Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
100 Mahasiswa Tiongkok Kuliah Setahun di Unpad
Universitas Padjadjaran (Unpad) menerima sejumlah mahasiswa program pertukaran pelajar dari tiga perguruan tinggi di Tiongkok, yaitu Shanghai International Studies University (SISU), Guangxi University for Nationalities (GXUN), dan Xiangsihu College.
 
Sebanyak100 mahasiswa Tiongkok ini akan menjalani perkuliahan selama satu tahun di Unpad. Sebagian besar kegiatan pertukaran pelajar ini akan terfokus pada pembelajaran bahasa Indonesia.
 
“Sebagian besar mereka ada yang berbaur di dalam program studi Sastra Indonesia FIB Unpad, karena memang mereka mau belajar bahasa Indonesia sekaligus budayanya,” ungkap Kepala Kantor Urusan Internasional Unpad Ronny, dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019. 



Tujuan dari program pertukaran pelajar antara Tiongkok dan Indonesia ini adalah untuk mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada seluruh mahasiswa asing yang menjadi peserta program ini. Selain itu, beberapa dari peserta akan mempelajari tentang Asean studies yang berfokus tentang negara Asia Tenggara.
 
“Mereka akan belajar tentang Asia Tenggara, utamanya di Indonesia melalui perspektif politik. Hal ini dipelajari dengan harapan hubungan kerja sama yang lebih baik antara dua negara ini untuk kolaborasi di masa mendatang,” tambah Ronny.
 
Selain belajar di program studi Sastra Indonesia, mereka juga akan mengikuti sejumlah mata kuliah untuk nilai transfer di universitas asal peserta. “SKS yang sudah ditempuh di sini akan menjadi penilaian kelulusan mereka untuk beberapa mata kuliah tersebut, begitu pula dengan mahasiswa Unpad yang belajar di sana,” ungkapnya.
 
Meningkatnya kuantitas peserta pertukaran pelajar dari Tiongkok dari tahun ke tahun ini didasari dengan keterbukaan Unpad sebagai universitas mitra yang siap menjadi tempat belajar. “Kita rutin mengirimkan 10 mahasiswa setiap tahunnya ke Tiongkok, sedangkan mereka bisa mengirimkan lebih dari jumlah yang dijanjikan karena ketertarikan lebih kepada Unpad. Alasannya tentu saja karena kita dianggap memiliki keunggulan, kalau kita tidak unggul pasti tidak akan menarik peserta sebanyak ini,” lanjutnya.
 
Dengan adanya kerja sama Unpad dengan universitas di Tiongkok ini, Ronny mengharapkan perluasan jaringan kerja sama Unpad dengan institusi di dunia dan mengenalkan budaya Indonesia ke kancah global. 


[url]https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GKdRELXb-100-mahasiswa-tiongkok-kuliah-setahun-di-unpad [/url]

setahun gan
rasadopamin
rasadopamin memberi reputasi
1
752
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan