srahayudesAvatar border
TS
srahayudes
Cintai Perbedaan, Karena Kita Indonesia



Quote:



Jangan lupa di rate 5 ya..emoticon-Malu






Cintai Perbedaan, Karena Kita Indonesia




image source

Hai GanSis se Indonesia raya, gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja ya. Di thread ane kali ini, ane mau mencurahkan isi hati alias opini pribadi mengenai tindakan rasisme yang sampai saat ini masih saja di lakukan.

Rasisme adalah pandangan terhadap paham tertentu yang biasanya berdasarkan ras, derajat dan status sosialnya.


image source

Sebagai negara yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, seharusnya rasisme di Indonesia ini sudah hilang dan bahkan harusnya musnah. Karena seperti semboyan negara kita bahwa berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Perlu di ketahui dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya, oleh karena itu kita seharusnya bangga bukan malah rasis.

Banyak tindakan rasisme di Indonesia terjadi, bahkan baru-baru ini heboh dengan tragedi rasisme yang menimpa sodara kita di Papua.

Bahkan disekitar kita pun masih banyak perilaku rasisme, seperti suku A dan suku B, etnis A dan etnis B sangat dibedakan perilakunya. Padahal semua itu sama, mau kita dari suku dan etnis apapun selama kita adalah rakyat Indonesia, kita berhak atas hak yang sama.

Sebagai contoh, ane punya teman dari daerah Indonesia bagian timur dia memiliki kulit yang gelap dibanding teman kita lainnya, tetapi dia tetap menjadi bagian dari teman bahkan sodara bagi kita. Karena apapun warna kulitnya, kita adalah sama. Akan tetapi, perilaku tersebut tidak selalu berjalan mulus, karena di sekitar lingkungan rumah teman ane ini, dia slalu di pojokan dan dipandang sebelah mata karena warna kulit dan rasnya. Padahal, hal seperti itu rasanya tidak pantas untuk dijadikan alasan untuk memecah belah.
Mengapa memecah belah? Karena rasisme itu membuat perpecahan, sedangkan Indonesia itu sendiri memiliki paham Bhineka Tunggal Ika.

Hal apa aja sih yang menjadi pemicu terjadinya rasisme?

1. Perbedaan Ras


image source

Tentunya sudah jelas ya, hal yang paling utama adalah perbedaan dari rasnya termasuk perbedaan fisik manusia satu dengan lainnya.

2. Pola Pikir Yang Salah


image source

Terlalu menganggap diri sendiri paling benar itu merupakan salah satu pola pikir yang menurut ane sangat salah sehingga memandang diri sendiri lebih tinggi ketimbang orang lain.

Nah kedua hal tersebut adalah pemicu terjadinya rasisme. Oleh karena itu sebaiknya kita hindari perilaku rasisme dan memandang orang lain lebih buruk dari diri kita. Pada hakikatnya kita semua ini saudara, satu persatuan. Tidak ada istilah membeda-bedakan suatu golongan meskipun kita berbeda suku, budaya, bahasa, dan warna kulit. Tuhan menciptakan manusia dengan beraneka ragam suku, kita seharusnya hidup saling melengkapi, berdampingan dan tidak saling mengolok satu sama lain. STOP SARA & RASISME!


image source




Sekian thread dari ane, semoga bermanfaatemoticon-I Love Kaskus (S)

Jika GanSis ada tambahan opini mengenai rasisme yuk taro di kolom komentar emoticon-Request



Sumber :
- Opini & Pengamatan Pribadi
- Gambar Google





0
537
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan