Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

need.holidayAvatar border
TS
need.holiday
Meredupnya Status Koran Sebagai Sumber Informasi



Pada era kejayaannya Koran merupakan sumber informasi bagi masyarakat, mulai dari berita politik, kriminal, olahraga bahkan iklan lowongan pekerjaan ada di koran. Pada saat itu dengan harganya yang terjangkau masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi atau berita terbaru. Koran juga sebagai penggerak ekonomi bagi masyarakat yang menjadi agen, loper koran dan pemilik kios koran yang biasa kita jumpai di sepanjang jalan. Namun majunya era digital yang berkembang begitu pesat disertai munculnya media-media online yang membuat masyarakat perlahan mulai meninggalkan kebiasaan membaca koran.


sumber gambar

Koran pun perlahan tergerus oleh media online yang mempunyai kelebihan lebih cepat dan efisien dalam menyampaikan informasi. Di lain sisi juga masyarakat mulai memanfaatkan kemudahan media sosial seperti Facebook dan sejenisnya untuk berbagi informasi dan berita, Tentunya dengan situasi seperti ini membuat koran semakin sulit menemukan pelanggan.

Disaat mengalami kesulitan itu iklan-iklan baris yang biasa menghiasi halaman koran kini pun mulai berkurang karena pihak pengiklan beralih ke media online sebagai tempat menaruh iklan, karena dinilai bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat pengguna media online. Mungkin kini nasib penerbit koran yang masih bertahan hanya bergantung kepada pelanggan reguler yang masih setia membaca setiap edisi-edisi koran tersebut. Namun tidak banyak yang menghentikan kegiatan produksi karena mengalami kebuntuan finansial.


sumber gambar

Biaya produksi yang mahal tidak di barengi dengan pendapatan yang diperoleh membuat penerbit koran terpaksa menghentikannya. Hal ini juga berimbas kepada para pelaku usaha kios atau loper koran yang biasa kita temukan di pinggir jalan, kini sudah jarang sekali terlihat akibat penutupan sejumlah penerbit koran yang memaksa mereka beralih profesi. Tapi ada sebagian yang masih tetap bertahan walau mereka tahu koran bukan lagi sumber informasi favorit masyarakat. Mereka bertahan karena memang masih ada pembaca yang setia membeli koran mereka walaupun tidak sebanyak seperti 10 tahun yang lalu.


sumber gambar
Pesatnya perkembangan teknologi informasi tidak bisa kita hindari dan bagaimana pun juga penerbit koran tidak akan pernah bisa menarik perhatian generasi milenial agar berpaling dari media sosial. Cepat atau lambat dimasa yang akan datang koran mungkin menjadi koleksi barang antik dan profesi-profesi penjual koran mungkin sudah menjadi cerita di buku sejarah.


Quote:


Quote:
Diubah oleh need.holiday 16-10-2019 13:19
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan