powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Sahawood, Inspiring Product Dari Malang

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Bulan ini menjadi bulan yang cukup istimewa, terutama buat para konten kreator di Kaskus. Saat ini Kaskus bekerjasama dengan MLD SPOT menantang para Kreator untuk mengikuti Kompetisi MLDSPOTKONTENHUNT, sebuah program yang mengangkat sosok, produk, maupun komunitas yang menginspirasi bagi banyak orang. Bukan sembarang inspirasi, program ini mengkhususkan sosok, produk, maupun komunitas lokal dengan tajuk TASTETHELOCAL.

Nah, pada kesempatan kali ini ane ingin mengulas INSPIRING PRODUCT yang berasal dari Jawa Timur, lebih tepatnya dari Kota Malang. Sebenarnya banyak sosok maupun produk yang menginsiprasi dari kota ini, namun yang satu ini cukup membuat ane tertarik untuk mengulasnya. Di kota Malang, lebih tepatnya di Kecamatan Klojen terdapat sebuah usaha rumahan yang memproduksi bingkai kacamata dari bahan unik, menggunakan bahan dasar kayu jati dan kayu sono keling. Mungkin di Indonesia sudah banyak usaha serupa, namun ada yang berbeda dari usaha ini yang membedakannya dengan usaha serupa lainnya.

Karyawan Mantan Pecandu.

Image Source

Siapa bilang mantan pengguna narkoba tak bisa berkarya? Buktinya dibalik usaha bingkai kacamata di Malang ini ada sosok - sosok mantan para pengguna narkoba yang sudah insyaf. Nama usaha Sahawood sendiri berasal dari kata Sadar Hati, yang merupakan yayasan tempat mereka direhabilitasi dari ketergantungan obat - obatan terlarang. Meski begitu, mereka menerapkan seleksi ketat terhadap para calon karyawannya. Tidak boleh ada karyawan yang masih memiliki ketergantungan terhadap narkoba.

Menembus pasar internasional.

Image Source

Meski skala produksinya masih rumahan, namun bukan berarti produk ini hanya laku disekitar tempat produksinya saja. Justru produk - produk dari Sahawood mampu menembus pasar internasional. Negara - negara seperti Inggris, Australia, hingga Swiss sudah pernah mengimpor produk ini. Tentu saja ini membuktikan bahwa produk yang mereka produksi memiliki kualitas yang baik sehingga mampu menembus pasar luar negeri.

Slogan "Beli dan Peduli".


Image Source

Bukan hanya menampung para mantan pecandu narkoba dan penderita HIV /AIDS untuk secara langsung menjadi pembuat, tapi Sahawood juga peduli dengan usaha pencegahan serta pemulihan adiksi atau ketergantungan penggunaan obat terlarang. Mereka menyisihkan sebagian besar hasil usahanya untuk program tersebut, termasuk menjadi donatur bagi sebuah rumah baca. Harapannya, mereka mampu memberdayakan dan sekaligus menyadarkan teman - teman yang saat ini masih tergantung dengan obat terlarang untuk kembali ke jalan yang benar.

Merubah Stigma dan Mengatasi Pengangguran.

Image Source

Dibalik usaha pembuatan framekacamata unik ini, ada sosok bernama Theo Zainuri, pendiri sekaligus penggerak usaha yang rela mempertaruhkan usaha dengan merekrut para mantan pecandu narkoba. Selain ingin memberdayakan para mantan pecandu, ia juga ingin merubah stigma dimasyarakat yang selama ini memandang sebelah mata. Belum lagi setelah keluar dari lapas, kebanyakan dari mereka akan susah mendapatkan pekerjaan.

Itulah kisah dibalik sosok inspiratif yang menurut ane cukup bisa memberikan inspirasi bagi kita semua. Pertama, inspirasi untuk tetap peduli dengan sesama, bahkan dengan mantan penjahat sekalipun. Karena dengan dirangkul, justru akan membuat mereka tersadar. Sebaliknya, jika kita jauhi maka mereka bukan tak mungkin akan kembali menjadi pengguna narkoba. Kedua, meski hanya usaha rumahan, asal mau berusaha dan membuat pembeda pada usaha kita, maka produk kita akan dilirik oleh pasar internasinal. Semoga saja cerita yang disuguhkan dalam rangka mengikuti even KASKUSXMLDSPOT kali ini bisa memberi inspirasi kepada kita semua dimasa yang akan datang.







Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini, Ini, dan Ini
Sumur Gambar : Om Google






Mahbubah127
swiitdebby
sebelahblog
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan