasih telah mampir, Jangan lupa emoticon-Cendol Gan dan emoticon-Rate 5 Star

Narasi : Yunike Selviana
Lampung, 24 April 2020

Spoiler for Berbagi cendol:


deal71
nunu403
onik
onik dan 284 lainnya memberi reputasi
285
6.7K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan