ibliss666Avatar border
TS
ibliss666
Jangan Pelihara Sugar Glider Kalau Ga Mau Hal ini Terjadi


Hai agan sista.. Tahu Sugar Glider? Sodara jauhnya bajing loncat yang bisa meluncur sampai 50meter emoticon-Big GrinHewan nya lucu loh.. matanya belo, kulitnya lembut, tatapannya imut emoticon-Hammer Kebiasaannya juga menggemaskan.. senang bermain dan bisa dilempar2 emoticon-Ngakak (S)



Dinamakan Sugar Glider mungkin kayak sugar daddyemoticon-Genit gak ding, mereka suka makan makanan manis kayak buah, nektar, sampai kadal juga mau. Masuk Omnivora berarti yah, ga terlalu sulit mendapatkan makanan untuk mereka.. Bahkan bisa pakai bubur bayi karena vitaminnya lengkap, tapi mereka tetap harus makan makanan alaminya ya biar sehat selalu.

Sugar Glider usianya bisa mencapai 15 tahun nih, jadi bisa menemani kita sampai tuaa ~ Lalu mereka juga bisa dikantongin kalau mau diajak keluar emoticon-EEK! ukurannya segitu-gitu terus soalnya, ga nambah gede..


Sebelum memelihara nih kita harus mempunyai info mendasar dari sifatnya Sugar Glider ini biar ga kaget emoticon-Big Grin




1. Bau
Sugar Glider ini memiliki bau yang khas, yang ga ilang walau sudah dimandiin, jadi selain kotorannya juga agan sista harus tahan sama bau badan doi emoticon-Ngakak

Bau dari pejantan lebih menyengat lagi, bau ini dikeluarkan dari kelenjar kuning yang ada di tenggorokannya dan keluar saat usianya sekitar 6-7bulan.. Kayak kucing yang suka meninggalkan bau, Sugar Glider juga menjadikan bau ini sebagai penanda kekuasaan atau sedang ingin kimpoi.

2. Buang Kotoran
Jangan harap bisa melatih hewan ini untuk pup di tempatnya emoticon-Ngakak (S)Bakal sulitt dan harus memiliki kesabaran ekstra. Mana bau pipisnya menyengat banget. Amati kapan mereka akan buang kotoran biar sigap naro di tempat pipisnya.

3. Menggigit
Kalau baru beli maka agan sista harus siap tergigit karena agan orang baru yang harus berkenalan terlebih dulu. Lama-lama gigitannya semakin melemah alias tidak sedang dalam mode mempertahankan diri, tapi tetap aja menggigit karena ngajakin bermain emoticon-Ngacir

4. Berisik
Jangan lupa kalau ni hewan adalah nocturnal alias aktif di malam hari, pasti saat malam ya kalau ga main-main ya teriak-teriak emoticon-Hammer (S) Jadi agan sista harus terbiasa dengan suara-suara yang dihasilkan ya .. Kalau siang emang agak anteng sih, paling melek sambil nengok dari kandangnya..kalau diganggu baru keluar dan ngajak mainan.

5. Bermain
Sugar Glider suka dielus-elus, ngajakin main dan menemani melompat-lompat serta terbang adalah salah satu kegiatan yang bisa dihabiskan bersama mereka. Sediakan juga roda olahraga agar mereka tidak bosan, bisa juga menyisihkan waktu atau beri jadwal untuk bermain dengan mereka, mainkan bulu atau usik mereka agar mau keluar dari kandang.

6.Menggigil



Pastikan kandang yang disediakan memiliki tempat hangat agar mereka tidak kedinginan, bisa pakai kain atau kandang yang tidak terkena angin. Kalau ane pakai tempurung kelapa yang dilubangin biar 'kruwelan' di dalam ni bocah-bocah emoticon-Ngakak (S)

7. Panjat Kandang
Kalau Sugar Glider terlihat memanjati kandang atau keliling kandang berkali-kali itu tandanya ia bosan atau kesepian dan perlu bermain di tempat yang tergolong luas. Sugar Glider yang kesepian seperti itu bisa mengakibatkan stres.

8. Pincang
Sugar Glider yang terlihat tidak normal jalannya seperti kaki belakang yang terseret itu tandanya ia kekurangan kalsium dan perlu ke dokter hewan.

9. Memakan Kotoran Sendiri
Ini menandakan bahwa dalam tubuh ada vitamin yang kurang dan harus dibawa ke dokter hewan untuk penanganannya.

10. Luka pada leher
Luka ini biasanya diakibatkan oleh Sugar Glider yang satu kandang, terlebih dari Sugar Glider jantan yang kerap menggigit betina. Lebih baik di bawa ke dokter hewan karena gigitan Sugar Glider mengandung bakteri dan ditakutkan akan terjadi infeksi.

11. Induk Memakan Anaknya
Hal ini kemungkinan disebabkan karena induk yang kurang pengalaman, adanya tekanan yang dirasakan, pakan yang tak seimbang, serta anakan yang abnormal, kemungkinan induknya tidak ingin anaknya hidup. Apabila induk keluar dan anakan (joeys) menangis namun induk tidak mau mendekat itu juga menjadi salah satu pertanda bahwa induk menolak anaknya, sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu.


Sebenarnya masih banyak tingkah laku Sugar Glider namun beberapa diatas sudah sedikit mewakili nih..Jangan kaget dalam memelihara mereka ya, harus dipekajari lebih dulu.kalau ga mau hal-hal di atas terjadi, urungkan niatnya emoticon-Ngakak (S)#mumpungdirumah jadi main sama Sugar Glider lebih panjang waktunya #dirumahaja emoticon-Cendol Gan

Konten Sensitif
Diubah oleh ibliss666 12-04-2020 04:33
hansipjutek
jozellotte
onimanimallover
onimanimallover dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan