Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Keuntungan Menggunakan Nitrogen Untuk Angin Ban

Fasilitas untuk pengisian angin dengan nitrogen sekarang udah banyak dan mudah ditemui. Selain di outlet – outlet penjual ban, nitrogen juga tersedia di SPBU. Dengan ini pengendara mobil dan motor pun mulai banyak yang mengisi angin ban kendaaran mereka dengan nitrogen. 


Mengisi ban dengan nitrogen, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kendaraan, baik manfaat jangka panjang ataupun jangka pendek:

Tekanan angin lebih stabil

Tekanan angin di dalam ban dapat berubah karena dipengaruhi oleh faktor tertentu misalnya suhu. Hal ini pula yang menyebabkan ban mudah kempis atau meletus. Namun, masalah ini tidak akan terjadi jika Agan dan Sista mengisi ban dengan gas nitrogen. Nitrogen merupakan unsur yang bersifat stabil dan tidak mudah dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan. Karena itu, mengisi angin ban dengan nitrogen akan membuat tekanan angin dalam ban lebih stabil. Nah, dengan tekanan ban yang stabil, otomatis ini akan membuat ban motor jadi tahan lama dan gak gampang kempis.

Tidak mengandung air yang bahaya untuk velg dan ban

Angin yang biasa digunakan untuk mengisi ban motor memiliki sifat mudah bereaksi dan dapat menimbulkan embun air. Jika dibiarkan, lama-kelamaan hal ini akan menyebabkan karat pada velg. Ditambah, adanya air ini akan membuat ban menjadi lebih berat sehingga dapat mengganggu kegiatan berkendara sehari-hari. Namun, lain halnya jika ban motor diisi dengan gas nitrogen. Nitrogen sendiri merupakan unsur yang sangat stabil dan tidak mengandung air. Sehingga, mengisi angin ban motor dengan nitrogen dapat membuat velg dan ban lebih tahan lama karena tidak mengandung air.

Bentuk dan ukuran ban lebih terjaga


Sifat nitrogen yang stabil dan tidak mudah bereaksi membuat tekanan ban menjadi stabil dan tahan lama. Hal ini membantu membuat ukuran membuat ukuran serta bentuk ban menjadi lebih terjaga. Lain halnya jika ban diisi dengan udara biasa yang tidak stabil dan mudah bereaksi. Tekanan yang tidak stabil ini membuat ban mudah kempis atau mengembang yang lama-kelamaan akan mengubah bentuk ban.

Jadi irit bahan bakar

Partikel nitrogen memiliki ukuran yang besar dan tidak mengandung air. Mengisi angin ban motor dengan nitrogen juga akan membuat ban mengembang dengan sempurna. Alhasil, cengkeraman ban menjadi stabil dan permukaan ban dapat menempel dengan sempurna di jalanan. Hal ini akan menyebabkan kerja mesin lebih ringan dan dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

y4ns4n
nona212
tien212700
tien212700 dan 64 lainnya memberi reputasi
65
3.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan