Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

secret434Avatar border
TS
secret434
Pengenalan JavaScript dan Perbedaannya dengan Bahasa Pemrograman Java
Assalamualikum wr. wb emoticon-Ultah

Jumpa lagi nih bersama ane, Jangan bosan - bosan yah emoticon-Ngakak

Langsung aja yuk ...



Bagi Agan/sista yang memiliki website, mungkin sadar bahwa website yang interaktif akan jauh lebih menarik bagi para pengunjung.  

Agan/sista juga mungkin sudah menggunakan hosting berkualitas, tetapi jika tampilan website kurang menarik perhatian tentunya akan mempengaruhi user experience pengunjung.

Lalu bagaimana cara membuat homepage website Agan/sista menjadi halaman web yang interaktif dan dinamis ? JavaScript dapat mewujudkan itu semua.


Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis dan interaktif. Inilah yang memberi sebuah kehidupan pada halaman – elemen interaktif dan animasi yang dapat menarik perhatian dan melibatkan pengunjung website.

Ini adalah bahasa pemrograman web di sisi klien, yang berarti kode tersebut dijalankan di browser web pengguna. Dengan munculnya teknologi Node.js dan lainnya, ini juga dapat digunakan sebagai bahasa sisi server, membuatnya sangat serba guna. JavaScript digunakan terutama untuk pengembangan web front-end dan bekerja erat dengan HTML dan CSS.

Jika Agan/sista pernah menggunakan kotak telusur atau search box di beranda (homepage), memeriksa skor pertandingan olahraga langsung di situs berita, atau menonton video, kemungkinan besar JavaScript adalah yang mengaktifkan dan menjalankannya untuk Agan/sista.

Apa saja yang dilakukan JavaScript pada halaman Agan/Sista ?

Sekarang, Agan/sista akan melihat bagaimana cara kerja beberapa kode JavaScript dan melihat apa yang terjadi di halaman website, ketika menggunakan kode-kode tersebut.

1. Keamanan Browser

Setiap tab browser memiliki bucket yang terpisah untuk menjalankan kode-kode (buckets ini disebut sebagai execution environment). Yang dimaksud disini adalah kode-kode di setiap tab bekerja secara terpisah, dan kode di satu tab tidak dapat mempengaruhi kode di tab lainnya atau website lainnya. Ini membantu memastikan keamanan browser karena jika kode-kode ini bisa saling mempengaruhi meskipun berada di tab yang berbeda, informasi Agan/sista bisa dihack melalui kode-kode tersebut.

2. Interpreted vs Compiled Code

Agan/sista mungkin mendengar istilah interpreted dan compiled dalam konteks pemrograman. JavaScript adalah bahasa pemograman interpreted (yang diinterpretasikan). Kode ini dijalankan dari atas ke bawah dan hasil perjalanan kode akan terlihat dengan cepat dan segera. Agan/sista tidak perlu mengubah kode menjadi bentuk yang berbeda sebelum browser menjalankannya.

Compiled language atau bahasa yang dikompilasi di sisi lain diubah (dikompilasi) ke bentuk lain sebelum dijalankan oleh komputer. Misalnya C / C ++ dikompilasi ke dalam bahasa assembly yang kemudian dijalankan oleh komputer.

Kedua pendekatan ini memang memiliki keunggulan yang berbeda.

3. Server-side VS client-side code

Agan/sista mungkin juga mendengar istilah kode server-side dan client-side, khususnya dalam konteks pengembangan web. Kode client-side adalah kode yang dijalankan di komputer pengguna – saat halaman web dilihat, kode client-side halaman tersebut akan di-download, lalu dijalankan dan ditampilkan oleh browser. Dalam modul JavaScript ini kita secara eksplisit berbicara tentang client-side JavaScript.

Sementara itu, kode server-side dijalankan di server, kemudian hasilnya didownload dan ditampilkan di browser. Contoh bahasa web server-side populer termasuk PHP, Python, Ruby, dan ASP.NET. JavaScript juga dapat digunakan sebagai bahasa server-side, misalnya di environment Node.js yang populer. Node.js sendiri akan kita bahas di tulisan ane lainnya.

Perbedaan antara JavaScript dan Java

JavaScript dan Java serupa dalam beberapa hal namun secara fundamental memiliki beberapa perbedaan. Bahasa JavaScript menyerupai Java namun tidak memiliki pengetikan statis dan pengecekan tipe seperti Java. JavaScript memang mengikuti kebanyakan sintaks ekspresi Java, konvensi penamaan dan konstruksi aliran kontrol dasar yang merupakan alasan mengapa namanya diubah dari LiveScript menjadi JavaScript.

Berbeda dengan sistem kelas kompilasi Java yang dibangun berdasarkan deklarasi, JavaScript mendukung sistem runtime berdasarkan sejumlah kecil tipe data yang mewakili nilai numerik, Boolean, dan string. JavaScript memiliki model objek berbasis prototipe dan bukan model objek berbasis kelas yang lebih umum. Model berbasis prototipe memberikan warisan dinamis; Artinya, apa yang diwarisi bisa berbeda untuk objek individu. JavaScript juga mendukung fungsi tanpa persyaratan deklaratif khusus.

Jika dibanding dengan Java, JavaScript adalah bahasa yang bentuknya sangat bebas. Agan/sista tidak perlu mendeklarasikan semua variabel, kelas, dan metode, serta tidak perlu pula khawatir apakah metode itu bersifat publik, pribadi, atau terlindungi, dan Agan/sista tidak perlu menerapkan interface.

Java adalah bahasa pemrograman berbasis kelas yang dirancang untuk eksekusi cepat. Selain itu, Agan/sista juga tidak dapat mentransmisikan bilangan bulat Java ke dalam referensi objek atau mengakses memori pribadi dengan merusak bytecode Java. Model berbasis kelas Java juga berarti bahwa program terdiri dari kelas dan metode mereka secara eksklusif. Warisan kelas Java dan ketikan yang kuat umumnya memerlukan hirarki objek yang erat. Persyaratan ini membuat pemrograman Java lebih kompleks daripada pemrograman JavaScript.

Sebaliknya, JavaScript turun dari garis bahasa yang lebih dinamik seperti HyperTalk dan dBASE. Bahasa scripting ini menawarkan alat pemrograman kepada audience yang lebih luas karena sintaksnya yang mudah, built-in fungsional khusus, dan persyaratan minimal untuk pembuatan objek.

Belajar JavaScript

Untuk belajar JavaScript hanya dibutuhkan sebuah langkah yang mudah.
Agan/sista bisa coba kursus di Babastudio dengan metode pembelajaran yang sangat efektif dan aplikatif sehingga membuat proses belajar menjadi lebih mudah dan efisien. 

Didukung dengan fasilitas lengkap, instruktur yang ramah dan kompeten serta pengalaman belasan tahun tentu membuat Babastudio tidak perlu diragukan lagi kualitasnya sebagai pilihan tempat kursus yang menjanjikan.

Sekian dulu yah tulisan ane kali ini .... semoga bermanfaat 

Agan/sista juga bisa share tulisan ane ini jika berkenan

Ditunggu komennya nih warga kaskus emoticon-Sundul

Terima Kasih emoticon-Jempol

Waalaikumsalam wr. wb 
 




b4gus71
xxArial
xxArial dan b4gus71 memberi reputasi
2
724
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan