Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
[COC Regional : Kesenian] Sisingaan, Kesenian Tradisional Khas Sunda yang Penuh Makna
Sisingaan, kesenian tradisional khas sunda


Assalamualaikum Agan dan Sista terkece sejagad Kaskus raya. Bertemu lagi dengan ane, dalam rangka mengikuti COC Regional Serentak. Kali ini ane akan mengenalkan sebuah kesenian yang cukup terkenal di tanah Sunda, tempat ane berdomisili sekarang, area Bandung.


Jika Gansist tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya, pasti sudah mengenal apa yang disebut dengan Sisingaan. Ya, sisingaan adalah kesenian khas Sunda yang bermula dari Subang, dimana sebuah patung atau objek berbentuk singa, ditandu oleh beberapa orang, lalu orang tersebut menari-nari mengikuti irama musik yang disediakan. Menariknya, diatas patung atau objek tersebut, duduk seorang anak yang didandani layaknya raja. Kesenian ini biasanya digunakan saat acara khitanan anak, dan anak yang dikhitan tersebut duduk diatas patung singa.



Sumber : mediajabar.com


Kesenian sisingaan mulai ada pada tahun 1975, asal mulanya dari daerah Subang. Namun seiring perkembangan nya, penyebaran Sisingaan sangat cepat, dibeberapa daerah di luar Subang, seperti Sumedang, Bandung, Purwakarta, dan daerah lain di Jawa Barat. Di Bandung sendiri sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, Sisingaan menjadi salah satu jenis pertunjukan rakyat yang disukai, terutama dalam acara-acara khitanan dan perkimpoian, bahkan pada setiap acara atau perhelatan tertentu Sisingaan juga dipakai sebagai sarana kesenian untuk penyambutan tamu.


Filosofi dari kesenian Sisingaan ini adalah sebagai lambang perlawanan rakyat terhadap Belanda dengan pasukan VOC nya yang digambarkan dengan sosok singa yang gagah.



Sumber : kotasubang.com


Selain itu banyak makna dan nilai yang terkandung dalam kesenian Sisingaan ini antara lain :


1. Nilai Spiritual
Dipercaya sebagai bentuk rasa syukur, untuk itulah diadakan Sisingaan sebagai bagian dari selamatan atau syukuran atas suatu peristiwa.


2. Nilai Sosial
Adanya kerjasama antara berbagai kalangan sehingga antara satu dengan yang lain saling bersosialisasi dan berinteraksi.


3. Nilai Komersial
Karena kesenian ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga banyak muncul grup-grup sejenis bahkan ada festival khusus untuk kesenian sisingaan ini.


Sisingaan atau sering disebut Gotong Singa sekarang ini dikemas sedemikian rupa agar semakin menarik dan memikat masyarakat untuk menontonnya. Berbagai atraksi ditambahkan pada Sisingaan, seperti adanya Jajangkungan atau tampilan manusia dengan tinggi sekitar 4 meter, selain itu bunyi-bunyian dari berbagai alat musik dan petasan juga turut mengiringi Sisingaan. Para penandu juga dilengkapi dengan atribut berwarna cerah dan aneka aksesoris yang menarik.



Sumber : dokumen pribadi


Nah, menariknya lagi bentuk Sisingaan sekarang mengalami inovasi lho, Gansist. Tidak terpaku pada bentuk Singa saja, namun aneka bentuk objek lain juga ada, seperti Naga, burung Garuda dan sebagainya. Musiknya pun tidak melulu pada musik tradisional Sunda yang menghentak. Namun, aneka musik modern pun dimasukkan, asal sesuai dengan gerakan dari Sisingaan tersebut.


{thread_title}

Sumber : dokumen pribadi


Sisingaan biasanya dibentuk oleh suatu grup kesenian tradisional Sunda, jika Gansist berniat menyewanya, siapkan kocek agak lumayan ya, tapi jika tampilannya sekeren itu, ane yakin nilainya sebanding.


Bagaimana Gansist, Kesenian Sisingaan sangat menarik bukan? Kesenian daerah memang selalu menarik untuk diulik. Sudah sepatutnya kita melestarikannya. Jika bukan kita, lalu siapa lagi? Jangan sampai kesenian kita diakui oleh negara lain.


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Sampai bertemu pada thread ane selanjutnya, bye ... bye ....


Penulis : @VitaArkana
Sumber : opini pribadi, dokumen pribadi, dan dimari
azhuramasda
Laditachuda
alizazet
alizazet dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.1K
39
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan