footballredAvatar border
TS
footballred
Tips Supaya Mobil Lebih Irit Bensin
Buat para pengguna mobil dalam kegiatan sehari-hari, pasti kita semua pengin mobil kita irit bensin. Selain lumayan menghemat pengeluaran untuk ongkos, alokasi dananya bisa dipake buat makan daripada cuma habis di jalan.

Banyak orang yang bilang bahwa mobil manual lebih irit dibanding motor matic, tetapi seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang perbedaan bensin yang dihabiskan oleh mobil manual dan matic menjadi lebih sedikit. Coba aja agan liat di jalan, mobil matic sudah mulai merajalela kan?


Nah sebagai pengguna mobil, ane pengin memberikan beberapa tips yang sudah ane lakukan, dan mungkin bisa diaplikasikan juga oleh agan sista semua, supaya penggunaan bensin bisa lebih irit.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perhatikan Kondisi Ban

Cara pertama yang biasa ane lakukan sebelum berkendara adalah memastikan kalo tekanan ban dalam posisi yang pas. Buat yang punya alatnya sendiri di rumah, bisa langsung ngecek. Tapi buat yang ngga punya, agan bisa ke tukang ban yang tersedia, atau ke pom bensin yang ada tukang isi angin nitrogennya.

Kenapa tekanan ban menjadi penting dalam mengirit bensin? Karena kalo bannya agak kempes, mobil jalannya jadi agak pelan dan kita pasti akan nginjek pedal gas lebih dalem, supaya mobil lebih kenceng. Hal itulah yang menyebabkan bensin jadi lebih boros. Makanya, mulai dari sekarang yuk kita lebih rajin ngecek tekanan ban sebelum pake mobil.

Hindari Membawa Beban Yang Terlalu Berat

Selain bisa membahayakan penumpangnya, membawa beban yang terlalu berat pada mobil bisa menyebabkan akselerasi mobil menjadi lebih sulit. Jadinya mesin harus bekerja lebih keras. Ingat, tiap mobil punya batas mengangkut beban yang berbeda. Apalagi kalo sampe bawa barang di atas atap. Dorongan angin yang kencang bisa menyebabkan hambatan yang membuat laju mobil jadi lebih pelan.

Pastikan barang-barang yang agan bawa sudah sesuai dengan kebutuhan di hari itu. Mendingan repot harus keluar masukkin barang tiap hari, daripada membahayakan penumpang dan bikin bensin boros kan?

Ngga Perlu Manasin Mobil Kelamaan

Pemahaman sebagian orang kan manasin mobil itu harus lama. Mungkin hal tersebut benar dan masih berlaku untuk sebagian orang yang pake mobil tua, atau yang mobilnya jarang dipake. Tapi dengan kemajuan teknologi sekarang, mobil-mobil yang dipake sehari-hari itu ngga perlu dipanasin terlalu lama. Cukup 1 menit aja udah bisa langsung dipake jalan kok. Kalo kelamaan dari itu malah jadinya boros bensin.

Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Buat para pengemudi yang mengendarai sebuah mobil baru kan biasanya masih nyari feeling yang pas buat nginjek gasnya. Nah kebanyakan pada suka nginjek pedal gasnya kedaleman sehingga menyebabkan mobil yang sedang dalam kondisi berhenti, tiba-tiba langsung ngegas.

Apalagi dalam kondisi macet. Gas rem jadi lebih sering dan ngebuat bensin jadi kebuang lebih banyak. Makanya mendingan pedal gasnya di-setting sesuai dengan kenyamanan agan, jadinya berkendara juga lebih nyaman dan irit bensin.

Memilih Bensin Yang Tepat


Yang terpenting pastinya yang ini dong. Memilih bensin yang sesuai dengan kebutuhan mobil agan. Tiap mobil mempunyai kebutuhan bensin yang berbeda. Nah kebetulan kalo untuk mobil ane sendiri sih cocoknya pake Shell V-Power.

Semenjak ane mulai menggunakan Shell V-Power, kerasa banget gan tarikannya jadi lebih enak, bunyi mesinnya lebih halus, asap knalpot yang dibuang juga ngga ngebul, dan pastinya jadi lebih irit. Bensin yang sesuai akan menghasilkan performa yang optimal dan maksimal. Karena dilengkapi dengan teknologi Dynaflex yang memiliki 3x molekul pembersih yang bisa bersihin endapan sampe 80%, jadinya mesin lebih terawat dan awet, akhirnya uang kita bisa dipake buat jajan yang lain. Trus ngga usah khawatir buat nyari pom bensin Shell, karena saat ini sudah tersedia di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Medan, dan Malang.

============================================================================

Kira-kira itu sih beberapa kebiasaan yang ane lakuin supaya bisa ngirit bahan bakar dan udah terbukti. Mungkin bisa diterapin juga sama agan yang lain.

Atau mungkin agan sista lain punya kebiasaan lain yang dilakuin supaya bensin mobilnya jadi lebih irit? Yuk dibagikan di sini. Siapa tau cocok. Kalo cocok berarti jodoh kita emoticon-Wowcantik

Diubah oleh footballred 27-07-2019 09:01
0
702
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan