han766Avatar border
TS
han766
APA KABAR HUKUM DI INDONESIA? MASIHKAH RUNCING KE BAWAH?


Indonesia kita merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam negara hukum. Hukum adalah aturan yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita dimana tiap-tiap sendi kehidupan kita berada dalam naungan hukum

Hukum selain untuk melindungi kita dari penyalahgunaan kekuasaan, hukum juga digunakan untuk menegakkan keadilan. Tapi bagaimana jika hukum berlaku hanya untuk sebagian orang saja?

Berbicara masalah hukum, maka tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari jenis hukum, pembuat hukum, sampai yang melanggar hukum itu sendiri. Semakin banyak hukum atau aturan, semakin mudah pula pelaku hukum akan melanggar. Contoh kecil yang bisa kita saksikan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari, di dalam keluarga, sekolah, perusahaan dan lainnya. Setiap ada kehidupan, di sana juga ada hukum. Di Indonesia ini sangat mengedepankan sebuah hukum, akan tetapi hukum di Indonesia hanyalah sebatas simbolis yang mereka ajukan untuk mata dunia.




Hukum dibuat sebanyak-banyaknya, dipublikasikan tapi tidak dipraktikkan. Sudah menjadi kebiasaan buruk bagi aparat negara yang saat ini menduduki kursi kekuasaan, mereka mengaggap bahwa tak ada hukum baginya jikalau uang tetap mengalir untuk penegak hukum. Uang telah menghapus hukum bagi siapa yang memilikinya. Lantas untuk apa dibuat hukum jika hukum itu sendiri tidak berkutik saat dihadapkan dengan uang.




Keadilan di negeri ini seakan barang lelang. Siapa yang yang lebih tinggi menaruh harga, maka dialah yang akan menjadi pemenangnya. Di manakah letak keadilan yang sesungguhnya? Penegak hukum yang memiliki pengetahuan jauh lebih tinggi tentang hukum dibanding mereka yang melanggar hukum. Ternyata saat ini malah dibodohi oleh permainan rupiah.





Maraknya pelanggaran-pelanggaran terhadap hukum negara berawal dari budaya suap-menyuap. Maka tidak ada rasa takut terhadap ancaman hukum, sehingga mereka berani melanggarnya. Orang-orang yang berani melanggar hukum tersebut bukanlah orang-orang kecil dan bodoh yang tidak mengerti sepenuhnya tentang hukum, melainkan orang-orang besar dan berpendidikan tinggi yang telah merusaknya. Kekuasaan yang dimiliki menjadi senjata ampuh bagi mereka saat terjerat pelanggaran hukum. Suap-menyuap terjadi begitu mulus di mana-mana.

Yang terjadi saat ini merupakan cerminan bahwa hukum di Indonesia begitu lemah. Pengadilan yang akan ditegakkan digiring, disundul, kemudian ditendang cukup jauh oleh salah satu pihak.




Hukum dipermainkan oleh aparat negara seolah hanya sebuah tulisan untuk bahan bacaan. Kurangnya kesadaran terhadap pentingnya penegakan hukum dalam bernegara menyudutkan hukum-hukum yang dibuat. Menyadarkan pelanggar hukum untuk menegakkannya sangatlah mudah. Cara yang efektif untuk hal ini adalah menegakkan hukum dengan sebenarnya tanpa memandang bulu. Biarkan hukum mengalir tanpa ada sendatan yang membuat hukum tidak berlaku untuk pihak tertentu.

 

 

Tulisan : Opini pribadi @han766
Gambar : Google
Diubah oleh han766 20-04-2020 10:41
4iinch
infinitesoul
sebelahblog
sebelahblog dan 77 lainnya memberi reputasi
76
2.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan