Irmarhhm25Avatar border
TS
Irmarhhm25
Ibu Kota Pindah? Bagaimana Nanti Nasib Gedung-gedung Pemerintahan Yang Lama?


Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dong dengan berita pindahnya Ibu kota ke pulau Kalimantan. Ibu kota dipindahkan pun dengan tujuan untuk meringankan beban yang diterima oleh pulau Jawa yang menjadi berbagai center yang mengakibatkan kepadatan penduduk meningkat setiap tahunnya.

Apabila Ibu Kota pindah ke Kalimantan, lalu nasib gedung pemerintahan yang ada di Jakarta ini gimana? Seperti yang agan dan sista ketahui banyak sekali gedung pemerintah di Jakarta ini dengan luas yang sangat besar. Apakah nanti akan ditinggal kan sehingga terbengkalai dan menjadi tempat ekspedisi mistis? Tidak ada yang tau hehe. Nah menurut saya gedung pemerintahan yang tidak dipakai nanti lebih baik dijadikan:

1. Ruang terbuka hijau


Sumber

Karena di Jakarta ini mempunyai kualitas udara yang semakin memburuk akibat terlalu banyak warga nya yang menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum, sedangkat tanaman yang ada pun tidak begitu banyak. Oleh karena itu apabila nanti seluruh lembaga pemerintah yang pindah ke Kalimantan sebagian besar gedung nya lebih baik di jadikan Ruang terbuka hijau dengan menanam di hampir seluruh tempat di gedung itu atau jika perlu gedung tersebut di robohkan agar bisa dijadikan taman yang luas.

Jangan sampai di jadikan sebagai tempat bisnis karena justru nantinya sama hal nya tidak ada yang berkurang aktivitas perkantoran nya jika di jadikan tempat bisnis atau perusahaan baru.

2. Gedung Sekolah


Sumber

Banyak sekali anak-anak yang ingin sekolah namun sangat disayangkan, tidak dapat sekolah karena terkendala biaya akibat kalah bersaing dengan yang lainnya untuk masuk sekolah negeri. Apabila ada gedung yang cocok lebih baik dialih fungsikan menjadi sekolah dari pada hal lain. Agar dapat memperbaiki moral anak bangsa menjadi lebih baik lagi serta terwujudnya keinginan untuk menjadi Indonesia yang lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya.

3. Hutan Kota


Sumber

Yang satu ini tidak berbeda jauh dengan ruang terbuka hijau, namun Hutan Kota lebih lebat dan rimbun oleh pepohonan seperti ada hutan di tengah tengah kota Jakarta ini, sehingga selain ada ruang terbuka hijau terdapst juga hutan kota yang membantu memperbaiki kualitas udara di Jakarta ini. Selain itu hutan kota juga dapat menjadi daerah resapan air di Jakarta ini sehingga membantu mengurangi banjir akibat terlalu banyaknya gedung yang tidak mempunyai daerah resapan air.


4. Agrowisata


Sumber

Di Jakarta ada beberapa perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Pertanian serta ada juga beberapa sekolah pertanian. Namun lagi-lagi sangat disayangkan setelah lulus kebanyakan dari mereka hanya untuk kembali kekampung halaman yang kemudian bercocok tanam disana serta membuat bisnis yang bersangkutan dengan pertanian.

Seandainya nanti terdapat bekas gedung pemerintahan yang bisa dijadikan sebagai Agrowisata untuk membuka lapangan pekerjaan bagi berbagai kalangan dengan background pertanian dan lagi-lagi itu juga membantu memperbaiki kualitas udara di Jakarta agar lebih cepat membaik.

Tidak hanya sampai disitu, Agrowisata nantinya juga dapat dijadikan tempat untuk mengedukasi para generasi muda agar lebih tertarik untuk memasuki dunia pertanian serta perduli terhadap tanaman dan lingkungan disekitar mereka.

Mungkin hanya itu saja pendapat pribadi saya tentang gedung-gedung yang nantinya tidak digunakan lagi karena pindahnya ibu kota ke Kalimantan. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga tulisan saya dapat bermanfaat.

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Sumber tulisan: Pendapat Pribadi
anasabila
Gresta
wahyuargian
wahyuargian dan 3 lainnya memberi reputasi
4
932
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan