Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Inspirasi Kehidupan, Menemukan Arti Sukses Dan Bahagia Dalam Keterpurukan


Berbagi dan Peduli Sesama Dalam Keterbatasan



Saat seseorang berada pada titik nadir, titik terberat dalam hidupnya tapi saat itu justru dia mau dan bisa meringankan hidup orang lain, buat ane itulah inspirasi yang sesungguhnya.


Menemukan kisah seorang biasa dengan hidup yang sederhana tapi berjalan dengan sikap yang luar biasa buat ane adalah suatu keberuntungan. Melalui even Kaskus MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT mengenai TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT, KASKUSXMLDSPOT. Ane hendak menceritakan INSPIRING PEOPLE versi ane, seseorang yang sikapnya ingin sekali bisa ane ikuti.

Awal mula ane membaca kisahnya dalam suatu grup kepenulisan, tentang seorang penjual bakmi dengan segala kesederhanaan plus hutang-hutangnya tapi dia dan keluarganya tetap peduli pada sesama, membantu gelandangan, pemulung, anak yatim dan orang yang membutuhkan di sekitarnya. Bahkan terkadang semua uangnya habis untuk membantu orang lain.



Mulanya ane pikir cuma cerita fiksi belaka, setelah ane telusuri ternyata semua yang beliau tulis adalah kisah nyata perjalanan hidupnya sendiri. Dia adalah Awan Gunawan dengan nama panggung Bretpit dan sang Istri Dinda Marlina Gunawan.



Kisah hidupnya yang dimulai dari kebangkrutan kembali dari nol, rumah kontrakan dengan 3 orang anak, uang seadanya dan tagihan melimpah diceritakan dengan kocak dan penuh canda menandakan keihklasannya dalam menjalani beratnya hidup.

Sebelumnya Awan Gunawan adalah
Pengusaha percetakan design dan digital print bahkan telah menjadi pembicara dimana-mana. Namun kemudian usahanya jatuh dan bangkrut dengan tanggungan hutang riba ratusan juta.

Sempat terpuruk menjadi tukang asinan, lalu jadi penjual bakmi pinggiran. Tapi dalam kondisi tersebut dia menemukan arti lain dari kebahagiaan dan kesuksesan.



Kebahagiaan berkumpul dengan keluarga dan kesuksesan dapat membahagiakan keluarga dan orang-orang yang membutuhkan.

Meski keuangan pas-pasan dia dan istri selalu menyisihkan untuk membagi makanan pada para gelandangan, membantu anak-anak pemulung, meski terkadang hanya sekedar memberi tumpangan atau mendengarkan keluh kesah mereka.
Dari kepedulian yang mungkin berkesan remeh, meningkat semakin besar, bahkan bisa menyekolahkan beberapa anak pemulung, rasa kepedulian dan kemanusiaan yang luar biasa menurut ane.

Perhatian dan cintanya pada istri dan anak-anaknyapun tidak kurang, pernah dikisahkan kesedihannya melihat lipstik patah dan bedak retak yang masih dipakai sang istri, saat sepatu anaknya rusak. Perhatian dan usahanya untuk mewujudkan keinginan juga membahagiakan istri dan anak-anaknya adalah tanda tanggungjawab yang besar sebagai kepala keluarga.

Dia juga berjuang lepas dari hutang riba, dengan menerima apa yang ada, meski harus merelakan kendaraan disita, tinggal di rumah kontrakan sempit, hidup seadanya tapi selalu percaya bahwa Tuhan akan memberikan jalan untuknya, keimanan yang ane harap bisa ane ikuti.



Jalan Tuhan benar-benar terbuka dan terbukti. Hampir tiap sedekah yang diberikan, mendapat balasan yang lebih banyak. Bahkan akhirnya Awan Gunawan dan istri bisa memajukan usahanya dan berhasil menarik minat penerbit untuk buku "Pacor Story," tentang kisah hidup mereka.


Beberapa inspirasi yang ane teladani dari Awan Gunawan dan Istri.

1. Tidak putus asa
Meski bangkrut dengan hutang ratusan juta yang berbunga, dia tidak menyerah tetap tangguh berusaha meski kembali memulai dari bawah.

2. Percaya pada jalan Tuhan
Meski mulai dari nol kembali, dia tetap bersyukur menjalani hidupnya. Mempercayai bahwa nikmat Tuhan akan datang pada waktunya.

3. Peduli pada sesama
Meski keadaannya tidak berlebih, dia tetap berusaha membantu orang lain. Meski sekedar menjadi tempat curhat orang-orang disekelilingnya.

4. Rajin bersedekah
Menjadikan sedekah menjadi kegiatan rutin, meski sesuai kemampuannya.

5. Kedekatan dan perhatian pada keluarga
Dalam keadaan miskin, keluarga mereka tetap rekat, saling bahu membahu bahkan anak-anakpun terjaga dan terdidik dengan baik.

Meski hanya membaca kisahnya lewat tulisan tapi ane belajar banyak tentang keikhlasan dan kemanusiaan dari Awan Gunawan dan Istri. Tidak banyak yang bisa ane ceritakan secara detail tapi mungkin agan sista yang pernah mendengar atau membaca kisah mereka akan merasa yang sama.

Berbagi kebahagiaan dengan sesama akan menambah nilai dari kebahagiaan itu sendiri



Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


sumber : opini pribadi

Referensi :
link
link

Foto : link disini
Diubah oleh Indriaandrian 08-11-2019 12:44
AdelineNordica
adnanami
sebelahblog
sebelahblog dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan