Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

istijabahAvatar border
TS
istijabah
Bibir Anda Hitam atau Kering? Dianggap Sepele, tapi Inilah Beberapa Penyebabnya!

Sumber: Pinterest


Hai GanSis, apa kabar semuanya? Semoga tetap sehat dan puasanya tetap lancar ya, GanSis. Aamiin.

Oke, selamat pagi semuanya, kali ini saya datang untuk sharing masalah yang sering bikin kita galau dan gak PeDe. Apakah itu?!

Pada dasarnya bibir kita itu berwarna merah muda, tapi karena beberapa kesalahan yang tidak kita sadari atau bisa juga kita sepelekan, akhirnya bibir kita menjadi hitam dan kering.


Sumber: pinterest


Yupz, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang masalah bibir kering dan hitam. Bibir hitam bikin kita kesal dan tidak percaya diri untuk tampil. Ya kan, GanSis?
Mempunyai bibir yang sehat alami itu adalah dambaan setiap orang, baik itu wanita ataupun pria, benar tidak GanSis?

Dan inilah beberapa hal yang sering dianggap sepele oleh kita, tapi ternyata berakibat fatal pada bibir kita :

1. Kafein

Kopi dan teh termasuk minuman yang mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein itu tidaklah baik untuk kesehatan, termasuk pada bibir kita. Jadi, boleh mengonsumsi minuman berkafein, tapi secukupnya saja jangan berlebihan.

2. Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh itu tidak hanya membuat kulit kita saja yang kering, tapi bibir kita pun juga ikut kering. Jadi, penuhilah kebutuhan cairan kita tiap harinya, jangan sampai kita mengalami yang namanya dehidrasi. Bisa dengan minum minimal delapan gelas air setiap harinya.

3. Terpapar sinar matahari

Tidak hanya kulit tubuh saja yang bisa menghitam saat terpapar sinar matahari langsung dan lama. Bibir pun bisa, karena sinar matahari itu bisa menyerap kelembaban bibir, dan   akhirnya bibir pun jadi kering, pecah-pecah dan hitam.

4. Produk yang salah

Siapa sih yang tidak tergiur dengan harga murah? Ya, kita pasti akan tergiur dengan barang yang harganya miring, misalnya lipstik. Pokok harganya murah ya beli saja, tidak peduli apakah produk itu berbahaya untuk bibir kita atau tidak. Kandungan Timbale, Mercury, dan Wax yang tinggi dalam sebuah lipstik itu bisa mengakibatkan bibir menghitam. Jadi, berhati-hatilah dalam membeli sesuatu, jangan mudah tergiur dengan harga miring.

5. Gaya hidup

Gaya hidup yang salah itu sangatlah merugi, baik untuk kesehatan tubuh, kulit dan juga bibir kita. Misalnya sering mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan yang terlarang.

6. Alergi

Kenapa kita harus berhati-hati dalam memilih produk? Selain karena kandungan bahan di dalamnya, juga karena kita tidak tahu apakah produk itu cocok untuk kita atau tidak. Bisa jadi produk yang kita beli itu ternyata tidak bisa diterima oleh tubuh kita dan itu berlaku juga untuk lipstik. Jadi, belilah lipstik yang cocok pada bibir kita dan jangan buat bibir kita sebagai percobaan (mencoba berbagai lipstik)

7. Menjilat atau menggigit

Kebiasaan yang seperti ini sering sekali kita jumpai, merasa bibir kita kering, maka kita akan membasahinya dengan menjilat. Tanpa kita tahu bahwa air liur itu menguap dengan cepat, sehingga akan membuat bibir kita menjadi lebih kering dari sebelumnya.

8. Mengelupas dengan tangan

Bibir yang kering akan membuat bibir kita seperti pecah-pecah dan itu kadang membuat tangan kita gatal untuk mengelupas kulit kering itu. Seperti pas kita jerawatan, tangan kita tidak akan bisa diam ingin memencetnya terus. Mengelupas bibir yang kering itu bisa saja membuat bibir kita luka dan berakhir dengan menjadi sariawan. Saat kita sariawan pastilah kita tahu bibir kita semakin menjadi lebih kering lagi.

9. Kurang mengonsumsi buah dan sayur

Vitamin dalam buah itu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, termasuk kesehatan bibir. Seperti vitamin C yang bisa mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah. Begitu juga dengan sayuran ya, GanSis, banyak sekali manfaatnya untuk kita.

10. Terlalu banyak mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat yang berlebihan tidak hanya membuat kinerja organ vital kita terganggu ya GanSis, tapi juga bisa membuat bibir kita kering. Jadi, misalnya sakitnya masih ringan jangan langsung minum obat, tapi bisa dengan istirahat saja. Kecuali memang sakitnya adalah sakit berat.

11. Lipstik yang tertinggal di bibir

Tidak hanya wajah saja yang perlu perawatan, tapi bibir kita ini juga perlu perawatan. Lipstik yang tertinggal di bibir kita bisa membuat bibir kita kering dan menghitam. Jadi, sebaiknya setelah kita memakai lipstik, kita harus membersihkannya dengan benar. Bisa dengan memakai pembersih makeup khusus bibir atau men-scurb bibir yang insya Allah akan kita bahas setelah pertemuan kita selanjutnya ya GanSis.

12. Keturunan

Bibir hitam bisa juga karena faktor keturunan ya, GanSis. Jadi, jangan langsung bilang karena ini, karena itu ya, menyalahkan merk ini atau itu ya!

Oke, itulah beberapa hal yang bisa membuat bibir kita kehilangan warna alaminya ya GanSis. Ini hanya beberapa saja, jadi mungkin bisa masih banyak lagi hal yang bisa mengakibatkan bibir kita menghitam ya GanSis. Mari kita diskusikan atau saling sharing di sini! di tempat komentar tentunya.

Terima kasih banyak untuk GanSis yang meluangkan waktunya membaca sedikit sharing-an saya hari ini. Semoga bisa bertemu lagi disharing-sharing selanjutnya

Jangan lupa cendol, bintang dan komentarnya ya, GanSis.

Salam sehat.
tata604
aldysadi
081364246972
081364246972 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
16.7K
373
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan