pannotia.serverAvatar border
TS
pannotia.server
Rasisme Itu Adalah Politik Kejam

Rasisme Itu Adalah Politik Kejam




"Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu, bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras lainnya."

Sebelum mulai membaca tulisan saya, ada baiknya sambil mendengarkan lagu berikut


Baru-baru ini di tanah Papua terjadi kerusuhan yang dipicu oleh kata-kata rasis kepada saudara kita Papua di Jawa Timur. Padahal kan, mereka itu saudara kita, satu negara, dan satu bangsa yaitu Bangsa Indonesia yang harusnya kita rangkul.

Berkaca dari masalah di Papua ini, seharusnya masalah rasis ini dihilangkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, faktanya masalah rasis ini sudah ada sejak zaman dahulu dan terus ada hingga sekarang. Sudah banyak cara telah dilakukan pemerintah bahkan juga dunia dalam menekan tingkat rasisme dalam kehidupan sehari-hari, namun hasilnya tetap saja belum maksimal.


sumber: indoprogress

Dalam perkembangannya, sekarang rasisme ini kebanyakan dilakukan melalui verbal dengan tujuan untuk menghancurkan mental/kepercayaan diri individu yang berbeda dari dirinya. Namun, hal ini beda cerita pada era 1940an, rasisme itu mencapai tahap genosida di daratan Eropa demi tujuan politik semata. Sebagai contohnya adalah warga Yahudi yang di kejar-kejar oleh para tentara pimpinan Hitler. Melihat fakta yang terjadi dan catatan sejarah yang ada, bahwa rasisme itu sangat merugikan bagi banyak pihak. Banyak hal yang dikorbankan, mulai dari materi hingga nyawa pun akan melayang karena rasisme.

Mengikuti perkembangan berita dari masalah Papua kemarin, banyak kepentingan politik bermain disana. Semua itu dilakukan hanya demi kepentingan politik kelompok semata. Banyak kelompok yang ikut campur di masalah itu, walaupun dengan tujuan yang berbeda, namun melakukannya di momentum yang sama. Dan ini adalah contoh kejadian baru masalah rasisme yang ada didepan mata kita, dimana banyak terjadi kerugian materi di tanah Papua.

Nah untuk itu, kita harus mulai menghilangkan sifat membeda-bedakan sesama kita manusia. Walaupun mustahil, tapi kita harus meminimalkan rasisme itu, karena kita sudah tau akibat negatif dari rasisme itu sendiri. Berikut ini beberapa tips ampuh menghadapi rasis ini.

1. Berpikir Positif


sumber: banggaberubah

Berpikir positif adalah salah satu sikap yang sangat ampuh dalam menyikapi segala bentuk masalah, termasuk rasisme. Misalnya, "pantes aja jelek, orang batak muka petak kok". Jika kita mendengar kata-kata seperti ini, cobalah berpikir "banyak kok artis cantik orang batak yang muka petak", atau "banyak kok orang sukses walaupun mukanya jelek".

2. Lawan Dengan Prestasi


sumber: kompasiana

Banyak yang telah membuktikan ini. Seperti para pemain sepak bola yang berkulit hitam, mereka membuktikan dirinya melalui prestasi yang telah dicapainya. Seperti juara liga champions, pemain terbaik, juara liga dan sebagainya. Apabila kamu tidak dapat membuktikan dalam bidang olah raga, dengan giat belajar dan menjadi juara itu sudah cukup.

3. Buktikan Bahwa Apa Yang Disematkan Kepada Kita Itu Ada Alasannya


sumber: onlinewritingtraining

Misalnya, "orang batak itu, suaranya kuat-kuat bikin sakit telinga". Ini mungkin terjadi karena kontur daerah asal orang Batak itu berada di area bukit barisan. Dimana, apabila kita berada di bukit dan memanggil orang yang dibawah harus dengan suara keras agar kedengaran. Dengan menjelaskan pengertian seperti itu, diharapkan dapat dimengerti.

Dan pada akhirnya, Rasisme itu benar-benar sangat merugikan bahkan menimbulkan trauma yang mendalam bagi generasi. Jadi marilah kita stop rasisme, tapi apabila belum bisa diminimalisir saja. Apabila ada yang salah, mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih.

sumber: pendapat pribadi dan youtube
gambar: tercantum dibawah


sunday10am
swiitdebby
swiitdebby dan sunday10am memberi reputasi
2
512
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan