rulfhiAvatar border
TS
rulfhi
Sekali Lagi Berharap Pada Jokowi Soal Kasus Kemanusiaan


Selamat pagi, siang, sore dan malam sobat-sobat kaskuser semua yang budiman. Bertemu kembali di thread sederhana ane. Dalam thread kali ini, ane akan membeberkan harapan ane kepada Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.


Jokowi & Ma'ruf Amin (source independensi.com) 

Pemilihan Presiden 2019 lalu boleh jadi salah satu pemilu yang akan ‘dikenang’ oleh warga negara Indonesia. Sejumlah polemik, memanasnya suhu politik, hingga perang politik identitas menyertai pesta demokrasi terbesar Indonesia itu. Tak sedikit banyak orang ingin segera lepas dari jerat suasana pemilu dan melanjutkan aktifitas tanpa rasa was-was.

Suasana tak nyaman tersebut lamban dan pasti terus menguap seiring dengan terjadinya sejumlah pertemuan antara Jokowi dan Prabowo. Babak akhir dari Pemilu Presiden 2019 kini segera usai, Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019 - 2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan segera dilantik pada 20 Agustus 2019 mendatang.

Sebagai Presiden petahana, kondisi pelantikan Presiden Jokowi jilid kedua jelas berbeda daripada tahun 2014 lalu. Situasi terkini, Jokowi dihadapkan dengan sejumlah persoalan yang bersifat urgent. Semisal penantian publik akan sikap Jokowi terhadap revisi Undang-undang KPK, kasus kekerasan di Papua hingga teror yang terjadi pada pejabat publik dan para aktivis akhir-akhir ini.

Revisi UU KPK yang dianggap dapat melemahkan KPK jadi sorotan tajam para mahasiswa dan masyarakat seantero Bumi Pertiwi. Muncul desakan agar Presiden menerbitkan Perppu untuk membatalkan revisi UU KPK.

Menurut saya keputusan yang diambil Jokowi dengan permasalahan yang ada sekarang bisa menunjukan seberapa besar porsi kepedulian Jokowi terhadap rakyatnya. Sebab tak dapat dipungkiri kepercayaan publik akan sosok wakilnya di Pemerintah seperti di DPR atau Presiden tengah bimbang.

Presiden tentu memiliki power yang besar untuk menentukan laju pemeritah selama lima tahun ke depan. Saya pun berharap Jokowi dapat menentukan figur-figur yang cerdas dan tegas untuk mengisi posisi menteri.

Tentu dengan kepemimpinan Presiden Jokowi jilid dua, Beliau setidaknya dapat bergerak cukup bebas dari kepentingan partai. Sehingga sejumlah persoalan baik dari bidang ekonomi, pendidikan, kemanusian dapat dicarikan solusi terbaik.    

Sebelum menutup tulisan ini, saya dengan sangat memohon agar Presiden Jokowi memberikan seruan pada penegak hukum untuk membereskan kasus-kasus HAM terdahulu seperti Kasus Munir, Widji Thukul. Jika itu masih dirasa berat, saya harap Jokowi dapat membereskan kasus-kasus kemanusian yang terjadi di era kepemimpinan beliau, gugurnya lima warga negara dalam aksi demi #ReformasiDiKorupsi.

Jangan sampai nantinya pemerintah Jokowi jilid dua hanya mewarisi kasus-kasus HAM dan persoalan lainnya. Hingga pada akhirnya itu semua jadi beban sejarah yang terus menumpuk dan makin sulit untuk diselesaikan.

Terima kasih kepada masyrakat Kaskus yang sudah menyimak thread berisi opini dan harapan ane terhadap pemerintahan Jokowi Jilid 2.

Salam Kaskuser

Tulisan Opini TS

Referensi


Sumber Gambar terlampir

 

 


Diubah oleh rulfhi 12-10-2019 15:34
Gresta
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 2 lainnya memberi reputasi
3
372
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan