madda.maddaAvatar border
TS
madda.madda
7 Pelajaran Berharga dari Kereta Api
Kereta api meskipun dianggap sebagai benda mati, ternyata mempunyai pelajaran yang dapat manusia petik dalam kehidupan.

Kereta api sebagai moda transportasi yang murah, nyaman dan terjangkau kocek kantong mempunyai sederetan falsafah yang berguna dalam kehidupan manusia. Ada 7 pelajaran yang dapat agan petik dari kereta api.

Kereta api mengajarkan untuk disiplin dan tepat waktu

Seperti halnya ketika akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kita dituntut untuk datang tepat waktu ke stasiun. Karena jika terlambat satu detik saja, maka akan ditinggal sama kereta yang sudah kita beli tiketnya. Dalam kondisi tersebut, seringkali baru kita sadari bahwa waktu begitu penting dan sangat berharga.

Kereta api mengajarkan kita akan disiplin waktu, harus bisa on time dalam segala hal kehidupan, mulai dari ibadah yang utama, datang tepat waktu ditempat kerja atau sekolah, dll. Bila perlu kita datang untuk bekerja sebelum waktunya disaat pikiran fresh dimana kita dapat merencanakan kegiatan dengan baik.

Quote:


Kereta api mengajarkan untuk tetap konsisten

Kereta api memiliki jalan yang khusus, dua rel lurus sejajar dan tahu arahnya mau kemana, rel kereta tak mungkin naik turun atau berkelok-kelok, belokannya pun melebar dan tidak ada belokan tajam kayak zigzag.

Pelajaran yang dapat diambil adalah kita juga harus memiliki jalan hidup  sendiri, tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain dan tahu tujuan hidup kita mau kemana. Semangat kita untuk mencapai tujuan juga harus konsisten tidak mudah goyah dan naik turun. Jadi sebagai manusia, harus tetap punya pendirian yang teguh melakukan apa yang ingin dicapai dan impian yang ingin diraih.

Quote:


Kereta api mengajarkan untuk gak mudah menyerah

Jangan sampai berhenti mencapai tujuan dari apa yang sedang lakukan. Meskipun ada berbagai hambatan, tetapi kita tidak boleh menyerah. Hambatan itu harus dilawan dengan berani. Seperti halnya kereta api tidak akan berhenti sebelum mencapai tujuan. Jika tidak ada hambatan yang benar-benar besar, kereta api akan tetap melaju, bahkan bila lokomotif mogok sekalipun, akan mendapatkan bantuan dari lokomotif lain agar mencapai tujuan.

Quote:


Kereta api mengajarkan menjadi pribadi yang sabar

Emosi sangat mudah menghampiri siapa saja dalam kondisi apapun. Sabar adalah sesuatu yang sangat mahal ketika sedang merasa emosi. Ketika kita menjadi orang yang sabar, maka banyak hal justru akan berjalan lebih baik. Karena dengan kesabaran bisa membuat kita lebih tenang, berkonsentrasi dan apa yang dilakukan akan lebih aman.

Ketika hendak melintasi perlintasan kereta api dan melihat palang kereta api sudah turun bertanda kita tidak boleh melintas selama kereta api akan lewat. Kita harus tetap sabar menunggu kereta api melintas dahulu, jangan maen asal terobos gan. Kalo maksa terobos lintasan rel, maka taruhannya adalah nyawa.

Quote:


Kereta api mengajarkan pentingnya komunikasi

Komunikasi adalah hal utama dalam lalu lintas kereta api. Jika tidak melakukan komunikasi atau salah komunikasi maka dapat menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan seperti tabrakan antar kereta api. Hal itu terjadi karena kurangnya komunikasi.

Hal tersebut juga berlaku dalam kehidupan manusia. Kita harus tetap menjaga komunikasi dengan orang disekeliling kita agar selalu terjaga hubungan baiknya maupun agar tidak menimbulkan sebuah masalah. Banyak konflik antar manusia disebabkan kurangnya komunikasi.

Quote:


Kereta api mengajarkan untuk teratur

Kereta api sudah punya jadwal dan jurusan yang sudah diatur oleh perusahaan. Kereta api selalu mengikuti jadwal berangkat dan tiba yang sudah ditetapkan sehingga tepat waktu. Coba kalo jadwal kereta api tidak diatur pasti semrawut, tidak tepat waktu bahkan potensi kecelakaan.

Demikian juga dalam kehidupan manusia, agar kehidupan dapat berjalan dengan lancar harus teratur dengan baik. Dimulai dari hal kecil misalkan bangun pagi secara teratur pada waktu yang sudah ditetapkan masing-masing, melakukan ibadah pagi, mandi dan sarapan sebelum beraktifitas. Semuanya dalam keteraturan waktu dari hari ke hari.

Apa akibatnya bila hidup kita tidak teratur? Serba semrawut pastinya, banyak masalah terjadi dan ujungnya membuat hidup tidak tenang.

Quote:


Kereta api mengajarkan untuk patuh pada aturan

Hukum dan aturan yang berlaku di masyarakat dan negara harus ditaati sebagai warna negara yang baik, melanggar aturan akan kena sanksi atau hukuman. Harus paham simbol-simbol aturan yang sudah ditetapkan, misalkan hal yang simple, tanda larangan terobos perlintasan kereta api, tanda larangan parkir atau berhenti, maka kita gak boleh melanggarnya. Bila agan langgar aturan itu, bisa kena tilang polisi.

Bila berkendara di jalan raya gak boleh menyalip dari sisi kiri, jangan lakukan atau potensi kecelakaan dapat terjadi. Bila kita patuh dan taat pada hukum, kehidupan kita juga akan terasa dmai dan tenteram.

Begitu juga halnya dari kereta api. Ada rambu-rambu dan simbol-simbol disepanjang perjalanan kereta api yang harus dipatuhi, mulai dari batas kecepatan, sinyal dan kode yang harus dipatuhi oleh masinis kereta api. Mana yang boleh dilakukan atau tidak. Bila masinis melanggar rambu-rambu yang ada, kecelakaan kereta api dapat terjadi.

Quote:


Nah, itulah tujuh hal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari kereta api. Semoga bermanfaat. 
cungkringoke
lina.wh
tata604
tata604 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
7.2K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan