ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Semester 5 yang terberat. Setuju?



Merasa hidupmu tidak berguna? Merasa belajar di kampus sia sia? Tak ada semangat untuk garap laporan? Terpikir untuk drop kuliah dan nikah aja? 
Selamat datang di semester 5.

Karna saya sendiri sedang berada di semester 5 sekarang maka saya mengerti betul penderitaan para mahasiswa semester 5 di luar sana. Saya sendiri sudah melihat banyak rekan saya yang tumbang di semester ini. ada yang stop kuliah, ada yang nggak peduli sama laporan dan ada juga yang jadi mahasiswa ninja.

Singkatnya, dibandingkan semester semester lain semester 5 layaknya last boss yang akan menguji tekadmu untuk berkuliah. Kenapa? Cekidottt.


SEMESTER 5 ADA DI PERTENGAHAN

Normalnya (normalnya lo) 8 semester adalah jangka waktu yang ideal untuk perkuliahan (S1) dan semester 5 berada di pertengahan jangka waktu tersebut. Disini kamu harus pegang teguh penderianmu karna jika kamu mau stop dan pindah jurusan akan sangat tanggung sekali karna kelulusan hanya 2 tahun lagi dan jika kamu mau lanjut maka kamu akan berpikir masih 2 tahun lagi untuk lulus.



Tidak seperti saat masih maba yang mana kamu bisa pindah jurusan atau kampus semaumu atau saat jadi mahasiswa tua yang sudah termotivasi dengan wisuda, di semester 5 maju kena mundur pun kena. Kira kira begitulah pengandaiannya.

DISINI KAMU HARUS ALL-OUT

Nyadar nggak kalau mata pelajaran perkuliahan akan semakin sulit berbanding lurus dengan besarnya semester? Di masa masa maba dimana kita masih lugu lugu pelajaran yang diberikan masih terhitung mudah yang mana mendapatkan IP 4 pun bukan hal yang mustahil namun seiring bertumbuhnya angka semester maka semakin sulit pula pelajarannya.

Kenapa semester 5 yang terberat dan bukan 6,7 atau 8? Karna semester diatas semester 5 tak lagi memiliki terlalu banyak mata kuliah yang wajib diikuti. Kebanyakan kampus juga hanya membatasi praktikum sampai semester 5 dan oleh karena itu bisa dkatakan semester diatas 5 adalah semester santai (LOL).

Di semester 5 ini kamu harus bergelut dengan mata kuliah yang banyak dan sulit serta praktikum laporan yang menumpuk. Belum lagi kalau kamu masih aktif organisasi dijamin semester 5 ini akan sukses membuat otak anda miring beberapa derajat. (tak berlaku bagi mereka yang jenius luar biasa atau bodo amat)

SUDAH TERPIKIRKAN PKL + SKRIPSI

Dua big boss perkuliahan. Dibandingkan semester 6 yang akan mendapat pembekalan PKL dan magang semester 5 kamu masih akan ketakutan dengan PKL karna ketidak tahuanmu. Jujur saja hal ini bukanlah masalah besar jika kamu rajin berkontak dengan kakak tingkat dan bertanya berbagai pengalaman mereka namun jangan mudah disesatkan dengan berbagai rumor tak sedap. Apalagi sampai ketakutan karna cerita semacam ‘KKN desa penari’
Sedangkan untuk skripsi............ pokoknya BERJUANGLAH.

EMOSI KAMU AKAN MENUMPUK

Di tahun ketiga kuliah inilah kamua kana mulai bosan dengan pola repetitif perkuliahan. Bisa dibilang mahasiswa akan mulai ‘lemah batin’. Bosan dengan perkuliahan, bosan dengan praktikum dan masa bodo sama laporan. Yang penting nggak ngulang mata kuliah, itulah yang dipikirkan mayoritas mahasiswa semester 5.

Di semester ini pula nilai akan semakin sulit dicari. selain karna mata kuliah semakin sulit dosen dosen juga sudah tak lagi mengasihani kita selayaknya maba yang baru masuk. Jadi di semester ini nilai akan ambruk, kuliah titip absen, praktikum seasalnya, laporan bakar aja dan kulaih ikut alur saja.

Jadi di masa ini mahasiswa akan terancam menjadi kupu kupu, dikejar deadline, ditinggal teman, jomblo pula. Saran saya sih sabar sabar aja gan. Sesungguhnya tuhan selalu menemani mahasiswa semester 5.



Nah, bagaimana menurut agan agan sekalian. Meski ada banyaknya kesulitan dalam perkuliahan mau tak mau kita harus terus maju. Jika agan berpikir ingin menyerah maka istirahatlah sejenak, jangan dipaksakan, keluarlah dari kamar dan lihatlah alam sekitar yang indah mempesona. Temukanlah motivasi dan yang terpenting, nikmatilah proses. Manusia yang unggul hanya bisa didapat dari proses penempaan yang paling panas dan keras.

Sekian dari saya mari bertemu di tulisan saya yang lainnya
Diubah oleh ih.sul 20-02-2020 18:10
anasabila
pakolihakbar
sebelahblog
sebelahblog dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.4K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan